Cara Membuat Lumpia Goreng a la Restoran untuk Takjil - MAHI

Cara Membuat Lumpia Goreng Udang Sayuran, Menu Takjil a la Restoran

Simpan ke bagian favorit

Siapa di sini yang menggemari lumpia goreng? Menu lezat dengan isian ini cocok untuk bulan Ramadan. Simak cara membuat lumpia berikut ini, yuk!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Maret 22, 2022

Kalau kamu penggemar masakan Peranakan atau dim sum, pastinya akrab dengan yang namanya lumpia goreng. Ada berbagai macam isian yang bisa dikreasikan, namun kali ini ada cara membuat lumpia goreng udang sayuran yang wajib kamu coba di rumah. Rasanya mantap seperti yang biasa ditemui di restoran, lho!

Isian lumpia biasanya merupakan menu tumisan sayuran dan protein. Untuk resep hari ini gunakan udang yang sudah dikupas, jamur shiitake atau hioko, serta wortel. Untuk kulit lumpianya, kamu bisa menggunakan yang berbentuk kotak siap pakai. Nanti semudah mengisikan saja dengan tumisan udang, kemudian lipat dengan baik dan langsung digoreng. Tak lama, menu camilan atau takjil kamu di bulan puasa sudah siap untuk dinikmati.

Langkah pertama membuatnya adalah dengan menumis bawang putih dan bawang bombay bersama udang, wortel, dan jamur. Lalu kamu tambahkan Bango Kecap Manis dan Royco Saus Tiram. Jangan lupa bumbu dengan merica dan juga minyak wijen yang aromanya bakal bikin makin menggoda. Agar tercampur rata dengan bumbunya, tambahkan sedikit tepung terigu, lalu aduk rata. Fungsinya adalah agar seluruh kecap dan saus tiram mengental dan menyelimuti tumisannya. Setelah siap, sisihkan hingga tidak panas lagi, dan baru kamu bisa mulai mengisikan tumisan ini ke dalam setiap lembar lumpia secara merata.

Agar dapat dilipat dengan baik dan menempel, cukup semudah membasahi jarimu dengan air dan oles bagian pinggir lumpia yang akan direkatkan. Lakukan hingga isian ataupun kulit lumpia habis, lalu kamu bisa menggorengnya menggunakan minyak panas yang banyak. Pada tahap ini kamu hanya perlu memastikan saja apakah kulit lumpia sudah digoreng hingga berwarna keemasan dan renyah untuk dinikmati. Sebagai pelengkap, siapkan cocolan kecap manis dan potongan cabai rawit. Sedap!

Di resep-resep lalu dari Masak Apa Hari Ini ada juga bermacam-macam lumpia yang perlu dicoba di lain kesempatan. Misalnya adalah lumpia Vietnam yang menggunakan rice paper/banh trang yang khas, lumpia Semarang, ataupun lumpia basah khas Bandung. Sekarang, setidaknya kamu sudah mengetahui satu lagi cara membuat lumpia goreng gaya restoran di rumah. Seru, bukan?

Jangan lupa untuk follow dan like akun Instagram Masak Apa Hari Ini, ya! Di sana kamu bisa bertanya apa saja dan juga request resep!

Bahan-bahan

  • 250 g udang kupas, potong 3 bagian
  • 80 g jamur hioko segar, cincang
  • 70 g wortel, cincang halus
  • 16 lembar kulit lumpia kotak siap pakai
  • 1 sdm tepung terigu
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 60 g bawang bombay, cincang halus
  • 1 sdm minyak wijen
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • minyak, untuk menggoreng dan menumis

Pelengkap

Cara membuat

1

Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan udang, wortel, dan jamur, masak hingga setengah matang.

2

Tambahkan Bango Kecap ManisRoyco Saus Tiram, minyak wijen, dan merica. Masak hingga matang. Tambahkan tepung terigu, aduk hingga tercampur rata. Angkat. Biarkan hingga tidak panas.

3

Ambil selembar kulit lumpia, letakkan 1 sdm tumis udang jamur ke atasnya. Gulung sambil dipadatkan dan lipat membentuk silinder. Rekatkan dengan air. Ulangi proses serupa hingga habis.

4

Panaskan minyak, goreng lumpia hingga matang. Angkat dan tiriskan.

5

Sajikan bersama Bango Kecap Manis dan cabai rawit.

Selamat berbuka puasa!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.