Jenis Masakan


Mengenal Air Fryer, Penggorengan Listrik Canggih yang Menyehatkan

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Juni 20, 2019

Air fryer kini jadi salah satu alat masak wajib punya bagi mereka yang sedang menerapkan gaya hidup sehat tanpa mengonsumsi gorengan. Berbentuk cukup bulky bak robot, alat masak ini menawarkan kemudahan menggoreng secara sehat tanpa menggunakan banyak minyak. Kini, kita bisa mengonsumsi gorengan tanpa merasa bersalah. Ide bagus, bukan?

Air fryer berwarna putih.
Terdapat berbagai bentuk lain dari air fryer. (Foto: Shutterstock)

Bagaimana cara menggoreng makanan dengan alat ini? Seperti apa, ya, cara kerjanya? Masakan apa saja yang bisa diolah memakai penggorengan canggih ini? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Cara kerja air fryer

Alat ini mematangkan makanan dengan menggunakan udara panas yang beredar dengan kecepatan tinggi. Dengan kecepatan tersebut, udara panas menjalar dengan rata di seluruh permukaan sehingga membuat makanan seolah sedang dimasak secara deep-fried seperti ketika kita menggoreng nugget ikan. Air yang terkandung dalam makanan menjadi menguap, sehingga makanan yang dihasilkan bertekstur renyah.

Fungsi air fryer

Fungsi utamanya adalah menggoreng makanan dengan sedikit atau tanpa minyak. Menggoreng makanan dengan air fryer bisa mengurangi kandungan lemak tak jenuh hingga 80% dibandingkan dengan proses penggorengan biasa. Makanan yang dihasilkan tentu menjadi lebih sehat karena terbebas dari beragam efek buruk minyak seperti kolesterol tinggi.

Ayam bakar air fryer.
Rupanya ayam panggang juga bisa dimasak menggunakan air fryer! (Foto: Shutterstock)

Selain untuk menggoreng, ada fungsi lain yang bisa kita dapatkan dari robot kecil ini. Salah satunya adalah memanggang kue. Kita bisa menggunakan air fryer seperti oven dengan mengatur pre-heat di suhu tertentu sesuai dengan kematangan yang kita inginkan dan bahkan untuk sekadar menghangatkan makanan.

Cara pakai air fryer

Cara memasak menggunakan penggorengan elektrik ini cukup sederhana dan mudah. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses memasak menjadi lebih optimal. Berikut ulasannya.

1. Mengeringkan makanan sebelum digoreng 

Jika ingin menggoreng makanan seperti kentang goreng, pastikan kentang dalam keadaan kering atau tidak mengandung banyak air. Begitupun dengan makanan lain seperti ayam dan daging. Semakin banyak air yang dikandung bahan makanan, semakin sulit air fryer untuk menghasilkan tekstur yang garing.

2. Panaskan terlebih dahulu 

Sama seperti halnya oven, penggorengan ini butuh dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Kondisi air fryer yang telah panas membuat proses menggoreng jadi lebih cepat dengan hasil maksimal.

3. Hindari memasukkan bahan makanan terlalu banyak

Meski ruang di dalam air fryer cukup besar, kita tidak bisa memasukkan banyak makanan sekaligus ke dalamnya. Jika isinya terlalu penuh, tingkat kematangan yang dihasilkan menjadi tidak sama sehingga rasanya pun tidak maksimal.

Air fryer memasak kentang.
Contoh penggunaan air fryer yang tepat – tidak memasukkan terlalu banyak makanan. (Foto: Shutterstock)

4. Perhatikan takaran minyak 

Ukuran minyak yang digunakan saat memasak dalam air fryer juga tetap harus diperhatikan. Jangan sampai jumlahnya terlalu sedikit atau terlalu banyak. Umumnya, kita hanya membutuhkan satu hingga dua sendok makan minyak untuk menggoreng. Bahkan, ada makanan yang tidak perlu menggunakan minyak sama sekali saat dimasak.

5. Bersihkan secara rutin

Sama dengan alat masak lainnya, alat ini wajib dibersihkan secara rutin. Cara membersihkannya memang sedikit berbeda, bagian luar dapat dibersihkan menggunakan lap, sedangkan bagian dalam bisa dibersihkan menggunakan spons cuci piring yang lembut dan air hangat.

Untuk bagian yang sulit dibersihkan, kita bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut. Pastikan untuk tidak menyikatnya terlalu keras. Gunakan kain lap bersih untuk mengeringkan bagian yang telah dibersihkan. Inilah waktunya menggoreng tanpa rasa bersalah!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.