Jenis Masakan


6 Inspirasi Masakan Sayur untuk Menjaga Kebutuhan Serat Harian

Simpan ke bagian favorit

Wina|Agustus 21, 2019

Kehadiran masakan sayur di atas piring saji sangatlah penting demi menjaga kebutuhan tubuh akan serat. Agar tak jadi menu yang membosankan, selain lauk, sayuran juga wajib divariasikan dengan jenis bumbu dan gaya masak yang berbeda.

Kali ini tim MAHI merangkum tujuh resep sayuran yang bisa kita coba di rumah. Bahannya mudah didapat, resepnya pun gampang dibuat. Makan sayur jadi lebih menyenangkan!

1. Resep masakan sayur tumis sawi udang

Resep masakan sayur yang satu ini juga tak sulit dibuat. Kita hanya perlu beberapa bahan utama seperti sawi putih dan cabai kering. Menu ini sangat cocok dipadukan dengan seafood seperti udang dan cumi.

Tumis Sawi Udang memerlukan waktu memasak yang relatif singkat yaitu 30 menit, bahkan kurang. Jangan lupa untuk menambahkan Royco Kaldu Ayam untuk menyempurnakan rasa masakannya.

2. Resep tumis kailan bawang putih

Tumis kailan bawang putih tersaji di piring.
Tumis kailan bawang putih praktis dibuat untuk menu sehari-hari. (Foto: Shutterstock)

Ingin resep yang lebih praktis lagi? Coba sajikan Tumis Kailan Bawang Putih yang sering ditemukan di restoran Chinese ini. Mengandung banyak manfaat untuk tubuh seperti menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi otak.

Rasa kailan memang cenderung lebih pahit dari sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kangkung. Untuk menghindari rasa yang pahit, kita bisa memilih kailan yang muda lalu potong dengan bentuk menyerong dan tipis. Perpaduan kalian dan bawang putih juga menghasilkan rasa yang lebih lezat.

3. Resep karedok

Indonesia punya beragam jenis salad tradisional seperti gado-gado, lotek, dan karedok. Kita bisa menghadirkan Karedok, salah satu makanan khas Sunda sebagai alternatif variasi masakan sayur.

Sayuran yang digunakan masih segar atau mentah sehingga kandungan gizinya masih terjamin. Saus kacang pada karedok juga memiliki rasa yang khas, yang datang dari gurihnya kacang tanah dan kencur. Masakan ini cocok disandingkan dengan makanan yang tak terlalu berbumbu seperti ayam goreng dan nasi hangat.

4. Resep semur jamur pedas

Semur jamur pedas sebagai lauk pendamping.
Semur jamur pedas jadi alternatif masakan sayur untukmu yang suka makanan dengan cita rasa kuat. (Foto: MAHI)

Semur Jamur Pedas juga bisa jadi pilihan seru untuk makan sayur. Ada banyak jenis jamur yang bisa dipilih seperti jamur tiram, jamur kancing, hingga jamur enoki. Resep yang satu ini menggunakan jamur merang yang segar.

Jamur merang kaya akan mineral seperti kalium dan zat tembaga juga protein dan fosfor. Salah satu fungsinya adalah sebagai antibakteri, sehingga cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk tubuh, sajian semur jamur pedas ini juga tidak membosankan karena ada paduan pedas manis yang pas.

5. Resep cah sayur campur

Untukmu yang menginginkan masakan sayur yang memiliki rasa kuat, resep Cah Sayur Campur bisa jadi pilihan. Sajian ini terdiri dari beberapa jenis sayuran seperti brokoli, sawi putih, dan jagung. Masing-masing memberikan tekstur yang berbeda sehingga rasanya lebih kaya.

Selain itu, ada tambahan daging sapi cincang yang menyuntikkan rasa gurih pada sajian ini. Hidangan ini cocok untukmu yang tak bisa makan tanpa daging-dagingan.

6. Resep sup ayam bening

Selain tumis dan semur, sayuran juga sering dimasak dalam bentuk sup. Untukmu yang ingin sajian kuah hangat dan sehat, Sup Ayam Bening adalah kuncinya. Menu ini juga cocok disajikan untuk anggota keluarga yang sedang sakit.

Sayuran yang dipakai adalah wortel, kentang, dan buncis. Memiliki warna yang berbeda, ketiganya mengandung khasiat yang berbeda pula. Misalnya wortel yang kaya vitamin A dan buncis yang kaya akan folat dan vitamin K. Tambahan ayam pada sajian ini juga melengkapi kebutuhan protein pada tubuhmu.

Demikian enam variasi resep masakan sayur yang bisa jadi alternatif agar tak membosankan. Simak lebih banyak lagi resep sayuran yang bisa kita coba, mulai dari tumis kangkung hingga urap sayur!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.