Macam-Macam Peralatan Dapur Ramah Anak agar Semangat Belajar Masak

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Juli 3, 2018

Dengan mengajak si kecil untuk aktif membantu bunda di dapur, mereka akan lebih menghargai makanan dan melatih kreativitas dalam berpikir. Memiliki buah hati yang sigap membantu tugas rumah tangga seperti menyiapkan makanan di dapur dan paham cara menggunakan macam-macam peralatan dapur tentu adalah impian setiap orang tua. Berikut adalah macam-macam peralatan dapur ramah anak agar semangat belajar memasak!

1. Mangkuk Warna Warni

Macam-Macam Peralatan Dapur
Semakin kontras warna mangkuk, semakin semangat di kecil melakukan ‘tugasnya’. (Foto: Shutterstock)

Si kecil masih berusia 18 bulan – 3 tahun tapi sudah semangat membantu bunda di dapur? Jangan ragu untuk mengajaknya menyiapkan bahan masakan atau menggunakan alat masak sedari dini.

Di usia 18 bulan – 3 tahun, si jagoan kecil sudah bisa diajarkan tentang istilah “cangkir”, “sendok makan”, atau “sendok teh”. Bebaskan dia untuk mengukur dan mencampur bahan kering dalam mangkuk warna-warni (colorful prep bowl). Warna yang mencolok seperti kuning, merah, hijau, atau warna favorit mereka akan menumbuhkan rasa penasaran mereka dalam memasak.

2. Pengupas Buah dan Sayur

macam-macam peralatan dapur
Membiasakan mengupas buah atau sayur sedari dini akan menjadikan anak tidak takut lagi dalam melakukan prosesnya. (Foto: Shutterstock)

“Bunda, aku boleh bantu kupas wortel ini?” Bayangkan wajah si kecil yang manis meminta ingin ikut membantu bunda di dapur. Mau menolakpun rasanya tidak tega. Alat pengupas memang bikin deg-degan para orang tua, padahal jika dia tidak diajari sejak dini maka si kecil tidak akan pernah belajar. Kadang yang terbaik adalah dengan hati-hati membiasakan sejak awal agar aman dan terlatih.

Kebanyakan alat pengupas memiliki pisau putar stainless steel yang menyesuaikan dengan bentuk makanan yang dikupas. Si kecil bisa berlatih dulu dengan mengupas wortel. Pegang pengupas di tangan dominan dan wortel di tangan yang lain. Pegang wortel di bagian atas, dan mulailah mengupas kulit wortel dari bawah ke atas dengan menggunakan sedikit tekanan. Putar wortel untuk mengupas bagian kulit yang lain.

3. Pisau

Macam-Macam Peralatan Dapur
Kini kompetisi masak internasional sudah menggunakan jenis pisau yang aman dipakai anak-anak. (Foto: Shutterstock)

Pisau adalah alat yang sangat penting di dapur dan memang perlu untuk dilatih sejak dini untuk cara memakainya yang baik. Jika bunda belum merasa nyaman membiarkan si kecil memegang pisau dapur, maka alternatifnya adalah pisau plastik. Sebelum bunda membiarkan si kecil menyentuh pisau pertama mereka, demonstrasikan dahulu cara memegang dan menggunakan pisau. Berikan juga tips menghindari luka karena teriris.

Mulailah dengan memberikan bahan makanan dengan tekstur lembut seperti kiwi, mangga, dan mentimun untuk dipotong. Hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, bagaimanapun juga namanya sedang belajar. Jadikan sebagai pelajaran dan terus motivasi si kecil untuk terus belajar. Jangan lupa untuk selalu membimbingnya setiap saat.

4. Sarung Tangan

Macam-Macam Peralatan Dapur
Selain melindungi tangan si kecil, sarung tangan untuk anak ternyata imut dan lucu! (Foto: Shutterstock)

Jika si kecil masuk ke golongan usia 10-12 tahun, bunda sudah boleh memberikan kebebasan bersyarat untuk berkreasi di dapur. Anak di usia ini sudah dapat bekerja secara mandiri di dapur. Pastikan mereka telah belajar keterampilan dapur dasar untuk membuat makanan. Tetap berikan aturan khusus misalnya seperti menggunakan sarung tangan saat mengangkat gagang panci atau membuka oven.

5. Spatula Warna Warni

Macam-Macam Peralatan Dapur
Berawal dari belajar menggunakan spatula, pada akhirnya si kecil akan bisa memasak bekal mereka sendiri. (Foto: Shutterstock)

Di usia 9 – 12 tahun, bunda sudah bisa memberikan tugas yang lebih serius seperti menumis bumbu atau mengaduk makanan yang ada di panci. Ingin mereka lebih pintar lagi? Ajari cara melelehkan mentega dalam wajan agar mereka bisa menggoreng telur, menumis sayuran, tahu, ataupun daging. Pastikan minyak atau mentega sudah panas sebelum memasukkan makanan. Jika menggunakan wajan anti lengket, ajari mereka untuk menggunakan spatula kayu untuk menghindari goresan pada permukaan panci.

Mudah-mudahan beberapa tips singkat tadi bisa memotivasi bunda bersama si kecil untuk memulai memasak di dapur bersama-sama. Selain itu, bunda juga bisa memulai berinvestasi untuk macam-macam peralatan dapur yang ramah anak ini. Semoga bermanfaat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.