Resep Ayam Pop, Hidangan Legendaris Khas Minang

Sekarang hidangan legendaris khas Minang yang satu ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Yuk, kita simak bersama resep ayam pop yang lezat ini!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Dilla|Juni 24, 2018

Siapa yang menyangka kalau resep ayam pop ternyata sangat memungkinkan untuk dicoba di rumah? Kali ini aku akan berbagi caranya untuk sahabat MAHI sekalian!

Dari beraneka masakan yang terhidang di atas meja saat kita bertandang ke restoran Padang, pasti ayam pop selalu jadi favorit dari waktu ke waktu. Bahkan popularitasnya tidak kalah dari masakan-masakan legendaris lainnya seperti rendang, dendeng balado, gulai otak, ataupun gulai tunjang. Resep ayam pop selalu mengutamakan rasa bumbu-bumbunya yang meresap sehingga dijamin pasti bikin ketagihan!

Usut punya usut, satu restoran di kota Bukittinggi konon adalah pencipta hidangan satu ini sejak beberapa dekade lalu. Dari segi umur, mungkin ayam pop tidak setua resep-resep klasik Minang lainnya tapi jelas jejaknya di dunia kuliner Indonesia sudah mendarah daging. Selain cara pengolahannya yang unik dan otentik, konon ide namanya berasal dari hal yang tidak lazim.

Dikarenakan berpuluh-puluh tahun yang lalu dimulai tren musik pop di belantika tangga lagu Indonesia, maka restoran ini memutuskan agar resepnya dinamakan “Ayam Pop”! Wah, coba bayangkan kalau hidangan ini diciptakan jaman sekarang, mungkin namanya menjadi “Ayam K-Pop”. Duh, lama-lama Dilla jadi jayus nih.

Anyway, pastinya suka dong dengan menu yang satu ini. Yuk, sekarang kita simak videonya dan masak bersama Dilla untuk santap malam istimewa bersama keluarga!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk

Bahan utama

  • 1 ekor ayam pejantan, potong 6 bagian dan buang kulit
  • 500 ml air kelapa muda
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 5 cm jahe, haluskan
  • ½ sdt lada putih bubuk
  • 1 sdt garam
  • 350 ml minyak sayur

Bahan pelengkap

  • Tomat, iris
  • Ketimun, iris
  • Bawang merah goreng

Cara membuat

1

Lumuri ayam dengan jahe dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Lalu tambahkan air kelapa muda, Royco Kaldu
Ayam dan lada putih bubuk. Diamkan selama 30
menit di dalam kulkas agar bumbu meresap.

2

Masukkan daging ayam ke dalam dandang lalu kukus hingga matang.

3

Panaskan minyak di dalam wajan. Goreng ayam yang sudah dikukus selama 1 menit. Angkat dan tiriskan.

Ternyata tidak yang sesulit itu bukan membuatnya? Dengan sedikit berlatih, resep ayam pop ini akan kamu kuasai di luar kepala. Bahkan berikutnya mungkin saja kamu akan lebih sering memasak ini di rumah untuk memanjakan keluarga tercinta dari waktu ke waktu.

Selamat menikmati resep ayam pop dariku ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.