Memahami Serunya Tren Kekinian yang Dinikmati Para Pecinta Kopi

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|November 14, 2018

Para pecinta kopi dewasa ini semakin antusias dengan seni menikmati minuman hebat ini. Ini bisa dimaklumi karena keberadaan kedai kopi kini semakin menjamur di berbagai kota di Indonesia. Tentunya ini juga dipacu dari rasa bangga kita akan kualitas biji kopi lokal yang semakin meningkat. Seni menikmati kopi kini berkembang ke level yang sebelumnya belum pernah kita semua lihat. Berikut adalah sebagian sebabnya mengapa para pecinta kopi begitu menikmati minuman mereka ini.

Asal mula tren kopi kekinian

cara seduh manual untuk para pecinta kopi
Pecinta kopi kekinian semakin menyenangi kopi yang diseduh dengan cara manual. (Foto: Shutterstock)

Kopi, kopi, dan kopi. Setiap hari kini kita berkutat dengan pembicaraan mengenai kopi. Kebangkitan ini dimulai dari beberapa tahun lampau, dimana para ahli kopi yang masih belum banyak jumlahnya saat itu mulai untuk bereksperimen dengan cara seduh yang berbeda. Mereka menggunakan berbagai biji kopi pilihan, metode penanaman serta pasca panen yang khusus, serta teknik sangrai yang juga berbeda. Semuanya ditujukan demi menghasilkan cita rasa unik dari yang selama ini dikenal.

Negara-negara yang memulai pergerakan ini adalah beberapa negara Skandinavia, Australia, Jepang, dan juga Amerika Serikat. Dengan cepat, gerakan yang dinamai third wave coffee ini menjalar ke Indonesia. Tidak sampai lima tahun yang lalu, bermunculanlah kedai-kedai kopi independen yang menyuguhkan hal-hal berbeda kepada para pengunjungnya.

Para pecinta kopi saat itu begitu berbahagia melihat biji-biji kopi berkualitas tinggi yang datang dari negeri-negeri lain. Hanya sedikit memang, dan tidak digunakan sebagai acuan untuk bisnis jangka panjang. Tapi setidaknya, para pionir ini berharap bahwa apresiasi di level baru ini sedikit demi sedikit akan menjalar ke banyak ruang lainnya.

Kopi sebagai hobi

Menariknya, apresiasi serupa ditemukan di dunia teh dan cokelat. Ketiga industri ini menemukan apresiasi baru di tengah-tengah para penggemarnya. Semua seakan terkaget-kaget ketika menemukan kalau kopi, teh, ataupun cokelat ternyata memiliki cita rasa yang semenarik itu, bahkan banyak proses kompleks yang mengelilinginya. Di Asia Tenggara, tren menikmatinya menjalar ke negara-negara seperti Indonesia, Singapura, Thailand, serta Malaysia.

Tidak aneh bila di masa kini para pecinta kopi kerap berinvestasi lebih demi bisa menikmati secangkir yang terbaik. Mesin penggiling, mesin espresso, hingga alat-alat seduh kopi manual kini mewarnai suasana di rumah. Di samping tentunya berbagai alat masak yang juga semakin lengkap. Tidak jarang juga para roaster lokal kini memperkenalkan beragam biji kopi Indonesia yang menarik untuk dinikmati di rumah. Bagi yang penasaran, banyak kelas-kelas kopi yang bisa diikuti agar bisa kopi bisa diseduh di rumah dengan cara yang tepat dan sistematis.

7 Cemilan Unik Pendamping Minum Kopi para pecinta kopi
Pastel mozzarella adalah salah satu resep camilan unik pendamping minum kopi. (Foto: Shutterstock)

Warna-warni dunia kopi juga menghiasi kehidupan para pecinta kuliner di Indonesia. Rasanya menikmati masakan enak kurang adil bila tidak diakhiri dengan kopi yang enak juga. Tersedianya kedua elemen ini jelas akan memacu rasa ingin tahu dan berpraktek di dapur. Jadi untuk sahabat MAHI sekalian yang ingin memadukan masakan dengan kopi enak, tentu wajib memulainya dari bagian resep kami. Jangan lupa juga untuk menyiapkan berbagai camilan unik untuk menemani sesi minum kopinya.

Selamat menyeduh dan tidak lupa, selamat memasak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.