7 Makanan Ramadhan yang Jadi Jodohnya Ketupat

7 Makanan Ramadhan yang Jadi Jodohnya Ketupat
Maddie |

Setuju nggak, kalau Lebaran itu makin syahdu jika dirayakan di kampung halaman bersama keluarga tersayang? Sebagai salah satu penghuni baru ibu kota, bulan puasa sering membuat aku mendadak melankolis. Ketika sahur mendadak ingat ayah, mau berbuka puasa langsung ingat makanan Ramadhan buatan bunda. Pokoknya bulan puasa ini serba baper! Tapi jangan sedih berlarut-larut ah, semua kebaperan ini akan terbayar ketika menyantap makanan Ramadhan bersama keluarga.

Mulai dari ketupat, opor, sampai es buah. Sama seperti aku, keluargaku suka makanan sehat, dan mereka sangat kreatif dalam mengolah makanan Ramadhan yang variatif namun tetap sehat. Berikut aku berikan contekan 7 makanan Ramadhan yang jadi jodohnya ketupat.

Rendang Tuna

7 Makanan Ramadhan yang Jadi Jodohnya Ketupat
Teskstur tuna ternyata tidak beda jauh dengan daging sapi lho! (Foto: Shutterstock)

Tiap keluarga boleh punya sajian Lebaran sendiri tapi kalau rendang, wajib hukumnya! Semenjak ayahku kolesterolnya naik, bunda selalu membuat masakan alternatif daging, contohnya ikan atau telur. Sebagai makanan Ramadhan, rendang tuna ini cocok dipasangkan dengan ketupat karena bumbunya yang legit. Rendang tuna ini bisa dibilang menu yang unik karena kurang ngetop dibandingkan ‘sepupunya’, si rendang sapi. Tidak seperti rendang sapi yang menguras waktu hingga empat jam, rendang tuna ini membutuhkan waktu yang tidak lama dalam memasaknya.   

Tongseng Jamur

Menu ini masih terinspirasi oleh ayah. Namanya juga sudah berumur, pasti banyak pantangan makanan ini-itu. Ayahku itu paling doyan makan tongseng, kalau tidak dijudesin oleh bunda, pasti setiap hari akan makan tongseng. Semenjak kolesterol beliau naik, bunda mencoba memasak tongseng dengan aneka sayur, eh ternyata tongseng jamur rasanya oke juga! Tekstur jamur tiram sangat lembut dan kenyal, mendekati tekstur daging.

Gulai Nangka

7 Makanan Ramadhan yang Jadi Jodohnya Ketupat
Suka makan nasi padang? Pasti familiar dengan sayur ini. (Foto: Shutterstock)

Gulai nangka ini cukup simple, hidangan ini berbahan dasar nangka muda yang diolah bersama aneka rempah rempah segar sehingga menghasilkan sayuran berkuah yang kaya bumbu. Karena kita sekeluarga bukan penggemar santan, maka santan diganti dengan susu almond. Takut rasanya berubah? Percaya deh, kalau kamu tidak diberitahu, pasti tidak akan tau perbedaan kuah gulai santan dengan kuah gulai susu almond. Sama-sama gurih!

Sate Taichan

Nah, kalau teman makan ketupat yang satu ini adalah ‘pendatang baru’ di meja makan keluargaku saat Lebaran. Jadi ceritanya ketika aku pulang ke rumah tahun kemarin, aku iseng masak sate taichan untuk makan malam, eh ternyata ludes diserbu. Menurut aku, sate taichan ini adalah pilihan paling aman untuk kamu yang suka sate tapi tetap ingin hidup sehat. Meski sama-sama dibakar, sate taichan tidak diberi bumbu kecap atau kacang seperti sate pada umunnya. Sate taichan disajikan bersama sambal dan perasan jeruk nipis. Kalau tidak punya arang untuk membakar, kamu bisa memasak dengan menggunakan panci tanpa minyak.

Opor T3 (Telur, Tahu, Tempe)

Adikku punya panggilan kesayangan untuk menu yang satu ini, opor protein katanya. Kenapa? Isian opor ini adalah telur, tahu, dan tempe. Pesta protein! Sebenarnya daging ayam sudah cukup sehat, asalkan tidak dimasak dengan kulitnya,

Semur Labu Siam

Kalau menu yang ini adalah hidangan andalan bunda. Kata beliau sih, dia sudah jago masak semur labu siam semenjak masih pakai seragam putih abu. Rahasia dari kelezatan menu ini ada di penggunaan kecap berbahan kedelai hitam. Lebih manis dan gurih.

Ayam Betutu

7 Makanan Ramadhan yang Jadi Jodohnya Ketupat
Kelihatan mewah ya! Ayam Betutu ini memang spesial. (Foto: Shutterstock)

Siapa sih yang tidak suka dengan olahan ayam berbumbu? Kalau ayam betutu ini ada di atas meja makan saat Lebaran, artinya sedang ada tamu kehormatan. Meski tidak susah, mengolah ayam betutu ini perlu kesabaran. Ayam harus diungkep setidaknya selama dua jam hingga benar-benar lembut dan bumbu meresap sempurna.  

Exit mobile version