Jenis Masakan


Resep Es Buah Campur, Manis Segar Saat Berbuka Puasa

Simpan ke bagian favorit

Hadirkan Es Buah Campur yang dibuat dari buah-buahan istimewa khas Ramadan ini sebagai menu wajib untuk berbuka. Begitu segar untuk melepas dahaga!

15mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|April 15, 2020

Es Buah Campur adalah salah satu takjil segar yang populer di bulan puasa selain kolak pisang. Keduanya seringkali hadir di meja saji buka puasa sebagai pembuka iftar. Namun, tak ada yang saklek untuk bahan utama es buah di bulan puasa. Maka, momen Ramadan dimanfaatkan untuk menyajikan es campur dari buah-buahan yang identik di bulannya. Ya, apalagi kalau bukan blewah dan timun suri yang entah mengapa selalu saja musim.

Isi es buah campur yang segar

Kali ini aku ingin memanfaatkan dua buah segar tersebut untuk menu es buah campur ini. Buah blewah dan timun suri memiliki kandungan air yang banyak seperti halnya semangka dan melon. Mengonsumsi buah yang mengandung banyak air sebagai pelepas dahaga memang baik untuk tubuh.

Resep praktis ini semakin enak saat dikombinasikan dengan Buavita Mango yang tak kalah menyegarkan. Kamu pun bisa berkreasi dengan menambahkan buah lain favoritmu. Misalnya perpaduan dari blewah, timun suri, stroberi, pepaya, atau tentu makin seru kalau kamu menambahkan bahan lain seperti nata de coco, cincau atau bahkan boba.

Tips menyajikan es buah campur

Buah-buahan tentu akan lebih segar kalau didinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas sebelum disajikan. Supaya tak tergesa-gesa, potong atau cetak buah sekitar 1-2 jam sebelum disajikan. Dinginkan dalam kulkas secara terpisah supaya cita rasanya tak tercampur. Aduk rata bersama bahan-bahan lainnya menjelang beduk tiba.

Es buah campur juga mantap disajikan sebagai teman gorengan yang selalu hadir saat buka puasa!

Bahan-bahan

Bahan

  • 150 g blewah
  • 150 g timun suri
  • 150 g nanas
  • 150 g semangka
  • 150 g lidah buaya siap santap
  • 800 ml Buavita Mango

Pelengkap

  • es batu

Cara membuat

1

Serut memanjang blewah. Sisihkan.

2

Serut memanjang timun suri, serut memanjang. Sisihkan.

3

Cetak semangka menggunakan pengeruk buah bulat. Sisihkan.

4

Potong nanas membentuk segitiga atau kotak seukuran semangka. Sisihkan.

5

Masukkan semua bahan buah, lidah buaya, dan Buavita Mango ke dalam mangkuk besar. Siapkan gelas saji yang sudah diisi dengan es batu. Tuang campuran es buah ke dalam gelas saji. Sajikan dingin.

Sekarang, semakin lengkap deh sajian saat takjil nanti!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.