5 Ide Cemilan Lebaran untuk Kamu Buat di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Mei 24, 2018

Lain musim, lain juga jenis cemilannya. Begitupun halnya di saat Ramadhan, begitu melimpah beragam jenis cemilan untuk dinikmati saat ini. Apa sajakah cemilan Lebaran yang paling populer di Indonesia? Berikut adalah lima di antaranya.

Sebelum masuk ke daftar cemilan paling populer saat Lebaran, inilah saat yang tepat untuk memutuskan sesuatu yang penting. Saat Ramadhan selain selalu mencari cara asyik setiap hari untuk ngabuburit, bulan ini adalah waktu yang pas untuk mulai belajar memanggang kue bukan? Atau mungkin sudah cukup pengalaman? Sekaranglah saatnya menunjukkan kebolehanmu!

Sebetulnya cemilan Lebaran bukan soal memanggang kue saja. Banyak makanan kecil lainnya yang bisa dicoba dan bahkan lebih mudah dibuatnya. Ayo kita singsingkan lengan baju dan mulai mencoba membuatnya untuk ngabuburit hari ini!

Nastar

Lebaran kurang rasanya tanpa kehadiran nastar. (Foto: Shutterstock)

Kudapan peninggalan kolonial Belanda ini menjadi satu menu khas yang populer di seluruh Indonesia dan sebagian negeri Asia Tenggara lainnya.

Nastar atau “nanas tart” memiliki rasa lembut, manis, dan sangat nikmat untuk dikudap. Meskipun kini tersedia sepanjang tahun, menikmati nastar memang paling ikonik saat Lebaran maupun hari raya lainnya.

Kastengel

cemilan lebaran
Kurang lengkap rasanya nastar tanpa teman baiknya – kastengel. (Foto: Shutterstock)

Kalau nastar adalah versi manisnya, kaasstengels atau biasa orang Indonesia menuliskannya kastengel alias kue keju — adalah satu jenis kudapan hari raya yang sama populernya.

Keju untuk kue ini berasal dari jenis yang sudah agak tua umurnya, kemudian dicampur dan juga diparut di atas setiap kukisnya. Setelah dipanggang, teksturnya renyah dan begitu gurih. Pasti bawaannya ingin tambah terus!

Rengginang

Yang satu ini MAHI jamin pasti selalu jadi favoritmu bukan? Rengginang terbuat dari nasi ketan yang dibumbui gurih dan kemudian dibentuk bulat dan tebal. Setelah dijemur, rengginang kemudian digoreng hingga renyah dan rasanya begitu gurih dan nikmat.

Tapi uniknya, meskipun kalah pamor dengan yang asin, rengginang juga memiliki versi manisnya. Sudah pernah coba?

Kacang Goreng

Kalau soal kacang-kacangan, Indonesia adalah salah satu negeri di dunia yang memiliki paling banyak cemilan menggunakan ini. Meski jenis kacang-kacangannya masih yang biasa dipakai sehari-hari tapi tetap tersaji dengan keunikannya masing-masing.

Sebut saja berbagai nama mulai dari kacang bawang, kacang telur, kacang Bogor hingga kacang pilus alias “sukro” kalau kata orang Sunda. Kudapan-kudapan ini memang biasa dinikmati setiap saat atau ketika menonton sepakbola, tapi saat Lebaran-pun tetap spesial.

Biji Ketapang

cemilan lebaran
Kue biji ketapang, pilihan klasik Lebaran khas Betawi. (Foto: Shutterstock)

Kue biji ketapang adalah sahabatnya dodol Betawi dan dua-duanya sering tersedia saat Lebaran. Meski namanya demikian, kue ini bukanlah biji dari pohon ketapang. Hanya saja bentuknya mirip.

Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, mentega, gula, santan, dan parutan kelapa agar lebih renyah. Kalau kue umumnya dipanggang, tapi biji ketapang ini justru digoreng. Rasanya manis dan gurih.


Ayo, ingin coba membuat cemilan Lebaran yang mana dulu? Atau ada kudapan lainnya yang lebih disukai? Indonesia begitu kaya dengan banyak cemilannya dan pastinya lebih seru kalau tidak hanya sekadar membeli dan menikmatinya begitu saja.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.