5 Masakan Oriental a la Restoran yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Oktober 7, 2020

Ada kalanya kita bosan dengan hidangan yang itu-itu saja di rumah. Menyegarkan daftar menu harian di rumah dengan hidangan a la restoran tentu bikin keluarga lebih semangat, kan?  Misalnya menghadirkan beberapa menu masakan oriental di restoran favorit yang biasa kamu pesan.

Kali ini, kami merekomendasikan beberapa resep masakan oriental yang cukup mudah dibuat di rumah. Pada dasarnya, menu a la Asia Timur ini tidak membutuhkan banyak langkah pembuatan. Bahan-bahannya pun cukup mudah ditemukan di supermarket ataupun e-commerce.

Inspirasi Masakan Oriental di Rumah

Mumpung punya banyak waktu luang di rumah, sibukkan diri kamu di dapur, yuk!  Beberapa inspirasi resep masakan ini bukan cuma bikin lidah kamu bahagia, tetapi juga seluruh anggota keluarga di rumah.

1. Fuyunghai

Masakan oriental yang biasanya disajikan di restoran peranakan Tionghoa ini bisa kamu racik sendiri di rumah. Beda dengan telur dadar, fuyunghai lebih tebal dengan tambahan sayuran dan protein seperti seafood dan ayam. Untuk membuatnya tebal dan mengembang, memang diperlukan trik khusus saat menggoreng.

Selain minyak yang digunakan jauh lebih banyak ketimbang memasak telur dadar biasa, pastikan minyak  sudah panas saat kita memasukkan adonan fuyunghai. Trik ini berguna untuk membuat permukaan dadar isi yang kokoh dan tidak mudah pecah. Baru setelah itu, kita kecilkan api agar isian fuyunghai matang sempurna. Jika ingin lebih padat, kamu bisa tambahkan tepung sagu ke dalam adonan. Lihat resep fuyunghai ini, ya, untuk info selengkapnya.

2. Siomay Dimsum

Resep dimsum ayam ini membuktikan kalau kita juga bisa bikin sendiri dimsum seenak restoran di rumah. Cara membuatnya juga ternyata nggak sesulit yang kamu bayangkan. Untuk membuat siomay dimsum ayam untuk 4 porsi, kamu memerlukan sekitar 400 gram daging ayam dan 150 gram udang kupas. Dengan begitu, rasanya jadi lebih gurih dan teksturnya lebih padat

Nah, agar rasanya lebih gurih dan teksturnya tidak kering, pilih  fillet ayam bagian paha. Bagian ini memiliki tekstur lebih moist dan juicy yang berasal dari kandungan lemaknya. Lihat resep lengkap membuat siomay ayam di sini dan sajikan untuk keluarga tercinta.

3. Nasi Hainan

Kelezatan nasi Hainan juga bisa kamu hadirkan di rumah. Hidangan dari Singapur ini punya rasa gurih yang khas. Tidak terlalu banyak bumbu, tapi cita rasa kaldunya begitu kental. Ada dua jenis protein hewani yang biasanya diolah untuk sajian ini, yakni ayam dan bebek. Pengolahannya pun terbagi menjadi dua, yakni dipanggang dan direbus.

Untuk mendapatkan cita rasa yang pas, pastikan kamu menggunakan ayam atau bebek yang masih segar atau baru potong. Tingkat kematangannya pun harus diperhatikan, agar tidak terlalu lembek dan hancur tapi juga tetap lembut ketika digigit. Simak resep nasi ayam Hainan ini, ya!

4. Chicken Katsu

Satu piring chicken katsu dengan nasi dan kuah kari.
Chicken katsu bertabur kuah kari yang lezat dari Jepang. (Foto: Shutterstock)

Beralih ke Jepang, salah satu hidangan khas Negeri Sakura yang cukup mudah dibuat di rumah adalah Chicken Katsu dengan kuah kari. Hidangan ini mengingatkan kita pada kartun Doraemon di mana Nobita sangat sering menyantap nasi kari bersama ibunya.

Membuat chicken katsu sendiri sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya memerlukan daging ayam yang segar dengan racikan bumbu kari yang enteng. Simak resep lengkap chicken katsu dari MAHI ini, ya!

5. Ramen

Siapa yang bisa menolak kelezatan ramen? Masih dari Jepang, kali ini kita juga berbagi mie ramen yang gurih. Sebenarnya ada banyak jenis ramen, tergantung daerahnya. Begitupun dengan jenis kuahnya. Ada ramen shoyu yang cita rasa kecap asinnya kuat, ada pula miso ramen yang kuahnya khas rasa kedelai.

Kamu bisa membuat ramen versi lebih sederhana dengan resep ramen a la MAHI ini. Hal yang penting dari sajian ramen adalah kuah kaldunya. Pastikan kamu menyantapnya selagi hangat.

Sudah tak sabar meraciknya? Jika kamu sudah mencoba resep di atas, jangan lupa posting di Instagram dan tag instagram @masakapahariini_id ya! Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.