6 Tips Masak Makan Siang Bekal ke Kantor

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|April 20, 2018

Halo semuanya! Denger-denger ada yang sedang suka masak, eh maksudnya ingin belajar masak gara-gara lihat postingan masakan teman di instagram. Setiap siang, teman kamu ini selalu posting foto bekal makan siang dia yang enak-enak. Hebatnya, dia masak sendiri lho! Nah, masa dia yang pergi pagi pulang malam saja bisa masak bekal, kamu kok masih tetap jajan di luar? Mau jago masak seperti teman kamu? Nih, Chef Panji kasih 6 tips masak makan siang bekal ke kantor. 

Prioritaskan menu yang simple dan sehat

6 Tips Masak Makan Siang Bekal ke Kantor
Prioritaskan menu yang simple dan sehat. (Foto: Shutterstock)

Sebelum memutuskan untuk memasak bekal sendiri, Chef Panji mau nanya dulu nih. Apa tujuan kamu untuk bawa bekal ke kantor? Kalau tujuan kamu adalah agar ingin hidup lebih sehat atau lebih hemat, Chef Panji acungkan jempol deh!  Nah, implementasikan tujuan kamu ini ke dalam menu-menu yang akan kamu masak. Contohnya, kalau ingin lebih sehat prioritaskan makanan rendah kalori dan tinggi protein atau serat.

Lakukan budgeting

Tidak hanya jajan saja yang harus ada budgeting, bekal makan siang kamu juga harus ada. Memasak bekal sendiri memang jauh lebih murah, tapi pastikan kamu tidak membuang atau menyisakan bahan makanan terlalu banyak. Sayuran atau buah yang tidak termakan itu termasuk pemborosan lho!

Lakukan Meal Prep di akhir pekan

6 Tips Masak Makan Siang Bekal ke Kantor
Pastikan meal prep kamu nutrisinya lengkap, ya! (Foto: Shutterstock)

Ini dia tips masak yang akan menghemat waktu kamu. Lakukan meal prep di akhir pekan, atau saat kamu libur. Dalam satu hari, prioritaskan untuk memasak bekal makan siang kamu dari hari Senin hingga Jumat. Bungkus makanan dengan rapih di dalam wadah makan, lalu masukkan ke dalam freezer. Bebas ribet dan bisa makan enak selama satu minggu!

Simpan Plan B

Ada waktunya di mana kamu malas masak dan tergoda untuk menyerah dan beli makanan di luar. Nah, untuk menghindari ini kamu perlu plan B!  Kalau Chef Panji boleh kasih saran, sebaiknya kamu selalu menyimpan makanan ‘cepat saji’ di dalam freezer. Contohnya, ayam panggang. Saat malas melanda, kamu hanya perlu mengambil beberapa potongan ayam panggang, dan membuat salad praktis sebagai teman makan.

Kombinasikan masakan kamu dengan sesuatu yang sehat

Jangankan kamu, Chef Panji saja akan bosan kalau disuruh makan makanan sehat melulu setiap harinya. Kesehatan kita memang menjadi prioritas, tapi boleh dong sesekali memanjakan lidah dengan memasak makanan yang kita sukai. Agar hidup kamu seimbang, kombinasikan bekal kamu dengan makanan sehat dan makanan yang kamu suka. Contohnya, kalau kamu ingin masak ayam goreng, jangan lupa untuk membawa salad atau buah untuk tambahan serat.

“Daur ulang” sisa makanan kamu

7 Menu Sarapan Sehat yang Siap dalam 15 Menit
Nasi sisa semalam bisa disulap menjadi bubur lezat ini! (Foto: Shutterstock)

Punya sisa makanan yang tidak habis? ‘Daur ulang’ makanan sisa kamu menjadi bekal makan siang yang lezat. Contohnya resep Bubur Ayam Sayur ini yang bisa ‘menyulap’ nasi sisa menjadi bubur lezat yang kaya akan gizi.

Sudah banyak tips masak dari saya kan? Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.