Jenis Masakan


Cara Membuat Jamur Crispy Saus Kecap, Camilan Kriuk dan Menggiurkan di Sore Hari

Simpan ke bagian favorit

Sepiring jamur goreng tepung sambal kecap di sore hari tentu bakal jadi teman ngopi menyenangkan. Yuk, warnai sore ini dengan camilan yang menggugah selera! Simak cara membuat jamur crispy di sini!

1jam
4 Porsi
Mudah
Dilla|September 25, 2019

Cara membuat jamur crispy yang satu ini mudah dan sangat pas disajikan sebagai snack teman ngopi atau minum teh. Jamur bersalut tepung yang digoreng hingga garing ini dibuat dari jamur tiram dicelupkan ke dalam tepung berbumbu. Agar jamur tiram yang kamu masak garing sempurna, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Tips cara membuat jamur crispy

Pertama, cuci bersih jamur, lalu tiriskan. Jamur segar sangat mudah menyerap air, sehingga pada saat saat kamu mencucinya, jamur akan sangat basah dan menyimpan banyak air. Tiriskan jamur yang sudah dicuci, lalu tiriskan kembali menggunakan lap bersih atau tisu dapur hingga kandungan airnya berkurang.

Kemudian, goreng jamur di atas api sedang hingga matang. Sesudah hampir matang, goreng sebentar di atas api sedang untuk membuat jamur garing dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Selain jamur tiram, untuk resep jamur goreng tepung ini kamu juga bisa menggunakan jenis jamur lain seperti jamur enoki, jamur kancing, atau jamur portobello. Untuk adonan tepung, jika kamu tak memiliki bawang putih bubuk, ganti dengan 1 siung bawang putih yang dihaluskan.

Menu-menu jamur lainnya

Selain jamur crispy, Masak Apa Hari Ini juga masih punya banyak resep berbahan dasar jamur lainnya. Coba saja nasi tim ayam jamur, sapo tahu tiga jamur, ataupun semur ayam suwir jamur.

Warnai sore harimu dengan sepiring jamur goreng tepung dengan cocolan sambal kecap. Ngopi dan ngeteh jadi lebih seru!

Bahan-bahan

Bahan

  • 500 g jamur tiram
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • minyak, untuk menggoreng

Adonan tepung

  • 200 g tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • ½ sdt cabai bubuk

Sambal kecap, aduk rata

  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 buah cabai rawit merah, cincang
  • 2 sdt air jeruk nipis

Cara membuat

1

Cuci bersih jamur tiram. Tiriskan.

2

Adonan tepung: Aduk rata tepung terigu, Royco Kaldu Ayam, bawang putih, dan cabai bubuk.

3

Gulingkan jamur tiram ke dalam campuran tepung. Celupkan ke dalam telur, balurkan lagi dengan campuran tepung hingga seluruh permukaannya tersalut.

4

Panaskan minyak, ambil jamur berlumur tepung, celupkan ke dalam telur kocok. Goreng jamur hingga matang dan kecokelatan. Angkat, tiriskan.

5

Sajikan bersama sambal Bango Kecap Manis.

Resep ini pernah dimuat situs resmi Bango.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.