5 Inspirasi Menu Makan Berbahan Bunga Kecombrang - MAHI

5 Inspirasi Menu Makan Malam Berbahan Dasar Bunga Kecombrang

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Januari 12, 2022

Setidaknya sudah beberapa tahun ini dunia kuliner Indonesia digemparkan dengan penggunaan bunga kecombrang. Warna, rasa, dan aromanya yang khas memang cocok dipadukan dengan banyak masakan. Untuk yang hobinya masak. pasti penasaran ingin memadukan bahan yang satu ini pada berbagai hidangan di rumah.

Bunga kecombrang sendiri dikenal sebagai salah satu bahan campuran dalam masakan Batak maupun Sunda. Sebut saja sambal kecombrang atau digunakan untuk menghilangkan bau amis pada arsik ikan mas. Tanaman berwarna merah muda ini dikenal dengan sebutan honje di Tatar Sunda ataupun rias dan kincung di daerah lain di Indonesia. Bagian bunga yang masih kuncup adalah bagian yang digunakan untuk masakan. Selain diiris halus, bunga kecombrang juga bisa ditumbuk terlebih dulu sebelum diolah.

Apakah kamu penasaran dengan menu harian yang cocok dipadukan dengan bunga kecombrang? Bahan yang kaya akan vitamin C ini adalah kesempatan emas untuk diolah di tahun yang baru ini. Khususnya buat yang ingin lebih jago masak dan mengolah macam-macam bahan baru. Simak yang berikut ini, ya!

1. Resep Nasi Goreng Spesial Ayam Kecombrang

Nasi goreng spesial ayam kecombrang adalah satu kreasi unik nasi goreng khas Nusantara. Irisan bunga kecombrang menambah aroma khas yang kuat pada hidangan. Untuk resep ini, iris halus bunga kecombrang dan jadikan sebagai isian nasi goreng bersama irisan daging ayam dan buncis. Langkah awalnya, siapkan bumbu halus dan tambahkan Royco Kaldu Ayam agar semakin lezat. Masak nasi goreng dan siapkan juga bahan pelengkap. Nikmat!

Coba resep nasi goreng spesial ini!

2. Resep Opor Ayam Kecombrang

Semangkuk opor ayam kecombrang di atas meja siap disantap.
Resep opor ayam kecombrang yang lezat dan wangi sudah bisa dicoba di rumah dengan mudah. (Foto: Shutterstock)

Opor tak harus jadi andalan saat hari raya, karena kita bisa menikmatinya kapan saja dengan resep ini. Kali ini, tambahkan kecombrang agar semakin spesial. Gunakan bunga kecombrang muda berwarna merah muda, cuci bersih di air mengalir, lalu iris halus. Bertekstur lunak, masukkan kecombrang di akhir proses memasak sebelum santan karena akan cepat larut dalam masakan. Selama proses memasak, pastikan kamu menggunakan api kecil, ya. Tujuannya untuk menjaga santan agar tidak pecah dan ayam matang merata.

Coba resep opor ayam ini, yuk!

3. Resep Pindang Ikan Bunga Kecombrang

Masakan tradisional ini ternyata proses memasaknya cukup simpel. Tumbuk kasar bahan-bahan dasarnya, lalu rebus bersama belimbing wuluh, tomat hijau, cabai rawit, dan berbagai bahan lainnya. Terbayang, kan, unsur aromatik dan cita rasa kaya yang mengiringi ikan tenggiri yang akan kita pindang ini? Terakhir tambahkan bunga kecombrang dan masak hingga matang dan meresap.

Berikut adalah resep pindang ikan yang wajib coba!

4. Resep Gulai Daun Singkong Kecombrang

Pindang Ikan Bunga Kecombrang tersaji
Pindang Ikan Bunga Kecombrang, satu yang istimewa untuk keluarga tercinta! (Foto: MAHI)

Siapa di sini yang belum pernah coba gulai daun singkong khas Padang? Nah, pada kesempatan kali ini, bagaimana kalau kita padukan dengan bunga kecombrang yang wangi dan khas. Hasilnya tak kalah lezat dan lebih eksotis, apalagi sekarang semakin banyak orang Indonesia yang menyukai kecombrang.

Yuk, coba resep gulai daun singkong berikut ini!

5. Resep Ikan Kerapu Siram Kecombrang

Untuk resep ini, gunakan kembali bunga kecombrang yang muda karena tekstur lebih lunak dan cepat larut ke dalam masakan. Jika kamu menyukai rasa dan aroma yang lebih kuat, gunakan juga bagian dalam batang kecombrang, ya. Agar sajian ikan siram kecombrang ini lebih lezat, pastikan minyak goreng benar-benar panas sebelum memasukkan ikan kerapu segar. Tujuannya agar kulit ikan garing sempurna dan tidak mudah pecah. Jangan terlalu lama menggorengnya agar daging ikan masih moist dan terasa manis.

Inilah resep ikan kerapu siram wajib coba malam ini!

Pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.