Cara Membuat Teh Jahe Kunyit Aromatik dan Menyehatkan- MAHI
Cara membuat teh jahe kunyit aromatik

Cara Membuat Teh Jahe Kunyit Aromatik yang Kaya Manfaat

Simak cara membuat teh jahe ini, yuk! Lengkap dengan aneka rempah lainnya, bakalan memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Cara membuat teh jahe kunyit aromatik
Tim MAHI | Jan 24, 2023

Teh hangat bisa jadi adalah salah satu minuman andalanmu saat melepas lelah di penghujung hari. Namun kalau kamu ingin meraup lebih banyak manfaatnya, coba nikmati the next level dari minuman ini. Tak hanya bikin rileks, kamu perlu tahu kenapa cara membuat teh jahe kunyit aromatik ini bakal juga bermanfaat untuk kesehatan kamu. Ikuti terus ceritanya, yuk!

Manfaat Sehat Bahan-bahan Teh Jahe Kunyit Aromatik

Teh sudah lama dikenal sebagai minuman yang punya manfaat baik untuk tubuh. Begitu juga dengan beberapa rempah seperti jahe, kunyit, serai, dan lainnya. Jika biasanya rempah-rempah tersebut digunakan dalam berbagai masakan agar rasa dan aromanya lebih sedap, begitu juga rempah bisa digunakan dalam racikan teh.

Mari kita ulas satu per satu manfaat setiap rempah ini. Pertama adalah jahe. Sehari-hari, kamu mungkin menggunakan jahe untuk menghilangkan bau amis pada aneka olahan ikan. Tapi, kamu juga bisa mengombinasikannya ke dalam minuman. Jadilah teh jahe, yang sering jadi andalan para ibu hamil untuk membantu meredakan mual saat morning sickness. Selain itu, rimpang yang satu ini memberikan rasa hangat dalam perut. Tak heran bila orang menggunakannya sebagai alternatif untuk mencegah masuk angin dan penyakit lainnya. Makanya, jahe cocok banget diracik bersama teh dan dinikmati saat cuaca sejuk.

Berikutnya adalah kunyit. Rimpang berwarna oranye kekuningan ini biasanya jadi bahan andalan banyak masakan khas Nusantara, seperti opor atau soto ayam. Tapi tahukah kamu kalau rempah ini kaya antioksidan? Kunyit dapat membantu mencegah berbagai penyakit, di antaranya jantung, hati, dan kanker, lho!

Bahan Pelengkap sebagai Bagian Cara Membuat Teh Jahe

Selain bahan-bahan utama di atas, momen menikmati secangkir teh jahe akan semakin mantap dengan berbagai pelengkap. Untuk itu, lengkapi pengalaman minum teh yang berbeda dari biasanya dengan tambahan serai, madu, dan irisan lemon. Semuanya berpadu memperkaya cita rasa dan aroma resep teh ini. Hmm, terbayang bakal rileks banget rasanya saat menikmati teh ini, ‘kan?

Sekarang, saatnya kamu mencoba cara membuat teh jahe kunyit aromatik! Mudah, kok, karena kamu bisa menggunakan SariWangi Teh Jahe Kunyit yang praktis dan tinggal seduh. Lain kesempatan, coba juga cara membuat es teh kampul khas Solo, teh melati buah beri, atau teh poci Jawa yang populer dengan gula batunya!

Bahan

4
Porsi
1100
ml air
4
batang serai, memarkan
5
lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
6
sdm madu
2
buah jeruk nipis, iris

Cara membuat

1

Rebus air bersama serai dan daun jeruk hingga mendidih. Kecilkan api, masak selama 10-15 menit atau hingga meresap. Angkat 

2

Masukkan SariWangi Teh Jahe Kunyit, seduh selama 3 menit. Saring 

3

Tuang teh ke dalam cangkir yang sudah diisi dengan madu. Aduk rata.  

4

Sajikan dengan irisan jeruk nipis   

Bahan-bahan

SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit
SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit