Resep Dendeng Ragi Serundeng Khas Jawa Timur- MAHI
Piring berisikan olahan resep dendeng ragi khas Jawa Timur.

Resep Dendeng Ragi Khas Jawa Timur, Tambah Serundeng Makin Mantap

Satu lagi makanan daerah yang patut dicoba, yaitu resep dendeng ragi khas Jawa Timur. Mudah membuatnya, meresap rasanya, cek resepnya di sini!
Piring berisikan olahan resep dendeng ragi khas Jawa Timur.
Rian Farisa | Des 12, 2022

Berasal dari Banyuwangi, kota yang kaya akan warisan kuliner, resep dendeng ragi hadir untuk memperkaya koleksi masakan rumahan kamu. Sekilas seperti empal gepuk khas Jawa Barat, namun alih-alih taburan bawang goreng, yang tampil sebagai topping adalah serundeng. Soal rasa, dendeng ragi jelas tak kalah lezat dibandingkan dengan gepuk. Yuk, lanjut dulu dengan ceritanya sebelum mulai menguliknya di dapur! 

Kenalan dengan Resep Dendeng Ragi 

Kalau mendengar istilah ragi, bawaannya jadi mengingat tempe, roti, ataupun kue. Tapi, resep dendeng ragi ini ternyata tidak mengandung bahan tersebut sama sekali. Kalau kamu lihat bagian bahan, justru resep ini menggunakan daging sapi.  

Masyarakat Indonesia kerap menyajikan masakan tradisional yang satu ini sebagai menu istimewa untuk perayaan. Misalnya dalam resepsi pernikahan, atau bisa juga dihadirkan sebagai menu “sederhana” pada saat merayakan Idul Adha. 

Proses memasaknya memang cukup sederhana. Tapi, kamu harus memberi perhatian lebih pada saat proses marinasi. Saat merendam bersama bumbu, remas daging hingga bumbu meresap ke dalam sela-sela daging sengkel yang digunakan. Saat memasak daging bersama santan dan air kelapa, kamu juga perlu mengaduknya sesekali agar daging tidak menempel di dasar panci sehingga berpotensi menjadi gosong. 

Setelah mendidih, kecilkan api dan bersabar. Proses yang satu ini akan membutuhkan waktu cukup lama karena daging harus menyerap habis air kelapa dan santannya. Hasilnya, resep dendeng ragi kamu nanti akan punya rasa yang sangat meresap, begitu aromatik, dan juga empuk. Tambahkan serundeng, makin mantap yang ada! 

Makin tidak sabar untuk membuatnya, nih. Langsung saja belanja bahan-bahannya dan bergegas ke dapur! Sempatkan juga mampir ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi seru lainnya. Kamu bisa tinggalkan komen atau pesan kalau ingin tim MAHI untuk membuatkan resep untukmu. Jangan lupa, sekalian follow dan like akun MAHI juga, ya! 

Bahan

4
Porsi
800
g daging sapi bagian sengkel, iris tipis
1
butir kelapa setengah tua, parut
3
lembar daun salam
2
batang serai, memarkan
1
sdm air asam jawa
800
ml air kelapa
65
ml santan instan

Bumbu halus

10
butir bawang merah
7
siung bawang putih 
3
butir kemiri
3
lengkuas
1
cm jahe
2
sdm gula merah sisir
1
sdm ketumbar bubuk
1
sdt jintan
1
sdm garam
½
sdt merica putih bubuk

Cara membuat

1

Masukkan daging sapi, kelapa parut, bumbu halus, dan asam jawa ke dalam wajan. 

2

Remas-remas daging bersama semua bahan hingga tercampur rata. Tuang air kelapa, santan, daun salam, dan serai.   

3

Tutup wajan dan masak di atas api kecil hingga mendidih. Tambahkan Bango Kecap Manis 

4

Aduk perlahan sesekali agar daging yang berada di bagian bawah wajan tidak gosong. Masak hingga daging empuk.   

5

Saat daging sudah empuk dan air kelapa terserap habis, keluarkan daging dari dalam wajan. Masak kembali serundeng kelapa sambil diaduk di atas api kecil hingga serundeng mengering. Angkat. 

6

Tata daging di atas piring saji. Taburi dengan serundeng kelapa. Sajikan.  

Bahan-bahan

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis