Kebiasaan Makan Penduduk 6 Negara Tersehat di Dunia

Tim MAHI|April 20, 2018

Sama seperti Indonesia, setiap negara pasti punya makanan yang menjadi ciri khasnya. Dari makanan saja, kita bisa menilai kebiasaan makan penduduk negaranya. Sebagai contoh, Jepang dikenal akan sushi dan sashimi yang kaya protein. Kebiasaan makan sushi dan sashimi ini berimbas positif pada kesehatan penduduknya. Selain memiliki angka harapan hidup yang tinggi, tingkat obesitas di Jepang juga hanya 3,5% dari total penduduk, lho! Selain Jepang, masih ada 6 negara tersehat di dunia yang bisa kamu intip kebiasaan makan penduduknya.  Berikut TIM MAHI pilihkan untuk kamu!

Norwegia

Kebiasaan Makan Penduduk 6 Negara Tersehat di Dunia
Roti Rye mengandung lebih banyak serat. (Foto: Shutterstock)

Sebagai orang Indonesia, kita terbiasa dengan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi atau roti. Meski sama-sama doyan karbohidrat, penduduk Norwegia lebih memilih roti dengan kadar serat tinggi seperti roti jenis rye atau whole wheat. Saat jam makan malam, meja makan penduduk Norwegia selalu dipenuhi dengan hidangan serba ikan seperti salmon, sardine atau haring. Persamaan dari ketiga ikan ini? Ketiganya kaya akan omega 3, protein, zat besi, dan vitamin A.

Swiss

Sebagai salah satu negara penghasil cokelat terbaik di dunia, Swiss dikenal akan bentang alamnya yang cantik dan asri. Mirip dengan Norwegia, penduduk Swiss juga memilih roti kaya serat dibandingkan roti biasa. Satu kebiasaan makan yang patut kita contoh dari penduduk Swiss adalah mereka lebih memilih makan besar bersama keluarga atau teman di satu meja, dibandingkan nyemil sendirian di depan televisi.

Islandia

Di Islandia pecinta hidangan ikan pasti akan hidup bahagia! Kenapa? Berkat peraturan pemerintah Islandia terhadap regulasi pasokan ikan segar, penduduk negara ini mendapat kemudahan untuk mengonsumsi ikan kaya protein seperti salmon atau haring. Selain baik untuk sel otot, kandungan protein ikan yang tinggi membuat perut kita kenyang lebih lama.

Austria

Kebiasaan Makan Penduduk 6 Negara Tersehat di Dunia
Sayur organik di Austria. (Foto: Shutterstock)

Salah satu daya tarik bagi turis yang datang ke Austria adalah pasar lokalnya yang menjual aneka bahan makanan segar dan berkualitas tinggi. Hebatnya lagi, di Austria, makanan berlabel organik lebih murah dibandingkan dengan makanan berlabel non-organik. Mudahnya akses mendapatkan bahan makanan segar menumbuhkan kebiasaan makan yang sehat bagi penduduk negara ini. 

Swedia

Kebiasaan Makan Penduduk 6 Negara Tersehat di Dunia
Yogurt, cemilan favorit orang Swedia. (Foto: Shutterstock)

Kalau kamu pernah mengunjungi Swedia, kamu akan menyadari bahwa negara ini penduduknya cenderung tinggi-tinggi dan langsing. Penduduk Swedia mendapatkan sebagian besar kalori harian mereka dari sayur-sayuran hijau, biji-bijian atau ikan. Kebiasaan nyemil mereka pun sehat banget! Susu, yoghurt dan keju adalah tiga cemilan kegemaran penduduk Swedia.

Australia

Penduduk Australia doyan makan, tapi mereka juga doyan olahraga. Beruntung negaranya dikelilingi oleh pantai berombak tinggi, Australia dikenal sebagai negaranya para surfer. Soal urusan makan, penduduk Australia dikenal rajin sarapan dengan Vegemite, yaitu olesan roti yang terbuat dari ekstrak ragi yang kaya akan vitamin B dan protein.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.