Resep Beef Enoki Don yang Viral dan Bikin Nagih - MAHI

Resep Beef Enoki Don, Maksi Khas Jepang Viral Bikin Nagih

Simpan ke bagian favorit

Makan siang enak dan cepat a la Jepang? Coba dulu resep beef enoki don yang satu ini! Makanan dengan rasa restoran yang mudah untuk dibuat!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juni 2, 2022

Begitu banyak topping yang bisa kamu jelajahi untuk makanan yang satu ini. Ya, donburi atau biasa disingkat don asal Jepang adalah hidangan nasi putih yang ditumpangi protein atau sayur. Kali ini, ada paduan beef enoki alias jamur enoki yang digulung daging sapi. Lezat dan wajib coba!

Jenis-jenis donburi

Hampir seluruh makanan di dunia ini memiliki cerita dan latar belakang yang berbeda. Misalnya saja orang Indonesia gemar menikmati nasi uduk atau nasi rames di pagi hari karena murah, mengenyangkan, dan banyak makanan pendampingnya. Begitupun dengan donburi asal Jepang yang sudah hadir sejak abad ke 19. Saking populernya bahkan ada restoran di Jepang yang khusus menyajikan donburi selama puluhan tahun hingga lebih dari 100 tahun!

Sejak dahulu masyarakat Jepang membutuhkan panganan yang cepat, murah, dan enak untuk mengisi waktu makan di tengah-tengah kesibukan mereka. Donburi merupakan solusi yang praktis, kasual, mudah untuk dinikmati, dan bisa dijadikan sebagai bekal makan siang. Segera setelah menikmatinya, energi kembali terkumpul, dan warga Jepang dapat kembali bekerja keras di siang hari. Maka pada perkembangannya, jenis donburi juga semakin bermacam-macam dan banyak yang kamu kenal baik di Indonesia karena semakin mudah ditemukan.

Selain beef enoki don yang modern ini, pilihan klasik donburi adalah oyakodon (daging ayam dan telur), gyudon (daging sapi), atau tendon (topping aneka tempura). Kalau ingin menikmati yang paling mewah, maka pilihannya adalah unadon atau yang menggunakan unagi (belut). Pada dasarnya, makanan rakyat yang satu ini tak harus melulu menggunakan topping-topping yang disebutkan tadi. Apabila ada makanan sisaan di rumah juga dapat kamu olah kembali menjadi hidangan donburi yang lezat!

Cara membuat beef enoki don

Tak harus sebagai teman donburi, beef enoki roll memang sudah dikenal sebagai makanan pendamping di segala suasana. Dalam sebuah kotak bento misalnya, beef enoki roll biasanya dipadankan dengan tamagoyaki atau aneka sayur dan daging lainnya. Bedanya pada menu donburi, beef enoki roll ini adalah bintang utamanya. Nah, kurang lebih begini cara membuatnya.

Ambil selembar daging, letakkan enoki ke atasnya. Gulung dan ulangi proses serupa pada sisa bahan. Lanjutkan dengan mengaduk rata semua bahan bumbu marinasi termasuk Royco Saus Tiram dan Royco Kaldu Sapi. Kemudian, siram bumbu marinasi ke atas bagian daging dan diamkan dalam kulkas selama 30 menit. Setelah itu, panaskan grill pan atau wajan datar dan masak beef enoki di kedua sisinya hingga hampir matang lalu siram dengan bumbu marinasi. Sajikan bersama nasi putih hangat dan Jawara Saus Sambal Hot. Mudah banget, bukan?

Bahan-bahan

  • 500 g daging sapi sukiyaki
  • 200 g (2 bungkus) jamur enoki, siangi

Bumbu marinasi

  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 cm jahe, haluskan
  • 2 sdm mirin halal
  • 2 sdm shoyu atau kecap asin Jepang
  • ½ sdt merica bubuk

Pelengkap

Cara membuat

1

Ambil selembar daging, letakkan enoki ke atasnya. Gulung. Ulangi proses serupa pada sisa bahan. Aduk rata semua bahan bumbu marinasi termasuk Royco Saus Tiram dan Royco Kaldu Sapi. Siram bumbu ke atas bagian daging. Diamkan dalam kulkas selama 30 menit.

2

Panaskan grill pan atau wajan datar. Masak beef enoki di kedua sisinya hingga hampir matang. Siram dengan bumbu marinasi. Angkat.

3

Sajikan bersama nasi putih hangat dan Jawara Saus Sambal Hot.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.