10 Masakan Oriental a la Restoran untuk Merayakan Tahun Baru Imlek 2024

10 Masakan Oriental a la Restoran untuk Merayakan Tahun Baru Imlek 2024
Silmia |
Favorit:
Sebarkan:

Menyambut Tahun Baru Imlek 2024, yuk, ikut merayakannya mencoba resep masakan oriental a la restoran dari Masak Apa Hari Ini! Hidangan ini cocok banget dihadirkan di meja saji untuk disantap bersama keluarga dan orang tersayang.

Sebagian besar menunya merupakan hidangan populer restoran Cina. Misalnya sup kepiting jagung, fuyunghai, sapi lada hitam, nasi ayam Hainan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilihnya berdasarkan selera keluarga.

Inspirasi Masakan Oriental Seenak Restoran yang Bisa Dibuat di Rumah

Menjelang libur Tahun Baru Imlek 2024, isi kulkas dengan bahan-bahan dan bumbu yang lekat dengan masakan Cina. Buat kamu yang pemula, kamu bisa memilih berdasarkan tingkat kesulitan yang paling rendah.

1. Resep Sup Kepiting Jagung

Salah satu menu wajib yang hampir selalu ada di meja Imlek. Supaya lebih mudah, Masak Apa Hari Ini merekomendasikan kamu untuk menggunakan Royco Sup Kepiting dan Jagung.

Sup jagung kepiting di dalam mangkuk hitam

2. Resep Fuyunghai

Fuyunghai Asam Manis cocok untuk makan malam.
Beragam sajian masakan Peranakan pasti kurang seru tanpa kehadiran Fuyunghai Asam Manis. (Foto: MAHI)

Masakan oriental yang biasanya disajikan di restoran peranakan Tionghoa ini bisa kamu racik sendiri di rumah. Beda dengan telur dadar, fuyunghai lebih tebal dengan tambahan sayuran dan protein seperti seafood dan ayam. Untuk membuatnya tebal dan mengembang, memang diperlukan trik khusus saat menggoreng.

Selain minyak yang digunakan jauh lebih banyak ketimbang memasak telur dadar biasa, pastikan minyak sudah panas saat kamu memasukkan adonan fuyunghai. Trik ini berguna untuk membuat permukaan dadar isi yang kokoh dan tidak mudah pecah. Baru setelah itu, kecilkan api agar isian fuyunghai matang sempurna. Jika ingin lebih padat, kamu bisa tambahkan tepung sagu ke dalam adonan. Lihat resep fuyunghai ini, ya, untuk info selengkapnya.

3. Resep Siomay Dimsum

Resep dimsum ayam ini membuktikan kalau kamu juga bisa bikin sendiri dimsum seenak restoran di rumah. Cara membuatnya juga ternyata nggak sesulit yang kamu bayangkan. Untuk membuat siomay dimsum ayam untuk 4 porsi, kamu memerlukan sekitar 400 gram daging ayam dan 150 gram udang kupas. Dengan begitu, rasanya jadi lebih gurih dan teksturnya lebih padat

Nah, agar rasanya lebih gurih dan teksturnya tidak kering, pilih  fillet ayam bagian paha. Bagian ini memiliki tekstur lebih moist dan juicy yang berasal dari kandungan lemaknya. Lihat resep siomay ayam di sini dan sajikan untuk keluarga tercinta!

4. Resep Nasi Hainan

Hasil masak resep dada ayam tanpa minyak.
Hidangan nasi Hainan a la restoran. (Foto: Shutterstock)

Inilah makanan oriental yang mudah dibuat. Kelezatan nasi Hainan juga bisa kamu hadirkan di rumah. Hidangan dari Singapura ini punya rasa gurih yang khas. Tidak terlalu banyak bumbu, tapi cita rasa kaldunya begitu kental. Ada dua jenis protein hewani yang biasanya diolah untuk sajian ini, yakni ayam dan bebek. Pengolahannya pun terbagi menjadi dua, yakni dipanggang dan direbus.

Untuk mendapatkan cita rasa yang pas, pastikan kamu menggunakan ayam atau bebek yang masih segar atau baru potong. Tingkat kematangannya pun harus diperhatikan, agar tidak terlalu lembek dan hancur tapi juga tetap lembut ketika digigit. Simak resep nasi ayam Hainan ini, ya!

5. Resep Ayam Tepung Asam Manis

Ayam tepung asam manis dalam piring saji hitam.
Resep ayam tepung asam manis a la restoran. (Foto: Shutterstock)

Hidangan ayam goreng tepung dengan saus asam manis ini sering disajikan sebagai pelengkap atau lauk pendamping. Supaya potongan daging tetap juicy, goreng daging ayam di atas api sedang hingga matang. Lalu besarkan api sesaat sebelum diangkat supaya permukaannya garing. Hindari menggoreng terlalu lama agar daging tak cenderung ‘kering’ atau keras.

6. Resep Kepiting Saus Tiram

resep kepiting saus tiram siap
Sekarang kamu bisa membuat kepiting saus tiram lebih mudah! (Foto: MAHI)

Masakan semewah restoran ini wajib banget hadir sebagai salah satu pusat perhatian di meja saji. Kamu bisa menggunakan kepiting jantan atau betina. Ikuti setiap proses membuatnya supaya kamu bisa menghadirkan hidangan seafood favorit restoran ini.

7. Resep Ayam Goreng Mentega

Satu porsi hasil masak resep ayam goreng mentega disajikan di atas piring.
Cita rasa ayam goreng mentega yang manis dan gurih dan bikin nagih. (Foto: Shutterstock)

Siapa yang tak setuju kalau ayam goreng mentega wajib banget hadir di meja saji Imlek 2024? Salah satu rahasia suksesnya adalah daging ayam wajib garing di permukaannya tapi tetap juicy di dalamnya. Hindari menggoreng daging ayam terlalu lama supaya bagian dalamnya masih moist atau tidak kering.

8. Resep Ayam Nanking

Hidangan ayam nanking dengan sausnya di atas piring putih. (Foto: Shutterstock)
Sajikan ayam nanking bersama capcay sayuran. (Foto: Shutterstock)

Hidangan ayam goreng dari kombinasi daging ayam giling dan udang ini patut jadi pusat perhatian. Biasanya masakan ini merupakan salah satu favorit di restoran Cina. Supaya komplet, kamu bisa menghadirkan acar sayuran dan chili oil sebagai pelengkap hidangan Imlek.

9. Resep Mie Goreng Seafood

Mie goreng seafood dalam piring saji putih.
Sajikan mie goreng seafood ini untuk pilihan menu praktis dan lengkap. (Foto: Shutterstock)

Meja saji Tahun Baru Cina takkan lengkap tanpa kehadiran mie. Sajikan mie goreng seafood a la Masak Apa Hari Ini untuk melengkapi keseruan acara ngumpul bersama. Pastikan memilih seafood segar sebagai isi dari hidangan bakmi seenak restoran ini.

10. Resep Ayam Kuluyuk

Menyajikan ayam kuluyuk.
Resep ayam kuluyuk untuk menu istimewa. (Foto: MAHI)

Salah satu ciri khas ayam kuluyuk adalah saus asam manisnya yang segar dan manis. Kalau ingin memilih hidangan ini sebagai salah satu rangkaian menu, kamu bisa memadukannya bersama mie goreng seafood, kepiting saus tiram, dan sapi lada hitam. Komplet, kan?

Itulah contoh makanan oriental untuk ide masakan Imlek 2024 yang bisa kamu buat di rumah. Selamat berkreasi di dapur dan jadikan keluarga di rumah terpesona dengan masakanmu!

Jangan lupa juga untuk follow, like, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

Artikel terbaru