Resep Bakpao Isi Daging Ayam Serasa di Restoran - MAHI

Resep Bakpao Isi Daging Ayam untuk Pesta Dimsum di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Nggak perlu jajan-jajan lagi, sekarang kamu bisa mengolah resep bakpao sendiri yang jauh lebih enak, apalagi dengan isian daging ayam. Ini dia resepnya!

2jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|September 7, 2022

Kapan memori menikmati bakpao paling enak muncul di benakmu? Apakah saat membelinya hangat-hangat dari abang gerobakan yang tetiba muncul di tengah jalan saat macet tengah melanda? Ataukah saat menikmati momen yum cha di restoran favorit saat akhir pekan bareng keluarga ataupun teman? Atau jangan-jangan malahan kamu penasaran membuatnya sendiri di rumah? Untuk yang jawaban terakhir itu, ada resep bakpao isi daging ayam dari Masak Apa Hari Ini yang wajib kamu coba!

Tips Sukses Menggarap Resep Bakpao

Sebagai persiapan sebelum membuat resep bakpao kali ini, yuk, coba cek-cek dulu beberapa tips berikut ini! Kalau kamu perhatikan di bagian resep, ada satu bahan yang dinamakan tepung pao. Ini adalah sejenis tepung yang cocok digunakan untuk membuat bakpao atau pao. Tujuannya adalah agar teksturnya sesuai, lembut sekaligus kenyal, dan warnanya cerah. Jadi pastikan kamu menggunakan bahan ini, ya!

Kemudian untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan roti atau pastry, pasti akan selalu ada yang namanya tahap fermentasi. Momen ini terjadi setelah adonan diistirahatkan sehabis seluruh bahan bercampur dan diuleni. Pastikan untuk menempatkan adonan dalam wadah yang ditutup dengan cling wrap. Pada tahap ini, gula dapat larut sepenuhnya dan adonan juga tidak mengering. Berbeda dengan roti, adonan bakpao tidak akan mengembang terlalu besar, jadi jangan khawatir, ya.

Terakhir, isian bakpao juga tidak boleh terlalu penuh, ya, teman-teman. Tumisan daging ayam yang diisikan terlalu penuh ke dalam bakpao malah bisa menjadikannya bocor saat dimasak. Bahkan sebelum itu, kamu juga mungkin akan kesulitan saat menutup adonannya.

Lengkapi dengan Menu-Menu Lainnya!

Beralih dari bagian tips, masuk ke bagian seru-seruan saat menikmati olahan resep bakpao kalian nanti. Kalau lagi makan-makan dimsum di restoran, pastinya nggak akan pesan satu jenis makanan saja, dong. Selain bakpao isi daging ayam yang satu ini, kamu juga bisa melengkapinya dengan resep-resep lain yang sudah diujicobakan oleh Masak Apa Hari Ini. Di antara yang wajib kamu coba adalah dimsum ayam serta juga lumpia kulit tahu dengan isian udang. Tak hanya itu, masih juga ada yang namanya lumpia goreng serta yang sedang kekinian yaitu dimsum mentai.

Nah, apa lagi yang Masak Apa Hari Ini harus lengkapi dari menu-menu dimsum-nya? Pastikan untuk titip pesan kamu di akun Instagram punya MAHI, yes!

Bahan-bahan

Adonan pao

  • 280 g tepung premiks pao atau tepung pao
  • 1 sdt gula pasir
  • 5 g ragi instan
  • ½ sdt garam
  • 220 ml susu cair hangat

Isi

  • 200 g daging ayam giling
  • 100 g jamur hioko, cincang
  • 50 g wortel, cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 2 sdm bawang bombay, cincang
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm minyak wijen, untuk menumis

Cara membuat

1

Isi: Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe hingga harum. Angkat. Masukkan daging ayam, jamur, dan wortel, tumis sebentar. Masukkan Royco Kaldu Ayam Spesial, Bango Kecap Manis, dan daun bawang, aduk hingga hampir matang. Tambahkan tepung maizena, aduk hingga tercampur rata.

 

2

Aduk susu cair, ragi, dan gula pasir. Tutup dengan plastic wrap. Diamkan selama 2 menit atau hingga sedikit berbuih.

3

Siapkan tepung pao dalam mangkuk besar, tuang campuran susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata. Tambahkan garam, uleni kembali hingga menjadi adonan. Tutup mangkuk dengan plastic wrap. Diamkan selama 30 menit atau hingga mengembang.

4

Siapkan talenan atau meja kerja bersih yang sudah ditaburi dengan sedikit tepung terigu. Keluarkan adonan bakpao, letakkan di atas talenan. Bagi menjadi 8 bagian. Bulatkan. Tutup dengan serbet dapur bersih. Diamkan selama 20 menit.

5

Ambil salah satu adonan bakpao, pipihkan dengan jari-jari tangan. Isi dengan 1 sdm tumis daging ayam. Tutup dan bulatkan kembali. Letakkan di atas kertas bakpao. Ulangi proses serupa pada sisa bahan hingga habis. Tutup bakpao dengan serbet dapur untuk proses fermentasi terakhir.

6

Siapkan dandang panas, kukus bakpao selama 10 menit. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.