Resep ayam geprek sambal bawang

Resep Ayam Geprek Sambal Bawang, Pedas Nikmat dan Bikin Nagih

Ayam Geprek Sambal Bawang, hidangan pedas primadona yang selalu dicari. Yuk, temukan rahasia kelezatannya dalam resep ini!
Resep ayam geprek sambal bawang
Tim MAHI | Mar 10, 2023

Resep Ayam Geprek Sambal Bawang saat ini sedang naik daun dan banyak orang mencarinya. Sering dengar ayam geprek dan ayam penyet, tapi bingung bedanya apa? Ayam Geprek adalah ayam krispi yang disajikan dengan sambal bawang geprek segar. Sementara, Ayam Penyet, ayam yang diungkep dengan bumbu kuning dan disajikan dengan sambal.

Cara membuat ayam geprek sambal bawang sangatlah mudah. Siapkan ayam yang sudah dilumuri tepung, kemudian goreng hingga keemasan. Geprek dengan sambal ulek dari cabai rawit dan bawang putih, dan sajikan dengan nasi hangat!

Kamu bebas memilih jenis sambal untuk hidangan ini. Meskipun resep kali ini menggunakan sambal bawang, kamu bisa menggantinya dengan sambal lain sesuai selera., seperti sambal ijo, sambal goang, atau sambal terasi.

Tertarik mencoba resep ini setelah berbuka puasa? Yuk, simak resep ayam geprek sambal bawang berikut. Tapi ingat, kurangi level pedasnya jika perutmu sensitif terhadap pedas.

Bahan

4
Porsi

2
fillet daging ayam, belah masing-masing 2 bagian
3
sdm tepung maizena
1
butir telur ayam, kocok lepas
Minyak, untuk menggoreng

Bumbu kering

1
sdt ketumbar bubuk
½
sdt garam
½
sdt merica putih bubuk

Campuran tepung

100
g tepung oat atau oatmeal terigu protein rendah
75
g tepung beras
1
sdt baking powder

Sambal bawang

12
buah cabai rawit merah
12
butir bawang merah
5
siung bawang putih
5
sdm minyak

Cara membuat

1

Bumbu kering: Aduk rata semua bahan termasuk Royco Kaldu Ayam. Ambil 1/3 bagian bumbu, gunakan untuk melumuri daging ayam hingga merata, diamkan selama 20 menit dalam kulkas. Sisihkan.

2

Aduk sisa bumbu kering bersama semua bahan campuran tepung. Sisihkan.

3

Sambal bawang: Ulek atau haluskan cabai, bawang merah, dan bawang putih. Tambahkan Royco Kaldu Ayam, aduk rata. Sisihkan. Panaskan minyak, tumis cabai ulek hingga harum. Angkat dan sisihkan.

4

Siapkan wadah datar atau piring. Jejerkan fillet daging ayam yang sudah dimarinasi dengan bumbu. Taburi dengan tepung maizena hingga merata di kedua sisinya. Balur ke dalam telur kocok, kemudian lumuri dengan campuran tepung berbumbu.

5

Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang. Angkat dan tiriskan.

6

Siapkan cobek, tumbuk ayam goreng hingga hancur.

7

Pindahkan ke atas piring saji. Sendokkan sambal bawang ke atasnya. Sajikan.

Produk

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr