Jenis Masakan


Resep Bola Ubi Ungu Isi Sambal Roa, Favorit Baru untuk Menu Buka Puasa

Simpan ke bagian favorit

Resep bola ubi ungu yang satu ini adalah cara baru seru mengolah panganan tradisional. Lengkapi dengan sambal roa semakin nikmat. Simak resepnya berikut ini!

1jam
4 Porsi
Mudah
Wina|Maret 15, 2020

Buat kamu yang bingung mencari menu takjil seru saat berpuasa di bulan Ramadan nanti, maka yang satu ini jadi jawabannya. Resep bola ubi ungu yang sedang kekinian ini kita jadikan lebih menarik dengan isian berupa sambal roa yang lezat! Pasti penasaran dong dengan cara membuatnya?

Mengolah resep bola ubi ungu

Kunci mengolah ubi biasanya dimulai dahulu dari proses pengukusan. Selain menjadikannya matang, mengukus ubi menjadikannya punya tekstur lembut sehingga mudah bila ingin diolah lebih lanjut. Tak hanya itu, proses mengukus turut menjaga nutrisinya agar tetap terjaga. Sewaktu-waktu tentu tidak ada salahnya untuk menikmatinya langsung.

Namun resep bola ubi ungu ini akan melibatkan isian sambal khas Manado dan melalui proses penggorengan. Maka kamu perlu cek dahulu cara membuat sambal roa yang lezat sebelum melanjutkan lebih jauh. Tidak sulit kok untuk membuatnya! Setelah ubi dilumat, maka isikan dengan sambal dan gulingkan bersama tepung dan telur untuk kemudian digoreng. Sajikan selagi hangat untuk berbuka puasa di rumah!

Resep takjil lainnya

Untuk referensi lebih lanjut soal apa yang bisa kamu sajikan saat Ramadan ataupun Idul Fitri nanti sebagai kudapan, Masak Apa Hari Ini punya banyak koleksinya. Tempo hari aku pernah share resep cilok, bitterballen, hingga panada. Semua ini adalah pilihan tepat untuk takjil gurih saat berbuka puasa bersama keluarga di rumah!

Bahan-bahan

Bahan

  • 400 g ubi ungu
  • 70 g tepung tapioka
  • 1 sdt baking powder
  • 180 g sambal roa
  • 50 g tepung terigu
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 200 g tepung panko/tepung panir kasar
  • minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Kukus ubi ungu hingga matang. Angkat.

2

Selagi masih panas, kupas ubi ungu, lalu haluskan.

3

Masukkan tepung tapioka, baking powder, dan Royco Kaldu Ayam, aduk rata.

4

Ambil 1 sdm adonan bola ubi, bulatkan, pipihkan. Isi dengan 1 sendok the sambal roa. Tutup kembali membentuk bola. Ulangi proses serupa hingga adonan habis.

5

Gulingkan ubi ke tepung terigu, balur dengan telur, lalu lumuri dengan tepung panko hingga bola ubi tertutup merata.

6

Panaskan minyak, goreng bola ubi ungu hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan.

Makin lengkap deh koleksi camilan di rumah. Ramadan yang kurang lebih berlangsung 30 hari tentu membutuhkan banyak ide resep. Pastikan untuk mencari kesukaanmu di Masak Apa Hari Ini, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.