Dimsum ayam dalam wadah bambu dengan sumpit.

Resep Dimsum Ayam Udang Enak Untuk Stok Frozen Food

Resep dimsum ayam udang enak untuk camilan sekaligus stok frozen food di kulkas. Sajikan bersama saus dimsum supaya santap makin mantap.
Dimsum ayam dalam wadah bambu dengan sumpit.
Valentina Limbong | Jul 18, 2023

Lagi cari ide frozen food untuk stok camilan? Daripada beli, mending coba resep dimsum ayam udang ini, yuk! Gunakan potongan daging dari bagian paha ayam sehingga menghasilkan tekstur daging yang kenyal sekaligus lebih gurih. Untuk pilihan sayurnya, selain jamur hioko, kamu bisa menggunakan wortel, zucchini, atau jenis jamur lainnya seperti jamur kancing, jamur kuping, atau jamur tiram.

Labu parut siam ditambahkan supaya adonan dimsum atau siomay ayam lebih kokoh sekaligus menambahkan tekstur kenyal sekaligus empuk. Agar adonan siomay ayam udang ini lebih sedap, tambahkan Royco Saus Tiram dan Royco Kaldu Ayam.

Kalau ingin dijadikan stok frozen food, siapkan bahan resep dimsum ayam udang ini sekaligus banyak dan bekukan dalam freezer. Susun dalam wadah tertutup dan bila ingin ditumpuk, lapisi dengan baking paper supaya tidak menempel. Coba juga ide resep frozen food lainnya seperti egg chicken roll, kaki naga, dan lumpia goreng. Ikuti juga akun Instagram Masak Apa Hari Ini untuk inspirasi menarik lainnya.

Bahan

5
Porsi

400
g filet paha ayam tanpa kulit, potong-potong
150
g udang kupas, cincang
100
g tepung sagu
100
g jamur hioko, cincang
100
g labu siam kupas, parut
20
lembar kulit dimsum
1
batang daun bawang, iris halus
2
sdm minyak wijen
2
putih telur
4
siung bawang putih, haluskan
1
sdt garam
½
sdt merica putih bubuk
4
sdm wortel parut

Saus dimsum

8
buah cabai rawit merah, rebus
6
siung bawang putih, rebus
1
sdt gula pasir
½
sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
1
sdm cuka
200
ml air

Cara membuat

1

Masukkan daging ayam, putih telur, minyak wijen, Royco Saus Tiram, Royco Kaldu Ayam, garam, dan merica ke dalam food processor. Proses hingga tercampur rata.

2

Pindahkan ke dalam wadah. Tambahkan udang, tepung sagu, jamur, labu siam, dan daun bawang, aduk rata.

3

Ambil selembar kulit dimsum, letakkan 1 sdm penuh adonan dimsum ke atasnya. Rapikan kulit hingga membentuk siomay. Sisihkan. Ulangi proses serupa pada sisa adonan hingga habis. Beri wortel parut ke atas dimsum untuk hiasan.

4

Panaskan dandang, kukus dimsum ayam udang hingga habis. Angkat. Sisihkan.

5

Saus dimsum: Haluskan cabai dan bawang putih. Masukkan ke dalam panci kecil. Tuang air, Jawara Saus Sambal Extra Hot, gula pasir, dan Royco Kaldu Ayam. Panaskan di atas api kecil hingga hampir mendidih. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga mengental. Angkat dan tambahkan cuka, aduk rata. Sisihkan.

6

Sajikan dimsum bersama sausnya.

Yuk, bikin dimsum ayam udang!

Produk

Jawara Saus Sambal Extra Hot
Jawara Saus Sambal Extra Hot

Kemasan 135 ml
Kemasan 135 ml
Kemasan 275 ml
Kemasan 275 ml
Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr