Tips Merencanakan Buka Puasa Paling Seru untuk Keluarga

Wina|Mei 23, 2018

Acara buka puasa bersama keluarga besar menjadi satu momen yang paling dinanti-nantikan di bulan Ramadan — selain perayaan Idul Fitri, tentunya. Eits, bagaimana kalau tiba-tiba kamu terpilih sebagai tuan rumah untuk berbuka puasa?

Pertama, jangan kuatir karena ini adalah kesempatan besar untuk menunjukkan keahlian kamu selama ini yang sudah belajar memasak. Kedua, inilah saatnya menunjukkan diri sebagai event organizer handal. Ayo, pasti bisa kok!

Nah, berikut ini aku kompilasikan tips-tips penting untuk merencanakan buka puasa anti demam panggung saat menjamu seluruh keluarga besar – termasuk mungkin buat kamu yang baru akan merayakan lebaran dengan mertua baru.

1. Pengaturan undangan dan acara

Untuk kamu yang suka crafting, membuat surat undangan untuk acara buka puasa pasti jadi kegiatan ngabuburit menyenangkan. (Foto: Shutterstock)

Untuk yang satu ini bisa dilakukan jauh hari agar langkah-langkah lainnya lebih mudah dijalankan. Misalnya yang dulu aku lakukan adalah menyiapkan susunan acara menarik yang berbeda dari biasanya. Kalau hanya sekadar makan dan ngobrol-ngobrol, bisa jadi buka puasa bersama malah membosankan.

Selain itu, aku akan menyiapkan undangan kreatif — lengkap dengan peta lokasi rumah — disertai detil acara buka puasa. Undangan ini berfungsi sebagai cara kita menghormati tamu dan pengingat serta motivasi agar seluruh keluarga hadir untuk bersilaturahmi. Jika memungkinkan, coba sempatkan tanya kalau ada keluarga lain yang hendak menyumbangkan makanan supaya menunya tidak dobel atau bertabrakan dengan menu yang akan kamu masak.

2. Merancang menu makanan dan berbelanja di awal

Setelah memastikan apa saja yang ingin dimasak, sebaiknya kamu sempatkan berbelanja ke pasar terlebih dahulu atau setidaknya dua hari sebelum acara. Selain menghindari kemungkinan harga cabai yang biasanya meroket dari hari ke hari, kamu juga bisa mencicil sebagian proses memasak supaya tidak memberatkan di belakang dan tugas-tugas lainnya bisa diselesaikan lebih awal.

Buat kamu yang di tahap ini masih bingung mau masak apa, jangan ragu mencoba resep-resep yang ada di situs MAHI.

3. Mempersiapkan goodie bag

Menjadi tuan rumah tentu bukan sekadar mempersiapkan makanan enak. Pastinya terbayang kan senangnya tamu yang datang ketika mendapatkan juga goodie bag keren dari acara buka puasa bersama tahun ini.

Nah, untuk isinya masih bisa makanan juga kok. Bagi kamu yang gemar membuat kue,  goodie bag bisa diisi sebungkus kecil kaasstengels, nastaar, putri salju, atau cemilan ringan lainnya. Selain itu, jangan lupa masukkan permen ataupun coklat untuk anak-anak kecil. Dijamin mereka pasti senang!

3. Persiapan di rumah supaya tamu nyaman

Persiapan menerima tamu tidak hanya soal rapi, tapi juga bersih. (Foto: Shutterstock)

Acara bersih-bersih sudah menjadi kewajiban khusus untuk tuan rumah. Buatku sih  biasanya akan lebih mudah mempersiapkan segalanya kalau ada perkiraan jumlah tamu yang akan datang. Dengan begitu, aku bisa menyiapkan ruangan yang bisa “dirombak” menjadi tempat acara — misalnya dengan memindahkan perabot dan menambah beberapa kursi. Kekurangan kursi? Gampang, kamu bisa ganti dengan tikar. Ini juga bisa membuat suasana lebih hangat dan akrab!

Selain menyiapkan ruangan, pastikan juga tamu tidak akan kesulitan saat mencari air minum, peralatan makan, atau ingin pergi ke kamar kecil. Hal-hal kecil ini nampak sepele, tapi bisa membuat tamu merasa nyaman.

4. Beberapa ide yang patut dicoba

Momen Ramadan selalu jadi saat terbaik untuk memberikan lebih bagi para anak yatim. (Foto: Shutterstock)

Sebagai generasi yang kreatif, sebenarnya kalau kita mau sedikit rajin mencari ide, ada banyak kok ide menarik yang bisa kamu coba sebagai bagian acara buka puasa — selain tentunya Tarawih bersama atau mengundang pembicara. Beberapa ide yang bisa coba kamu diskusikan dengan keluarga, misalnya:

  • Buka bersama anak yatim
  • Penggalangan dana untuk membantu anggota keluarga yang sedang berduka atau kesulitan.
  • Lelang tumpeng untuk sumbangan program kemanusiaan
  • Acara kuis ringan dengan hadiah unik

Semuanya bisa digelar dalam suasana penuh keceriaan selama 2-3 jam. Saat menjadi tuan rumah, pastikan juga kamu tidak mengganggu ketertiban di lingkungan rumah — terkadang tanpa disadari kita bisa membuat para tetangga sebal karena suara yang terlalu gaduh atau acara yang terlalu lama menutupi jalanan untuk parkir mobil dan motor.

Punya ide seru lainnya? Boleh dong di-share sama aku. Semoga acara bukber-mu jadi menyenangkan, ya!