Ayam ungkep tersaji bersama nasi putih dan lalapan.

Resep Ayam Ungkep Praktis Untuk Ide Lauk Tahan Lama

Hidangan ayam ungkep yang digoreng atau dibakar selalu jadi favorit. Sediakan selalu di dalam kulkas sebagai teman nasi hangat. Berikut resepnya!
Ayam ungkep tersaji bersama nasi putih dan lalapan.
Valentina Limbong | Mei 20, 2024

Sedang cari masakan yang bisa dijadikan frozen food? Resep ayam ungkep praktis dengan bumbu sederhana ini bisa kamu jadikan stok lauk tahan lama dalam freezer.

Sebagai pilihan bahan utamanya, kamu bisa menggunakan ayam kampung atau ayam negeri. Untuk potongan daging ayam bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Cara Membuat Ayam Ungkep Tahan Lama dan Bumbunya Meresap

Proses memilih bahan, mengolah, hingga menyimpan daging ayam bumbu kuning ini bisa tahan lama. Untuk mempermudah, Masak Apa Hari Ini sertakan beberapa pertanyaan seputar mengolah ayam siap goreng atau bakar ini agar lebih enak dan tahan lama.

1. Berapa lama ungkep ayam goreng? Tergantung dari jenis daging ayam, jenis potongan, beserta ukuran potongannya. Biasanya membutuhkan sekitar 15-30 menit di atas api sedang dengan wajan tertutup (potongan tulang dengan daging biasanya cenderung lebih lama). Untuk daging ayam kampung biasanya membutuhkan durasi memasak lebih lama.

2. Apakah bumbu ayam goreng ungkep perlu ditumis lebih dulu? Bisa keduanya, namun MAHI menyarankan bumbu ungkep ditumis terlebih dahulu supaya aroma bumbu dan rempahnya lebih ‘keluar’.

3. Bagaimana cara memasaknya supaya ayam juicy dan tidak mudah hancur? Hindari memasak terlalu lama supaya tidak overcooked. Saat diungkep, tidak perlu terlalu sering diaduk supaya daging ayam tak mudah hancur.

4. Bagaimana cara memasaknya agar bumbunya meresap? Diamkan selama beberapa jam setelah diungkep atau hingga semalaman dalam kulkas agar lebih meresap.

5. Bagaimana cara menyimpannya agar tahan lama? Sesudah ditumis dan dibiarkan dalam suhu ruang, pindahkan ayam ungkep dalam wadah tertutup. Segera simpan dalam kulkas atau freezer. Masakan ini bisa bertahan hingga seminggu dalam kulkas dan hingga 3 bulan dalam freezer.

Lalu jangan lupa untuk tidak menuangkan air terlalu banyak supaya air sisa ungkepan ayam tak terlalu berlimpah dan bikin bumbu jadi kurang meresap. Selain resep ayam goreng ungkep ini, coba juga resep ayam goreng lengkuas, ayam goreng bawang putih, atau ayam goreng serundeng.

Bahan

4
Porsi

Bahan dan bumbu ayam goreng ungkep:

1
ekor ayam, potong 4, buang kulitnya
2
lembar daun salam
2
lembar daun jeruk
1
batang serai, memarkan
2
cm lengkuas, memarkan
250
ml air
Minyak, untuk menggoreng

Bumbu ayam goreng ungkep, haluskan:

10
siung bawang putih
7
butir kemiri
5
butir bawang merah
2
cm jahe
1
sdm ketumbar butiran
½
sdt garam

Cocolan

Cara membuat

1

Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Tumis hingga matang.

2

Masukkan daging ayam, aduk. Tuang air dan Royco Kaldu Ayam, masak di atas api sedang hingga bumbu meresap dan airnya menyusut. Angkat.

3

Panaskan minyak, goreng daging ayam hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

4

Sajikan ayam goreng dengan cocolan Saus Sambal Jawara Hot.

Ayam ungkep ini juga bisa disajikan dengan cara dipanggang atau dibakar.

Produk

Jawara Saus Sambal Hot
Jawara Saus Sambal Hot