6 Tips Jalankan Pola Hidup Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Wina|Agustus 10, 2018

Bagaimana cara menurunkan berat badan sepertinya selalu menjadi isu hangat setiap generasi, terlebih di eranya para millennial sekarang ini. Merebaknya segala fitur media sosial seolah semakin mendorong kita semua untuk selalu tampil menarik di depan kamera ataupun ketika live. Nah berikut ini adalah pola hidup sehat yang bisa kamu jalani dengan mudah demi mencapai berat badan ideal itu!

1. Jangan Lewatkan Makan Pagi!

pola hidup sehat
Kesempatan untuk makan pagi bernutrisi akan membantu melewati harimu dengan maksimal. (Foto: Shutterstock)

Yang satu ini awalnya datang dari persepsi keliru bahwa melewatkan makan pagi berarti bisa memotong jumlah kalori. Justru yang ada kita malah bisa berakhir makan lebih banyak dari semestinya karena menahan lapar dari pagi. Bahkan menurut penelitian para dokter, mereka yang bersantap sarapan pagi justru memiliki tingkat indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dan memiliki kinerja tubuh lebih baik.

Kalau kamu khawatir dengan apa yang semestinya disantap saat pagi hari, mungkin sudah waktunya untuk menyiapkan sarapan sehatmu sendiri. Misalnya saja sereal dengan buah-buahan dan susu rendah lemak, smoothie bowl, salad, dan banyak kombinasi sehat lainnya.

2. Makan Lebih Banyak Sayur dan Buah

pola hidup sehat
Stok buah dan sayur lebih banyak daripada mie instan ataupun daging olahan. (Foto: Shutterstock)

Menggantikan berbagai makanan berkalori tinggi dan berkolesterol, kita bisa memilih untuk menyiapkan lebih banyak sayur dan buah segar di rumah. Setelah makan pagi dengan sereal misalnya, kita bisa menyiapkan makan siang seperti salad ataupun sup.

Cara lainnya adalah dengan menambahkan sayur ataupun buah dalam menu makan sehari-hari kita, termasuk untuk camilan. Dengan demikian asupan kita terdiri atas beragam vitamin, mineral, serat, dan banyak nutrisi-nutrisi lainnya.

3. Ganti dengan Karbohidrat Sehat

Kemudahan hidup di zaman now adalah ketersediaan begitu banyaknya karbohidrat sehat selain apa yang secara tradisional kita makan. Misalnya saja kita bisa mulai mengonsumsi whole grains (sereal utuh) daripada yang olahan seperti roti putih, kue-kue, serta kukis. Contohnya adalah dengan mengonsumsi roti gandum, popcorn, biskuit gandum, ataupun nasi merah sebagai pengganti nasi putih.

4. Mengatur Porsian dengan Bijak

Misalnya cara-cara lain menurunkan berat badan masih dianggap sulit, inilah satu cara yang paling simpel luar biasa. Turunkan sekitar 10% – 20% porsi makan sehari-hari kamu, maka berat badan-pun akan ikut turun. Patut diingat kalau biasanya kita cenderung menyiapkan porsian sendiri terlalu banyak di rumah ataupun ketika disiapkan restoran. Keuntungan lainnya dari cara ini adalah kita masih bisa menyantap makanan-makanan yang kita sukai tanpa harus berdiet.

5. Bergerak Lebih Banyak

pola hidup sehat
Membiasakan olahraga seringan apapun pasti bermanfaat untuk tubuh. (Foto: Shutterstock)

Heits, tenang dulu. Bergerak lebih banyak bukan berarti harus olahraga terlampau keras kok. Apapun format olahraganya pasti bermanfaat bagi pola hidup sehat kamu. Yang terpenting adalah kamu menyukainya dan bisa rutin melakukannya. Tidak perlu sampai keluar puluhan juta rupiah dengan mengikuti satu jenis olahraga yang membuatmu stress karena tidak betah.

Kalau itu masih dirasa merepotkan, maka yang bisa kamu lakukan adalah berjalan lebih banyak. Begitu banyak aplikasi di handphone kini yang dapat menghitung jumlah langkahmu sehari-hari. Usahakan mencapai sekitar 10,000 langkah per hari agar maksimal. Kamu bisa melakukannya dengan berjalan dari stasiun KRL menuju kantor, menyeberangi jembatan Transjakarta, ataupun ketika sedang menelpon orang.

6. Banyak Minum

Inilah satu kunci penting dalam menjaga pola hidup sehat. Namun minum juga tidak boleh sembarangan, terlebih untuk yang manis-manis karena mengandung kalori tinggi. Sebagai alternatifnya – biasakan meminum air saja, infused water, susu rendah lemak, atau jus buah segar. Hindari jus buah kemasan yang biasanya sudah mengandung gula dan terbuat hanya dari konsentrat.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.