Resep Chai Tea Khas India yang Hangat Berempah - MAHI

Resep Chai Tea India, Hangat Berempah untuk Minuman Sahur

Simpan ke bagian favorit

Inilah inspirasi minuman hangat untuk semangat puasa hari ini! Sajikan saat sahur, cara membuat chai tea ini begitu mudah. Yuk, coba buat!

30mnt
2 Porsi
Mudah
Rian Farisa|April 19, 2022

Penasaran dengan resep chai tea khas India? Kali ini ada kejutan untuk kamu dari Masak Apa Hari Ini. Minuman yang unik ini akan menghangatkan tubuh di saat sahur dan membantu kamu melewati hari berpuasa di bulan Ramadan.

Apakah Chai Teaitu?

Sebetulnya tidak mengherankan kalau kamu semakin sering mendengar istilah chai tea. Popularitas masakan India dan Timur Tengah beberapa tahun ini tengah menanjak. Terlihat dari pemunculan banyaknya restoran baru setidaknya di wilayah Jabodetabek. Paling tidak, istilah chai tea sudah cukup lama muncul juga sebagai menu di sebuah waralaba kedai kopi ternama asal Seattle, Amerika Serikat. Untuk kamu yang mungkin biasanya menu kopi atau boba tea, maka sekarang adalah waktu untuk mencobanya!

Arti Chai dalam bahasa Hindi adalah “teh”, sehingga penyebutan chai tea berarti adalah “teh teh”. Redundan, tapi bisa dipahami dan telanjur menjadi istilah internasional. Apabila ingin menggunakan istilahnya yang tepat, maka menu ini disebut sebagai masala chai. Sederhananya adalah seduhan teh hitam yang dipadukan dengan susu, air, dan rempah aromatik. Untuk rempahnya sendiri yang paling dominan adalah kehadiran kayu manis atau kapulaga.

Proses Membuat Chai Tea

Sebetulnya proses menyeduh teh khas India ini ternyata surprisingly mudah. Dari segi bahan misalnya, kamu tidak perlu mencari teh hitam jenis Assam atau Darjeeling, melainkan cukup dengan SariWangi Teh Kurma Madu yang tak kalah uniknya. Begitupun soal susu juga kamu tidak perlu berepot-repot mencari susu kerbau seperti aslinya di India, karena di Indonesia cukup banyak substitusinya. Susu sapi jelas merupakan pilihan utama dan begitupun soymilk yang tengah beken juga bisa kamu gunakan.

Untuk jenis rempahnya bukan merupakan masalah karena Indonesia adalah negeri yang kaya koleksinya. Ternyata versi chai di India juga bisa berbeda-beda paduan rempahnya. Untuk resep kali ini, kamu cukup menggunakan kayu manis, kapulaga, adas manis, dan juga jahe. Tambahkan gula pasir, maka selesai sudah proses membuat chai tea yang nikmat ini.

Bagaimana hasilnya? Semoga kamu suka, ya! Jangan lupa untuk followlike, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

Bahan-bahan

SariWangi Teh Kurma Madu
Yang diperlukan:
SariWangi Teh Kurma Madu
  • 250 ml air
  • 250 ml susu cair
  • 3 cm kayu manis
  • 3 cm jahe, iris
  • 4 butir kapulaga, memarkan
  • sdt adas manis
  • 4 sdm gula pasir

Cara membuat

1

Panaskan air dan susu di atas api kecil.

2

Masukkan kayu manis, jahe, kapulaga, dan adas manis. Masak di atas api kecil selama 15 menit atau hingga meresap.

3

Tambahkan SariWangi Teh Kurma Madu, masak selama 3 menit.

4

Saring airnya. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.