Rayakan Hari Bubur Sedunia, Inilah Daftar Bubur Populer Indonesia Selain Bubur Ayam

Tim MAHI|Oktober 10, 2018

Hari ini tanggal 10 Oktober ditetapkan sebagai World Porridge Day (Hari Bubur Sedunia). Seperti yang kamu tahu, Indonesia kaya akan hidangan bubur. Dari bubur gurih seperti bubur ayam, bubur tinutuan, hingga bubur manis seperti bubur sumsum atau bubur kacang hijau.

Selain bubur ayam, Tim MAHI mengumpulkan sederet daftar bubur yang wajib disantap ataupun dimasak sebagai salah satu agenda keseruan merayakan Hari Bubur Sedunia.

Bubur Gunting

Bubur manis ini merupakan bubur khas peranakan Tionghoa di Pontianak. Bubur gunting disebut juga tau suan yang dibuat dari kacang hijau kupas, tepung tapioka, dan cakwe. Kenapa disebut bubur gunting adalah karena ciri khasnya diberi topping cakwe yang dipotong menggunakan gunting. Kalau kamu jalan-jalan ke Pontianak, masukkan bubur manis ini ke dalam daftar wisata kuliner kamu, ya!

Bubur Kampiun

Ini adalah bubur manis paling seru menurut tim MAHI. Untuk membuat semangkuk bubur kampiun, dibutuhkan banyak komponen seperti bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, kolak pisang, bubur candil, dan srikaya. Heboh, kan? Kamu bisa dengan mudah menemukan bubur ini di rumah makan atau kedai yang menyajikan jajanan khas Sumatera Barat.

Trivia: Karena isinya yang begitu bermacam-macam dan menyatukan segalanya, itulah kenapa bubur ini disebut “kampiun” atau champion dalam Bahasa Inggris. Memang sang juara bubur ini!

hari bubur sedunia
Indonesia punya banyak jenis bubur ayam. Yang terpopuler adalah Bubur Cirebon, Sukabumi, dan Cianjur. (Foto: Shutterstock)

Bubur Manado

Atau populer disebut bubur tinutuan. Bubur ini sehat sekali karena berlimpah bahan-bahan yang baik untuk tubuhmu, seperti daun melinjo, kangkung, kemangi, ubi, dan labu. Disajikan bersama ikan asin dan sambal yang tentunya akan menambah mantap semangkuk bubur panas ini.

Bubur Pedas

Bubur ini juga merupakan masakan khas Kalimantan Barat. Populer sebagai jajanan kaki lima, bubur pedas pun tak kalah berlimpah sayuran seperti wortel, kacang panjang, pakis, dan kangkung. Ciri khas dari bubur ini adalah beras disangrai lalu ditumbuk dan menggunakan daun kesum dan kelapa parut sangrai.

Le Bu Kanji atau Bubur Kanji Rumbi

Adalah bubur khas provinsi Aceh. Bubur ini merupakan salah satu masakan yang hadir berkat pengaruh India. Cirinya adalah kehadiran rempah bernuansa kari seperti pekak, merica, ketumbar, adas manis, pala, dan kayu manis. Di bulan Ramadan, bubur ini populer sebagai salah satu hidangan buka puasa.

hari bubur sedunia
Bubur Gudeg khas Yogyakarta ini sangat identik dengan sarapan pagi. (Foto: Shutterstock)

Bubur Mengguh

Khas dari Bali dengan topping urap kacang panjang dan suwiran daging ayam. Dalam bahasa Bali, bubur ini biasa disebut bubuh mengguh (bubuh adalah bahasa Bali untuk bubur). Selain sebagai makanan sehari-hari, bubur mengguh juga sering disajikan pada upacara adat.

Jadi, apa pilihan yang terbaik untuk merayakan Hari Bubur Sedunia? Jangan lupa mampir bagian resep kami untuk mencari inspirasi memasak bubur hari ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.