Resep Bakso Tempe, Cocok Disantap Kapan Saja - MAHI
bakso tempe

Resep Bakso Tempe, Cocok Disantap Kapan Saja!

Resep bakso dengan bahan dasar tempe? Wah, bikin penasaran nih! Ingin tahu caranya? Yuk, kita masak bakso tempe bersama-sama!
bakso tempe
Tim MAHI | Jul 02, 2018

Sahabat MAHI Rini Hasritaberhasil menciptakan satu kreasi resep baru yang menggunakan tempe. Siapa yang menyangka kalau bahan yang dicintai seluruh bangsa Indonesia ini ternyata bisa diolah menjadi bakso tempe? Lengkap ditemani mie, kuah, dan pelengkapnya; berikut adalah resepnya!

Sulit menyangka kalau tempe yang biasanya hanya dikukus dan digoreng sebetulnya bisa dimasak dalam bentuk bakso. Resep ini membuktikan betapa fleksibelnya bahan tempe yang kita kenal baik ini. Selain prosesnya yang cukup sederhana, resep bakso tempe ini sangat tepat dinikmati menjelang sore hari. Ya, itulah waktunya orang Indonesia biasanya berburu kudapan berupa rujak buah serta tentunya semangkuk hangat mie beserta bakso.

Selebihnya hanya bermodalkan Royco Kaldu Ayam saja agar rasanya sempurna. Tapi tidak cukup di situ saja, persiapkan juga rekan-rekan setianya seperti kuah hangat yang bisa ditambahkan kaldu ataupun kecap manis, serta tentunya rebusan mie serta sayur sawi. Lengkap sudah kebahagiaan di sore hari ini!

Berbagai resep tempe yang inspiratif dari para influencer jago masak akan tampil di situs MAHI hingga Agustus mendatang. Sebagai protein yang fleksibel sekaligus lezat, tempe bisa diolah menjadi beragam resep lezat dan akan tampil dua hari sekali di sini. Yuk, kita masak tempe dengan berbagai gaya baru!

Sudah siap memasak bakso tempe, sahabat MAHI #JUARANYATempe?

Bahan

3
Porsi

Bahan utama

1
papan tempe, potong-potong
1
butir telur
8
sdm tepung tapioka
bawang putih goreng
lada putih bubuk
es batu

Bahan kuah bakso

3
siung bawang putih
merica putih bubuk
garam
air

Bahan pelengkap

mie kuning, rebus
bawang merah goreng
cai sim

Cara membuat

1

Membuat bakso: Kukus tempe sampai lembut. Angkat dan sisihkan.

2

Haluskan semua bahan dan gabungkan aduk rata bersama tempe. Cetak dalam bentuk bulat dengan menggunakan tangan.

 

3

Didihkan air dan masukkan bakso yang telah dibentuk. Rebus dan angkat yang sudah mengapung.

4

Membuat kuah bakso: Haluskan dan tumis 3 siung bawang putih bersama lada bubuk. Sisihkan.

5

Didihkan air dan tambahkan Royco Kaldu Ayam dan garam secukupnya. Masukkan tumisan bawang putih ke dalam rebusan air. Koreksi rasa.

6

Penyajian: Letakkan bakso tempe di dalam mangkuk. Tuangkan kuah selagi panas. Bakso tempe cocok dinikmati dengan pelengkap mie, sayuran, dan bawang merah goreng.

Selamat menikmati resep bakso tempe ini! Jangan lupa berkreasi sesuka hati agar santap sore hari ini lebih meriah lagi!


Resep ini pernah dimuat di: www.instagram.com/p/BhWPv6yBwwe/?taken-by=rinihasrita