Resep Bolu Karamel Milk Tea

Resep Bolu Karamel Milk Tea, Kue Jadul yang Masih Jadi Favorit

Simpan ke bagian favorit

Pernah mencoba resep bolu karamel atau yang juga disebut kue sarang semut? Kalau biasanya beli di luar, kali ini bikin sendiri, yuk!

1jam 30mnt
6 Porsi
Cukup rumit
Valentina|Desember 30, 2020

Sudah pernah membuat resep bolu karamel atau yang juga populer disebut kue sarang semut? Bolu karamel atau kue sarang semut adalah cake atau kue yang dibuat dari gula pasir yang dimasak menjadi karamel. Ciri khas kue ini adalah tekstur berongga dengan cita rasa manis-pahit sekaligus legit berkat bahan utamanya, yaitu karamel. Karena proses membuatnya yang berbeda dari cake lain, penikmatnya lebih sering membeli ketimbang bikin sendiri di rumah.

Meski tak sepopuler bolu marmer, bolu chiffon, atau lapis Surabaya, tetap saja kue sarang semut memiliki tempat di hati penggemarnya. Sebagai salah satu penggemar kue jadul ini, Masak Apa Hari Ini mencoba membuat cake bittersweet ini supaya bisa kamu ikuti di rumah.  Ternyata nggak terlalu sulit, lho. Selain memastikan takaran semua bahan tepat untuk menghasilkan tekstur cake yang berongga dan legit, proses pembuatan karamel memegang peranan penting untuk kue jadul ini. Ingat juga untuk memasak karamel atau melelehkan gula di atas api kecil supaya tidak pahit dan gosong.

Supaya berbeda dengan resep bolu karamel biasa, Masak Apa Hari Ini menambahkan SariWangi Milk Tea Caramel memberi rasa manis karamel sekaligus sensasi milk tea yang creamy. Cobain resepnya, yuk! Jangan lupa juga untuk menghadirkan minuman teh SariWangi kesukaanmu.

Bahan-bahan

Yang diperlukan:
SariWangi Milk Tea Caramel
Beli online
  • 180 g gula pasir
  • 200 ml air panas
  • 50 g margarin, lelehkan
  • 70 g tepung terigu
  • 50 g tepung maizena
  • 3 butir telur ayam
  • ½ sdt baking powder
  • 1 sdt soda kue

Cara membuat

Memanaskan gula pasir.
1

Panaskan gula pasir dalam panci anti lengket di atas api kecil. Diamkan hingga gula meleleh dan berwarna cokelat gelap.

Menuangkan teh karamel ke dalam panci.
2

Larutkan SariWangi Milk Tea Caramel bersama air panas. Setelah gula meleleh, tuang milk tea sedikit demi sedikit, goyangkan panci sedikit supaya tercampur rata. Matikan api lalu biarkan hingga tidak panas. Sisihkan.

Mengocok telur dengan whisk.
3

Kocok telur menggunakan whisk hingga berbusa. Sisihkan.

Mengayak tepung untuk resep bolu karamel.
4

Ayak bersama tepung terigu, tepung maizena, baking powder, dan soda kue.

Mengaduk tepung dengan spatula.
5

Masukkan campuran tepung secara bertahap bergantian dengan gula cair sambil diaduk rata menggunakan spatula.

Menambahkan margarin cair pada adonan.
6

Masukkan margarin cair ke dalam adonan, aduk rata.

Resep bolu karamel selesai dibuat.
7

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan tepung terigu. Panggang dalam oven panas suhu 180° C api bawah selama 30 menit. Turunkan suhu menjadi 150° C api atas, panggang kembali selama 20 menit. Keluarkan dari oven. Sajikan.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.