Cireng Mercon

Resep Cireng Ayam Suwir Pedas, Kenyal, dan Bikin Nagih

Resep cireng suwir ayam pedas yang lezat dan tidak alot. Sajikan untuk camilan sekaligus bisa juga dibuat untuk ide jualan frozen food.
Cireng Mercon
Valentina Limbong | Agu 25, 2023

Bagi penggemar jajanan aci, coba variasi cireng ayam suwir pedas ini, yuk! Cocok buat ide usaha, daging ayam suwir dibumbui sederhana dengan cabai kencur khas seblak yang pedasnya bikin ketagihan.

Kalau kamu baru pertama kali bikin cireng, nggak usah khawatir. Masak Apa Hari Ini punya beberapa tips penting seputar mengolah cireng. Campur adonan cireng menggunakan air panas atau air mendidih supaya cireng tidak alot.

Kemudian agar gorengan ini tak meledak dan matangnya merata, wajib banget buat menggorengnya diawali dari suhu minyak masih dingin. Jadi siapkan wajan berisi minyak di atas kompor. Kemudian nyalakan api kecil dan masukkan beberapa buah cireng. Goreng perlahan dan bertahap dimulai dari suhu minyak masih dingin, hangat, kemudian panas untuk membuatnya matang merata sekaligus garing di bagian kulitnya.

Yuk, bikin cireng suwir ayam pedas sendiri di rumah! Untuk inspirasi jajanan aci lainnya, simak juga resep cimol, pempek, baso aci, hingga basreng. Ikuti juga inspirasi dunia masak seru lainnya lewat akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

 

Bahan

6
Porsi

Minyak, untuk menggoreng

Adonan cireng

225
g tepung tapioka
75
g tepung terigu
1
batang daun bawang bagian hijau, iris halus
1
sdt garam
½
sdt merica putih bubuk
150
ml air

Bumbu halus

6
siung bawang putih
8
buah cabai rawit merah
5
cm kencur
1
sdt gula pasir
½
sdt garam

Ayam suwir pedas:

200
g fillet dada ayam, kukus, suwir-suwir
70
g wortel, cincang
1
batang daun bawang, iris tipis
½
sdt gula pasir
½
sdt garam

Cara membuat

1

Ayam suwir pedas: Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Aduk rata bersama daging ayam suwir dan wortel. Tambahkan Royco Kaldu Ayam dan daun bawang, aduk hingga meresap. Angkat dan sisihkan.

2

Adonan cireng: Panaskan air di atas api sedang, aduk rata bersama Royco Kaldu Ayam, garam, dan merica hingga larut.

3

Masukkan separuh bagian tepung tapioka sambil terus diaduk cepat hingga adonan mengental. Angkat. Biarkan sebentar hingga tidak terlalu panas.

4

Masukkan sisa bahan tepung tapioka dan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk menggunakan spatula.

5

Tambahkan daun bawang, lanjutkan dengan menguleni adonan menggunakan tangan hingga bisa dibentuk.

6

Ambil 2 sdm adonan, bentuk bulat dan pipihkan. Sendokkan ayam suwir pedas di salah satu sisinya. Lipat salah satu sisi sehingga cireng membentuk setengah lingkaran. Rekatkan bagian ujungnya sambil ditekan hingga menempel. Ulangi proses serupa pada sisa adonan hingga habis.

7

Siapkan wajan dengan minyak banyak untuk menggoreng. Masukkan beberapa cireng, nyalakan kompor dimulai dari api kecil. Setelah beberapa menit kemudian besarkan api menjadi api sedang. Goreng cireng hingga matang. Angkat dan tiriskan. Ulangi proses menggoreng hingga cireng habis. Sajikan.

Berkat Royco Kaldu Ayam, adonan cireng jadi lebih gurih dan sedap.

Produk

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr