Resep Doclang Khas Bogor untuk Menu Makan Pagi - MAHI

Resep Doclang Khas Bogor, Menu Sarapan Legendaris Wajib Coba

Simpan ke bagian favorit

Untuk penggemar kuliner khas Bogor pastinya tidak boleh ketinggalan mencoba resep doclang. Yuk, siapkan sebagai menu makan pagi di rumah!

1jam 30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|September 2, 2022

Kota Hujan Bogor selalu bikin ngangenin. Nggak cuma karena cuacanya yang sejuk, tapi beragam suguhan tradisionalnya selalu bikin kepincut siapapun yang mencobanya. Setelah beberapa resep makanan khas kota ini pernah dibagi oleh Masak Apa Hari Ini, sekarang giliran doclang lezat untuk kamu coba. Penasaran dengan resepnya? Simak dulu yang berikut ini!

Mengulik Beda Doclang dengan Ketoprak dan Kupat Tahu

Banyak kota di Indonesia yang punya kreasi hidangan lontong atau ketupat yang berpadu dengan bumbu kacang. Saat di Bandung, kamu akan menjumpai yang disebut sebagai kupat tahu, sementara ibukota Jakarta punya yang namanya ketoprak. Begitupun Bogor juga tak mau ketinggalan dengan makanan legendarisnya yaitu doclang. Kadang juga disebut “docang”, yang merupakan singkatan dari “bumbu ledok make kacang” atau kurang lebih berarti “bumbu medok yang menggunakan kacang”. Namun kalau melihat penampilannya secara sekilas, apa sebetulnya perbedaan doclang dengan makanan lainnya yang sejenis?

Pertama adalah lontong, atau disebut pesor oleh orang Bogor, yang khusus dibungkus menggunakan daun patat. Berbeda dengan lontong di daerah lain yang biasa dibungkus dengan daun pisang, misalnya, atau ketupat yang menggunakan janur, daun patat memiliki properti antibakterial dan juga kaya protein serta serat, menurut sebuah penelitian. Kekhasan lainnya adalah kehadiran irisan kentang rebus, irisan tahu kuning goreng, dan bumbu kacang bertekstur lembut, seolah semuanya mengingatkan pada gado-gado. Terakhir adalah kehadiran telur rebus yang sama sekali tidak ditemukan baik di hidangan seperti kupat tahu. Ketoprak yang original juga biasanya tak menggunakan telur, hanya belakangan penggunaan telur rebus, telur ceplok, ataupun telur dadar semakin populer.

Lebih jauhnya, cita rasa bumbu kacanglah yang menjadi penentu. Sama halnya seperti saatnya kamu bertanya-tanya mengapa martabak manis di kedai yang satu beda dengan yang lainnya padahal topping-nya sama. Untuk itu, kamu perlu langsung meluncur ke bagian resep, belanja, dan mulai memasak. Ketahui sendiri perbedaannya dan mungkin saja doclang akan menjadi menu favorit baru!

Jangan Lupa Coba Makanan Bogor Lainnya!

Seperti yang sudah disebut di awal tadi, Masak Apa Hari Ini punya koleksi makanan khas Bogor yang wajib kamu coba juga selain doclang. Tiga resep beken yang wajib kamu coba adalah soto mie, taoge goreng, serta tentunya laksa Bogor! Wah, bicara soal laksa, kapan-kapan seru juga sepertinya untuk bahas juga bedanya laksa Bogor dengan laksa di berbagai wilayah Indonesia lainnya hingga Semenanjung Malaya.

But for now, coba dulu, ya, resep doclang berikut! Biasanya masakan ini populer sebagai menu sarapan di kota asalnya. Bagaimana kalau kamu membuatnya untuk besok pagi?

Bahan-bahan

  • 6 buah tahu kuning
  • 100 g taoge, rendam air panas, tiriskan
  • 4 butir telur rebus, kupas, belah 2
  • 2 buah kentang kukus, kupas
  • 3 buah ketupat siap santap
  • 100 ml air panas
  • minyak, untuk menggoreng

Bumbu kacang

  • 120 g kacang tanah goreng
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm air jeruk limau

Pelengkap

  • Kerupuk
  • Bawang goreng

Cara membuat

1

Panaskan minyak, goreng tahu hingga matang. Angkat dan tiriskan. Potong 2 bagian. Sisihkan.

2

Bumbu kacang: Ulek kacang tanah, cabai, bawang putih, dan garam hingga halus. Tuang air panas, aduk. Tambahkan Bango Kecap Manis dan air jeruk limau, aduk rata. Sisihkan.

3

Potong-potong kentang dan ketupat. Masukkan ke dalam piring saji. Tambahkan tahu, taoge, dan telur. Siram dengan bumbu kacang. Sajikan dengan kerupuk dan bawang goreng.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.