Ragam Tips Membuat Bekal Anak untuk Menambah Nafsu Makannya

Simpan ke bagian favorit

Wina|Agustus 23, 2018

Bekal anak yang kaya nutrisi wajib terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran, dan lemak. Dalam menyiapkan bekal anak yang komplit, selain soal waktu memasak, ibu juga dituntut kreatif agar momen membuka bekal makanannya selalu menjadi kejutan menyenangkan baginya.

Presentasi yang menarik jadi kunci keberhasilan agar anak bahagia dan doyan melahap bekalnya. Sebagai inspirasi, ibu dapat mengolah salah satu atau dua jenis hidangannya dengan permainan warna atau bentuk-bentuk makanan yang bervariasi agar nafsu makannya bertambah.

Karbohidrat

Ada beberapa cara menyajikan sumber karbohidrat agar menjadi tampilan yang berbeda dari biasanya. Contohnya adalah sebagai berikut:

Nasi goreng tomat: Warna merah dari nasi goreng tomat akan memikat si kecil. Hiasi dengan irisan telur dadar   di atasnya.

Nasi gulung: Sendokkan nasi ke atas lembaran nori. Gulung, lalu potong-potong. Ibu juga bisa mengisinya dengan irisan sayuran dan daging.

Nasi uduk ungu: Buat nasi uduk ungu dengan mengambil warna ungu alami dari bunga telang.

Protein

Tahu – tempe: Buat tempe orek atau tahu nugget yang dicetak dalam beberapa bentuk.  Misalnya seperti bentuk binatang, huruf abjad, atau bentuk lainnya yang membuat si kecil lebih tertarik.

Ikan goreng: Potong-potong ikan menjadi kotak kecil, lalu goreng dengan adonan tepung.

Ayam panggang: Pilih potongan daging ayam yang menjadi kegemaran si kecil. Misalnya paha bawah atau sayap.

bekal anak
Nugget bentuk dinosaurus. (Foto: Shutterstock)

Sayuran

Jika karbohidrat dan protein sudah dibuat menarik, agar tak terlalu repot, hidangan sayuran bisa dibuat sepraktis mungkin. Misalnya campuran sayuran campur yang ditumis, seperti wortel, jagung pipil, dan buncis bisa ditumis. Sayuran juga dapat dimasak bersama bahan protein lain, misalnya telur.

Contoh masakan yang bisa dibuat adalah seperti: Tumis Buncis Telur, Cah Ayam Jamur, atau Daging Sapi Brokoli.

Lemak

Ibu dapat memilih lemak berbahan daging, ikan, telur, atau olahan hewani seperti keju dan mentega. Selang seling jenis lauk dan cara memasaknya agar si kecil tak lekas bosan.

Contoh hidangannya adalah Steak Daging Saus Tomat dan Ayam Goreng Saus Mentega.

Selain bahan-bahan di atas, ibu juga bisa menyiapkan menu sepinggan atau one dish meal, menu ini adalah menu praktis yang sudah mengandung semua kebutuhannya. Dalam seporsi bekal sudah mengandung karbohidrat, lauk, dan sayuran.

Misalnya saja seperti Nasi Goreng Daging Giling Sayuran, Pangsit Kuah, Nasi Bakar Ayam, atau Mie Goreng Ayam Sayuran.


Hal-Hal Lain yang Perlu Dipersiapkan

Untuk menyajikan presentasi bekal anak yang menggemaskan, ibu butuh bantuan alat-alat ini untuk memudahkan prosesnya, seperti:

  1. Cetakan nasi aneka bentuk

Banyak tersedia di pasaran, biasanya cetakan ini digunakan untuk membuat bento anak.

bekal anak
Cetakan kelinci ini bisa digunakan untuk nasi, telur, atau nugget. (Foto: Shuterstock)

2. Cetakan kue kering atau cetakan kukis

Cetakan berbahan logam, silikon, atau plastik berbentuk binatang atau buah-buahan ini bisa didapat di toko bahan kue.

3. Pisau kecil

Pisau yang berbilah tajam dan tipis ini bisa digunakan untuk membentuk sayuran dan hidangan lain dengan rapih dan cantik.

4. Gunting

Biasanya digunakan untuk membentuk atau memotong bahan yang teksturnya tipis. Misalnya nori, dedaunan, dan lainnya.

5. Pinset

Untuk membuat bento yang detail, biasanya para pembuat bento memperkuat karakter makanannya dengan bantuan pinset karena ukuran bahannya kecil. Misalnya untuk memberi mata, rambut, atau hidung, dan lainnya.

Bagaimana dengan usul-usul tadi untuk membuat bekal anak jadi lebih seru? Jangan lupa kunjungi resep-resep lain untuk mencari inspirasi lainnya. Semoga bermanfaat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.