7 Makanan Khas Palembang yang Jadi Populer Lagi

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Agustus 4, 2018

Semua mata tertuju pada Palembang, salah satu dari dua kota yang menjadi tuan rumah dari pesta olahraga terbesar di Asia tahun ini. Salah satu persiapan untuk menyambut kedatangan para pengunjung yang akan memeriahkan perhelatan ini tentu berkaitan dengan makanan. Apalagi Palembang begitu legendaris untuk urusan kuliner. Berikut adalah 7 makanan khas Palembang yang wajib untuk dicoba saat bertandang ke sana!

1. Mie Celor

Selain pempek, mie celor adalah yang terpopuler dari Palembang. Resep legendaris satu ini berfokus pada kekayaan kuahnya yang mengandung santan. Rasa kuahnya mengandung udang dan akan ditambahkan telur sehingga lebih mengental. Untuk yang satu ini, MAHI sudah punya versi mudah dan sehatnya – Mie Celor Tanpa Santan!

2. Tekwan

Penggunaan boga bahari kembali begitu kentara terlihat pada masakan klasik yang satu ini. Seperti pempek, tekwan juga menggunakan ikan tenggiri. Daging ikan dibentuk seperti bulatan kecil-kecil dan dibalur ringan oleh tepung tapioka untuk kemudian direbus di dalam kuah udang atau ebi. Masakan ini kemudian tersaji bersama bihun, jejamuran, bengkoang, dan juga bawang daun serta seledri.

3. Pindang Patin

Kalau ditanya jenis ikan apa yang terkenal di Palembang selain tenggiri, tentu jawabnya adalah ikan patin. Ikan berukuran besar ini memiliki kekhasan tersendiri soal rasa serta teksturnya. Pindang patin menjadi cara tersendiri para warga Palembang untuk mengolah ikan hebat yang satu ini. Jangan lupa simak video resepnya dari MAHI!

4. Laksan

Masih tidak jauh-jauh dari ikan, kali ini ada sarapan khas Palembang yang namanya laksan. Menu yang satu ini sedikit mirip dengan pempek, namun adonan ikannya cukup direbus di dalam kuah santan. Ditambah telur rebus, satu porsi laksan memiliki cita rasa lezat yang wajib para penggemar kuliner coba saat bertandang ke kota ini!

5. Pempek Panggang

Kurang lengkap rasanya bila tidak menyebutkan pempek di dalam daftar makanan khas Palembang. Pempek klasik dengan beragam jenisnya tentu sudah pernah dicoba semua orang. Namun bagaimana dengan yang satu ini? Pempek panggang adalah namanya dan sekarang kita simak cara membuatnya sebagai berikut.

6. Kue Gandus

Makanan khas Palembang berikutnya mungkin banyak disamakan dengan kue talam khas Betawi. Memang sekilas bentuknya mirip, tapi yang namanya khas Palembang ternyata ada saja sentuhan rasa boga baharinya. Setelah dikukus matang, kue yang terbuat dari tepung beras ini kemudian dilengkapi oleh ebi, seledri, bawang daun, dan juga cabai. Sudah pernah mencobanya?

7. Kue Delapan Jam

Siapa bilang Palembang tidak punya kue-kue dengan rasa manis? Yang satu ini diambil namanya sesuai dari lama waktu mengukusnya – betul, selama delapan jam! Kue bangsawan masa lalu Palembang ini terdiri dari adonan telur bebek, telur ayam, gula, mentega, gula, dan susu. Selain itu kue ini juga tahan cukup lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta yang menanti di rumah.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.