Resep Bola-Bola Ubi, Kudapan Kekinian yang Wajib Dicoba

Siapa bilang jajanan zaman now yang satu ini sulit untuk dibuat? Bola-bola ubi yang sedang hitz ini wajib jadi kudapan sore kamu hari ini. Yuk, kita simak videonya dan coba membuatnya di dapur!

40mnt
4 Porsi
Mudah
Dilla|Juli 5, 2018

Sebagai satu jenis karbohidrat yang tengah naik daun, ubi memang digadang-gadang lebih sehat dari nasi ataupun kentang. Sehingga tidak heran kalau jaman sekarang semakin banyak yang lebih menyukainya. Selain rasanya yang manis, ubi juga begitu fleksibel untuk dimasak menjadi apapun. Salah satunya adalah bola-bola ubi ini!

Nah, meskipun resep yang satu ini berbau goreng-gorengan, yang penting aku ingin merayakan populernya kembali ubi yang selama ini lebih dikenal sebagai makanan tradisional untuk orang-orang dari generasi terdahulu. Biasanya orang tua kita hobinya menikmati makanan rebusan seperti kacang atau ubi dan menikmatinya dengan bajigur atau teh. Jadi bolehlah kita sedikit kekinian dengan gaya mengolahnya.

Bola-bola ubi ini melalui proses pengukusan terlebih dahulu. Setelahnya kita haluskan dulu dan kemudian ubi diberikan berbagai bahan dan bumbu sebelum dibentuk menjadi bulat. Selanjutnya bola ubi siap digoreng dan di sinilah mengapa kudapan itu menjadi menarik. Saat digoreng, bola ubi perlu juga sembari ditekan-tekan agar nanti bagian tengahnya menjadi kopong. Itulah mengapa kudapan ini juga dikenal sebagai bola ubi kopong.

Kembali ke sisi fleksibelnya ubi. Setelah selesai digoreng, ubi bisa dibubuhkan dengan berbagai macam topping atau saus cocolan. Kalau versi yang ini, aku justru ingin memadukannya dengan kecap manis pedas. Tak disangka, ternyata cocok juga lho!

Selamat mencoba, teman-teman!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
Kecap Bango Manis Pedas
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis Pedas
Lihat produk

Bahan utama

  • 700 g ubi jalar
  • 200 g tepung tapioka
  • 5 sdm gula pasir
  • 3 sdm baking powder
  • 400 ml minyak sayur

Bahan pelengkap

Cara membuat

bola ubi
1

Cuci ubi jalar dan kupas kulitnya. Kemudian kukus ubi selama 15 – 20 menit hingga empuk.

bola ubi
2

Haluskan ubi dengan menggunakan garpu atau masher. Setelah itu campurkan dengan tepung tapioka, gula pasir, dan baking powder. Tambahkan Royco Kaldu Ayam. Aduk dengan tangan hingga tercampur rata dan kalis.

bola ubi
3

Bentuk ubi hingga bulat dengan menggunakan tangan hingga adonan habis.

bola ubi
4

Panaskan wajan dan minyak di atas api sedang. Goreng bola ubi sambil ditekan-tekan di wajan agar bagian tengahnya menjadi kopong. Gorengan hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

bola ubi
5

Bola ubi siap disajikan. Hidangkan dengan Kecap Bango Manis Pedas Gurih.

Ternyata tidak sulit bukan membuat jajanan kekinian yang satu ini? Sekarang kudapan sore teman minum teh sudah siap sedia membahagiakan seisi rumah!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.