Resep Ayam Lada Hitam Pedas A la Restoran | MAHI

Resep Ayam Lada Hitam Pedas, Cita Rasa Restoran Untuk Akhir Pekan

Simpan ke bagian favorit

Untukmu yang bingung mau masak apa, resep ayam lada hitam bisa jadi jawaban tepat. Rasanya istimewa, caranya juga sederhana. Yuk, kita coba!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Dilla|Juli 1, 2022

Di antara berbagai ragam pilihan protein hewani, daging ayam seringkali jadi pilihan. Tak hanya karena rasanya nyaman di lidah, mengolah ayam juga cenderung lebih mudah dan cepat. Nah, agar tak cepat bosan, kita bisa variasikan menu olahan ayam. Salah satunya dengan resep ayam lada hitam ini.

Makanan yang terinspirasi hidangan Peranakan ini punya versi populernya yang menggunakan daging sapi. Tapi jangan khawatir, versi ayam juga tak kalah lezat! Oh ya, jangan lupa untuk memilih lada hitam berkualitas baik yang terbedakan dari wanginya. Setelah digiling, wanginya tidak berkurang dan cita rasanya keluar. Jangan lupa untuk menyimpan lada hitam di tempat yang kering agar lebih awet. Hindari menyimpannya di kulkas.

Cara masak ayam lada hitam versi Masak Apa Hari Ini menggunakan dada ayam tanpa kulit. Selain lebih rendah lemak, dada ayam mengandung protein yang lebih besar daripada paha ayam. Dalam 85 gram atau satu potong dada ayam terdapat sekitar 21 gram protein. Begitupun dengan kalorinya. Dalam satu porsi yang sama, dada ayam mengandung 170 kalori, sedangkan paha ayam mengandung 210 kalori.

Bumbu ayam lada hitam boleh dibilang cukup simpel, yaitu bawang putih, bawang bombay, merica hitam, dan tentu saja Bango Kecap Manis.

Nah, agar rasanya tak kalah sedap dari paha ayam, pastikan daging dada ayam tak dimasak terlalu lama atau overcook sehingga teksturnya tetap juicy. Kamu juga bisa memarinasi dada ayam terlebih dahulu dalam waktu beberapa jam agar bumbunya meresap.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita melihat resep ayam lada hitam pedas berikut ini. Lihat juga resep ayam lainnya yang tak kalah menggiurkan, seperti semur ayam dan ayam bekakak.

Bahan-bahan

Bahan

  • 300 g filet dada ayam
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay, iris panjang
  • 150 ml air
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 50 g paprika hijau, potong panjang
  • 50 g paprika merah, potong panjang
  • 2 sdt merica hitam bubuk

Cara membuat

ayam lada hitam
1

Panaskan minyak di atas wajan. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Bisa juga menambahkan bawang merah di lain waktu bila ingin.

ayam lada hitam
2

Masukkan ayam yang telah dibersihkan. Aduk dan masak hingga warnanya berubah.

ayam lada hitam
3

Tuangkan Bango Kecap Manis, Royco Kaldu Ayam, lada hitam, dan air. Aduk hingga rata.

ayam lada hitam
4

Tambahkan paprika yang telah dipotong. Aduk kembali. Masak hingga bumbu meresap sempurna dan kuah mengental. Sajikan selagi hangat.

Dalam waktu kurang dari satu jam, kamu bisa mendapatkan hidangan yang istimewa. Sajikan bersama aneka tumisan sayur agar nutrisinya makin lengkap. Selamat memasak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.