7 Cemilan Unik Pendamping Minum Kopi

Wina|April 20, 2018

Kalau kamu termasuk salah satu pengguna aktif sosial media, pasti tahu benar kalau beberapa bulan terakhir tren kopi sedang kencang-kencangnya melanda Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia. Konon, penikmat kopi terbagi menjadi dua, mereka yang suka kopi panas dan mereka yang memuja es kopi susu. ya minum kopi. Karena termasuk ke dalam jenis minuman yang versatile, kopi cocok dinikmati bersama cemilan manis ataupun asin. Lalu, apa saja cemilan unik yang cocok sebagai pendamping minum kopi? Yuk, intip 7 cemilan unik pilihan berikut!  

Salted Egg Croissant

7 Cemilan Unik Pendamping Minum Kopi
Celup ke dalam kopi? Boleh juga. (Foto: Shutterstock)

Cemilan unik asal Hong Kong ini pertama kali membanjiri sosial media di Indonesia di tahun 2016. Bukannya tenggelam, tren hidangan serba salted egg ini malah semakin booming! Sebagai cemilan, Salted Egg Croissant ini cukup unik. Disajikan hangat-hangat, tampilan luar croissant ini terlihat “jinak”, tapi tunggu saat kamu membelah croissant ini menjadi dua. Isian saus telur asin langsung lumer dan meresap ke setiap lapisan pastry yang renyah. Duh, bikin lapar! Cita rasa salted egg croissant yang gurih, sangat cocok ‘bersanding’ dengan Latte atau Cold Brew yang sedikit pahit.

Cumi Goreng Tepung ala Taiwan

Cumi goreng tepung, sudah biasa! Cumi goreng tepung ala Taiwan ini lebih spesial karena ciri khasnya yang menggunakan satu ekor cumi utuh dan tepung bumbu yang renyah. Kombinasi kenyalnya daging cumi segar dan renyahnya tepung bumbu, sempurna! Cemilan unik ini bisa jadi pilihan teman ngopi di kala perut lapar saat jam nanggung.

Pastel Mozzarella

7 Cemilan Unik Pendamping Minum Kopi
Kejunya bikin ngiler! (Foto: Shutterstock)

Selain salted egg, keju juga masih menjadi primadona di tahun ini. Kamu jangan kaget kalau berbagai hidangan, mulai dari makanan lokal sampai internasional sekarang berlomba-lomba menggunakan keju. Salah satu cemilan berbahan dasar keju yang klop dengan kopi adalah pastel mozzarella. Pastel yang biasanya berisi daging atau sayur, kini ‘naik kelas’ dengan isian keju mozzarella. Coba deh kamu ‘jodohkan’ pastel ini dengan Cappuccino atau Latte.

Rujak Cireng

Buat orang Bandung, cireng merupakan cemilan khas abang tukang gorengan. Berbahan dasar tepung kanji, cireng nikmat disantap panas-panas dengan cabe rawit. Beberapa tahun terakhir, cireng berganti wajah menjadi rujak cireng, yaitu cireng renyah yang disajikan bersama sambal rujak. Cita rasa sambal rujak yang pedas manis, membuat lidah kamu tidak berhenti bergoyang. Siap-siap ketagihan, deh! Renyah dan pedas, rujak cireng cocok disantap bersama es kopi susu atau Ice Americano.  

Serabi Ayam Suwir Pedas

Pilihan cemilan unik yang satu ini masih datang dari kota Bandung. Serabi biasa dikenal sebagai cemilan manis yang disajikan bersama saus kinca. Namun, khusus untuk teman minum kopi, serabi asin paling cocok menjadi pilihan. Serabi ayam suwir pedas mempunyai bahan yang sama dengan serabi oncom, yang membedakan hanyalah pilihan toppingnya. Serabi ayam suwir pedas yang legit dan gurih bisa jadi “sahabat” es kopi susu atau kopi tubruk. Sebuah perpaduan yang enak!

Popcorn Bumbu Kari

7 Cemilan Unik Pendamping Minum Kopi
Bumbu karinya bikin nagih! (Foto: Shutterstock)

Meski termasuk cemilan yang kurang populer di Indonesia, popcorn ternyata punya banyak kelebihan berupa serat dan antioksidan yang berasal dari biji jagung. Buat kamu yang sedang diet atau ingin menurunkan berat badan, popcorn adalah opsi cemilan rendah kalori, asalkan tidak kamu tambah mentega. Popcorn bumbu kari ini sangat unik dan praktis, kamu bisa buat sendiri di rumah. Popcorn yang sudah matang ditaburkan dengan bumbu kari dan sedikit garam, campun hingga rata. Nyemil popcorn bumbu kari makin nikmat jika ditemani dengan segelas Cappuccino atau Flat White.

Perkedel Jagung Panggang

Perkedel jagung atau bakwan jagung, biasa menghiasi piring-piring saat makan siang atau makan malam. Maklum deh, gorengan yang satu ini sering menjadi pengganti lauk saat akhir bulan datang. Perkedeng jagung tidak melulu harus selalu digoreng, bisa juga dipanggang agar lebih sehat. Meski tidak digoreng, perkedel jagung panggang tetap empuk dan renyah dengan buliran jagung yang masih utuh dan kriuk-kriuk ketika disantap. Saat santai kamu akan semakin berwarna jika ditemani dengan sepotong perkedel jagung panggang dan secangkir kopi panas. Jadi, ngopi di mana kita?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.