Yuk, Coba Cara Menghitung Kalori Yang Benar

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Agustus 28, 2018

Sudah benarkah cara menghitung kalori sesuai kebutuhanmu? Kamu wajib tahu bahwa setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Faktor jenis kelamin, usia, berat badan, hingga target penyesuaian berat badan membuat angka kebutuhan kalori tiap orang tak sama.

Sebelum mulai diet dan berhitung dengan kebutuhan kalorimu, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi. Kebutuhan kalori dan gizi sehari-hari merupakan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses dasar; seperti bernapas, sirkulasi darah, serta aktivitas fisik sehari-hari yang berkaitan dengan jumlah kalori yang akan dibakar.

cara menghitung kalori
Agar cara menghitung kalori kamu benar, pahami dulu kebutuhanmu. (Foto: Shutterstock)

Kesalahan dalam menghitung kebutuhan kalori akan menyebabkan kekurangan atau kelebihan asupan kalori yang keduanya tak baik untuk tubuh kita. Kekurangan kalori akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan sebaliknya jika kamu terlalu banyak mengonsumsi kalori dan tidak mengimbanginya dengan aktivitas fisik, maka tubuh akan menyimpan lemak.

Kebutuhan kalori rata-rata wanita dengan kegiatan normal dalam sehari adalah 2500 kalori. Nah, jika kamu ingin menaikkan atau menurunkan berat badan, mulailah membuat daftar aktivitas keseharianmu dan target kenaikan berat badan. Jangan lupa konsultasikan juga dengan ahli gizi.

cara menghitung kalori
Kamu butuh hidangan yang komplit setiap harinya. (Foto: Shutterstock)

Ingat, aktivitas fisik yang berat dan aktif juga wajib dibarengi dengan asupan gizi yang sesuai agar tubuhmu tak lantas lemas apalagi kekurangan nutrisi. Ini wajib diingat bagi kamu yang senang mengikuti agenda lari atau senang menghabiskan waktu di pusat kebugaran.

Beberapa hal ini juga wajib kamu ketahui sebagai pertimbangan dalam mengisi kebutuhan kalori harianmu.

  • Asupan protein biasanya berkisar 35% dari kebutuhan harian secara keseluruhan. Misalnya daging ayam tanpa lemak (pilih fillet dada ayam tanpa kulit), ikan, dan daging tanpa lemak (pilih daging sapi has dalam).
  • Protein juga bisa didapat dari yogurt, kacang almond, edamame (kedelai Jepang), serta olahan kacang kedelai (susu kedelai, tempe, tahu).
  • Konsumsi juga lemak baik dengan jumlah yang cukup. Misalnya alpukat, kacang-kacangan, ikan, minyak zaitun, dan lainnya.
  • Dalam satu hari porsi makan, usahakan total karbohidrat berkisar di antara sekitar 180-240 gram. Agar tak bosan, variasikan nasi putih dengan nasi merah, brown rice, gandum utuh, kacang-kacangan, pasta, atau kentang.
  • Sajikan selalu sayuran dan buah-buahan setiap harinya. Variasikan jenis sayuran dan cara mengolahnya, serta¬† buah-buahan agar tak lekas bosan. Setiap warna sayur dan buah memiliki manfaat yang berbeda. Untuk mendapat semua manfaatnya, sebaiknya kamu mengisi harimu dengan kombinasi sayur dan buah yang berbeda warnanya. Misalnya cap cay sayuran, mixed juice (bit, mentimun, apel, dan lemon), sup sayuran, atau smoothies buah-buahan.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.