Bukan Hanya Rendang, Inilah Makanan Tradisional Indonesia yang Semakin Mendunia!

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|November 27, 2018

Makanan tradisional Indonesia memang tak tertandingi dan tak tergantikan. Terbukti, beberapa makanan khas Nusantara sukses merebut hari para pencinta kuliner di mancanegara dan mencuri perhatian dunia. Sebut saja mislanya rendang yang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia oleh CNN di tahun 2017. Menyusul kemudian es cendol dan nasi goreng yang turut meramaikan kepopuleran kuliner Nusantara di dunia.

Berikut adalah beberapa masakan Indonesia yang sukses di dunia diaspora.

Satai

Siapa yang tidak setuju kalau Indonesia adalah gudangnya satai? Ada banyak sekali variasi satai Nusantara yang memperkaya deretan jumlah kekayaan kuliner Indonesia. Misalnya saja Satai Maranggi yang sukses menciptakan antrean pada saat World Street Food Congress di Manila beberapa waktu lalu.

Begitu juga dengan satai ayam berbumbu kacang yang kerap mengisi daftar menu restoran Indonesia di luar negeri. Tapi tidak hanya itu, masih banyak sekali variasi satai di Indonesia, Misalnya saja ada satai Blora, satai sumsum, satai buntel, satai klathak, satai lilit, dan masih banyak lagi.

Rendang

Sejak dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia oleh CNN di tahun 2017, rendang terus menikmati kepopulerannya. Menjadi sebuah keharusan bagi para turis yang berkunjung ke tanah air untuk mencoba sajian populer tanah Minang ini. Variasi rendang di tanah air pun tak terbatas hanya pada daging saja, melainkan ada juga rendang sayuran, rendang telur dan rendang ikan.

Rendang, makanan tradisional khas Minang yang juga populer di Indonesia.
Rendang, salah satu makanan tradisional Indonesia yang melejit di dunia. (Foto: Shutterstock)

Es Kelapa

Bersyukurlah kita yang tinggal di negara tropis yang memiliki kekayaan berlimpah. Es kelapa muda ternyata menempati posisi 20 besar dalam daftar 50 minuman terenak di dunia! Di Indonesia, kelapa digunakan sebagai bahan baku untuk minuman, santan hingga kelapa kering. Air kelapa eksis berada di daftar minuman terenak di dunia bersama minuman populer lain, seperti misalnya mojito atau mango lassi.

Nasi Goreng

Saking terkenalnya nasi goreng di kalangan turis, para selebritas dunia kerap penasaran dengan salah satu sajian kaki lima terfavorit ini. Nasi goreng kerap jadi hidangan ‘must-try‘ bagi para wisatawan mancanegara yang sedang berpelesir ke tanah Indonesia. Sejatinya, ide membuat nasi goreng di masa lampau adalah memanfaatkan nasi sisa semalam sebagai hidangan sarapan pagi. Kini nasi goreng juga kerap disajikan sebagai masakan praktis yang bisa dinikmati sepanjang hari dan bahkan seringkali disajikan sebagai bekal praktis.

Soto

Tahukah bahwa soto menjadi salah satu dari 5 makanan nasional pilihan Kementerian Pariwisata? Terpilihnya makanan tradisional ini adalah karena Indonesia memiliki banyak jenis hidangan soto sehingga dikenal banyak kalangan. Soto kerap hadir di festival masakan Indonesia di mancanegara sehingga namanya mulai dikenal.

Hampir semua daerah memiliki versi soto yang berbeda. Sebut saja soto Medan, soto Padang, soto Banjar, soto Lamongan, dan lainnya.

Es Cendol

Siapa yang tak jatuh cinta dengan perpaduan santan, gula merah dan cendol? Saking jadi minuman favorit, minuman es cendol divariasikan jadi berbagai versi. Misalnya saja cendol durian, cendol nangka, cendol avokad, hingga dimodifikasikan sebagai dessert seperti parfait dan cake.

makanan tradisional di antaranya adalah cendol
Sebagai pencinta cendol, wajib kita tahu apa saja variasi es cendol kekinian. (Foto: Shutterstock)

Dari semua daftar di atas, mana yang merupakan favoritmu? Yuk, coba juga resep Soto Betawi dan Nasi Goreng Rendang sebagai rekomendasi masakan tradisional minggu ini.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.