Resep Bakwan Jagung Sayuran Sambal Kecap - MAHI

Resep Bakwan Jagung Sayuran Sambal Kecap Pedas yang Bikin Nagih

Simpan ke bagian favorit

Satu lagi menu camilan yang nggak pernah bikin bosen, resep bakwan jagung sayuran! Lengkap dengan sambal kecap, coba buat hari ini, yuk!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Oktober 19, 2022

Menu pelengkap apa yang bisa menjadikan masakan rumahan terasa lebih lengkap kelezatannya? Jawabannya adalah resep bakwan jagung! Nikmat disantap langsung ataupun dipadukan dengan menu tumisan, gorengan, hingga berkuah, gorengan seperti bakwan memang tiada tandingannya. Coba, deh, bayangkan saat disantap selagi hangat dan garing setelah keluar dari penggorengan. Wah, wah, nggak mau berhenti bawaannya! Nah, bagaimana kalau sekarang juga kamu coba bakwan jagung versi Masak Apa Hari Ini?

Resep Bakwan Jagung, Salah Satu Solusi Masalah Food Waste

Berbeda dari kebanyakan resep bakwan jagung lainnya, Masak Apa Hari Ini tidak hanya bermodalkan jagung pipil manis saja. Ada tiga jenis sayur lainnya yang turut menyertai yaitu wortel, kol, dan buncis. Kerap kali sayur mayur ini tersisa begitu saja dan tidak lagi bisa dikonsumsi sehingga mengharuskan kamu untuk berbelanja lagi. Selang beberapa hari misalnya, maka sayuran seperti kol akan menjadi layu dan kecokelatan permukaannya sehingga tidak bisa digunakan. Padahal selagi segar dan kamu sedang mencari ide masakan, padukan saja kol dengan sayuran lainnya ini sehingga terciptalah bakwan. Memanfaatkan bahan-bahan yang ada dengan mengolahnya menjadi lauk adalah salah satu solusi untuk mengatasi food waste dari rumah.

Food waste adalah problem yang nyata terjadi di dunia ini. Tahukah kamu bahwa Indonesia menempatkan diri sebagai negara penghasil limbah makanan kedua terbesar di dunia? Sebuah ‘prestasi’ yang sangat disayangkan mengingat food waste bisa kita antisipasi karena biasa terjadi di bagian konsumen. Masak Apa Hari Ini ingin mengajakmu agar selalu berkreasi dengan apapun bahan makanan yang tersisa di kulkas. Dari gorengan hingga makan besar, semuanya memungkinkan untuk dimasak dengan sisaan bahan. Hari ini, yuk, mulai dulu dari resep bakwan jagung ini!

Aneka Bakwan Lainnya

Masih ingin berkutat dengan menu gorengan dan memperkaya koleksi resep kamu di dapur? Masak Apa Hari Ini punya segudang pilihan menarik untuk kamu coba. Yang pertama, sudah barang tentu kamu perlu mencoba bakwan sayur renyah khas MAHI. Kemudian untuk kamu penggemar jamur, maka jangan sampai ketinggalan mengolah resep bakwan goreng enoki. Setelah bakwan jagung maupun bakwan sayur, berarti gilirannya bakwan tahu untuk kamu coba.

Semuanya cocok untuk disajikan kapan saja. Yang jelas, sesuaikan saja dengan bahan-bahan yang tengah tersedia. Kalau bisa, jangan terlalu sedikit masaknya, nanti malah jadi berebut! Selamat mencoba resepnya!

Bahan-bahan

  • 150 g jagung manis pipil
  • 100 g tepung terigu
  • 80 g wortel, potong korek api
  • 80 g kol, iris
  • 130 ml air
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • ½ sdt baking powder
  • Minyak, untuk menggoreng

Bumbu halus

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih

Sambal kecap

Cara membuat

1

Aduk tepung, air, bumbu halus, Royco Kaldu Ayam, merica, garam, dan baking powder hingga rata. Sisihkan.

2

Sambal kecap: Aduk rata semua bahan termasuk Bango Kecap Manis. Sisihkan.

3

Masukkan jagung, wortel, buncis, dan kol, aduk rata.

4

Panaskan minyak, ambil satu sendok sayur adonan, goreng dalam minyak panas hingga matang dan kecokelatan. Angkat, tiriskan. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.