Resep Cah Sayur Warna Warni - Masak Apa Hari Ini?

Resep Cah Sayur Campur, Tampilan Warna Warni dengan Rasa Menggoda

Simpan ke bagian favorit

Cah sayur warna warni berisikan beragam sayuran yang lezat sekaligus sehat. Coba masak di rumah untuk keluarga dengan resep ini, yuk!

45mnt
3 Porsi
Mudah
Tim MAHI|September 15, 2018

Untukmu yang sedang mencari resep makanan rumahan yang praktis, kali ini sahabat MAHI yang jago masak Rini Hasrita akan berbagi resep cah sayur kesukaannya! Resep satu ini bisa dicoba oleh pemasak pemula yang baru mulai belajar.

Nah, sebelum lanjut ke bagian resep, yuk kita bahas dulu sebenarnya apa perbedaan cah sayur, oseng, dan tumisan?

Perbedaan Tumis, Oseng, dan Cah Sayur

Sekilas, ketiganya memang persis sama. Namun, penamaan ketiganya dipengaruhi oleh asal makanannya berasal. Cah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti masakan sayur dengan kuah sedikit. Cah terinspirasi dari hidangan oriental. Untuk itu, bumbunya pun berbeda dengan oseng dan tumisan.

Selain menggunakan bawang putih dan bawang merah, cah juga biasanya dibumbui kecap asin dan minyak wijen. Dari sanalah, rasa khas orientalnya bisa didapatkan. Selain itu, penambahan saus tiram juga lazim dilakukan.

Berbeda dengan tumis yang punya bumbu utama bawang merah dan bawang putih. Dari rasa, tumisan lebih light. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tumis memiliki arti masakan (dari sayuran dan sebagainya) yang digoreng sebentar (supaya lemas), lalu direbus bersama minyak dan bumbunya. Sesuai namanya, tumisan di Indonesia selalu merujuk pada makanan sayuran.

Sementara itu, kata oseng tidak terdapat pada KBBI. Kata ini sering menjadi padanan pada makanan tradisional Indonesia, sebut saja oseng mercon. Bumbunya juga banyak menggunakan rempah lokal Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Oseng juga tidak selalu menggunakan sayuran, bisa jadi oseng daging atau oseng tempe.

Cah Sayur Sebagai Resep Makanan Rumahan yang Praktis

Nah, baik tumisan maupun cah sayur sebenarnya sama-sama jadi resep makanan rumahan yang bisa jadi andalan. Proses memasak yang tidak lama membuatnya jadi pilihan saat para ibu di rumah tak punya banyak waktu memasak.

Agar semakin praktis, kamu bisa menyetok bumbu halus siap pakai. Misalnya saja membuat bumbu halus yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih ditambah minyak sayur agar rasanya tetap kental. Bumbu tersebut bisa disimpan dalam kulkas selama 2-4 minggu.

Kita bisa mengambilnya saat mau memasak menggunakan sendok bersih agar bumbu tetap awet. Cara ini lebih praktis, karena tidak perlu iris-iris bawang lagi ya?

Nah, untuk resep cah sayur kali ini kita menggunakan beberapa jenis sayuran yang terdiri dari wortel, jagung, buncis, dan sawi putih. Warna-warni sayuran ini akan membuat tampilannya lebih menggugah selera. Masakan ini bisa jadi ide agar si kecil di rumah lebih suka makan sayur.

MAHI akan menampilkan berbagai macam resep menarik dari teman-teman influencers yang begitu berbakat dalam memasak. Pastikan untuk selalu mampir di situs MAHI untuk resep istimewa lainnya setiap dua hari dari sahabat-sahabat yang jago memasak ini.

Sementara itu, selamat memasak resep-resep sayur lainnya dan padankan dengan resep makanan rumahan lainnya seperti Tumis Tempe Kacang Panjang. Cocok untuk makan malam, sahur, ataupun buka puasa. Selamat bersenang-senang di dapur!

 

Bahan-bahan

Bahan

  • 150 g daging sapi, cincang kasar
  • 1 buah wortel, potong-potong
  • 1 buah jagung, pipil dan rebus sekejap
  • 10 batang buncis, potong-potong
  • ½ bonggol sawi putih, potong-potong
  • 1 bonggol brokoli, potong-potong
  • garam
  • gula
  • merica putih bubuk
  • 4 siung bawang putih, memarkan dan cincang kasar
  • 3 butir bawang merah, memarkan dan cincang kasar
  • air matang
  • minyak sayur
  • 2 buah cabai merah, buang biji dan potong memanjang
  • 2 buah cabai hijau, buang biji dan potong memanjang
  • 1 sdm Saus Tiram
  • ½ sdm minyak wijen

Cara membuat

1

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi.

2

Masukkan daging cincang sambil diaduk.

3

Tambahkan air matang dan masukkan wortel. Biarkan hingga wortel sedikit empuk.

4

Masukkan jagung, brokoli, sawi putih, buncis, cabai merah dan cabai hijau.

5

Aduk rata dan tambahkan Royco Kaldu Sapi dan Bango Kecap Manis beserta garam dan merica bubuk. Tambahkan saus tiram dan minyak wijen, aduk rata.

6

Aduk-aduk, koreksi rasa, dan hidangkan.

Mudah, cepat, dan penuh gizi. Sungguh menyenangkan bisa memasak sesuatu yang tidak hanya lezat namun juga bermanfaat untuk kesehatan keluarga tercinta di rumah!


Resep ini pernah dimuat di: www.instagram.com/p/BlAN7Puh9Hq/?taken-by=rinihasrita

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.