Ragam Tips Masak Ikan: Dari Membeli Hingga Mengolahnya

Chef Panji|Juni 9, 2018

Berbagai jenis ikan dan seafood rentan perkara kesegarannya. Ada perjalanan yang harus kita tempuh dengan cermat mulai dari saat membelinya hingga mengolahnya. Selain itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui juga soal cara menyimpannya. Nah, berikut saya bagi beberapa tips masak ikan agar kualitasnya terjaga dan tetap segar hingga sampai waktu memasaknya.

Tips Berbelanja di Pasar

Jaga kesegaran ikan dengan menggunakan ice box selama perjalanan pulang. (Foto: Shutterstock)

Ikan segar maupun yang dibekukan dari supermarket sebaiknya kamu beli sesaat saja sebelum meninggalkan tempat. Setelah ketika ikan keluar dari bagian pendingin di supermarket menuju temperatur luar yang lebih hangat, maka kesegarannya sendiri sudah mulai berkurang.

Pastikan untuk menaruh ikan di dalam plastik terpisah agar cairan yang berceceran tidak mengontaminasi belanjaan yang lain. Kalau kamu lebih niat lagi, siapkan semacam kotak pendingin yang diisikan es — kecuali kalau rumahmu sangat dekat dengan supermarket atau pasar ikan segar. Yang terpenting adalah jangan berlama-lama di luar setelah berbelanja ikan.

Tapi sebelum semuanya ini, pastikan bertanya dulu soal kesegaran ikannya ya guys. Jangan sampai ada keraguan, apalagi ini akan berpengaruh tidak hanya pada rasa namun juga untuk kesehatan kamu dan keluarga di rumah.

Tips Menyimpan Ikan

Selain selalu disimpan dalam keadaan dingin, sebaiknya ikan dibersihkan terlebih dahulu. (Foto: Shutterstock)

Selain menyimpannya dalam es, ikan segar maupun beku sebaiknya langsung dibersihkan sesampainya kita di rumah. Hal ini perlu dilakukan demi menjaga cita rasanya. Kalau sedang malas, minimal ikan utuh dapat disimpan selama sehari hingga saatnya untuk dibersihkan. Tapi ini dengan catatan bahwa ikan selalu terjaga dalam kondisi dingin. Setelah selesai membersihkannya, pastikan ikan selalu dalam keadaan dingin selama masa pengolahan.

Untuk kamu yang ingin memasaknya di lain waktu, ikan dapat disimpan terlebih dahulu selama beberapa lama di dalam kulkas. Setelah membersihkannya, bilas ikan dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan tissue dapur yang tebal. Lindungi ikan dengan cling wrap ataupun aluminum foil. Biasanya ikan bisa disimpan selama kurang lebih dua hari dengan cara ini.

Tips Masak Ikan

tips masak ikan
Apapun cara memasaknya, pastikan dulu kesegaran ikan dan cara mengolahnya yang baik. (Foto: Shutterstock)

Setelah berbelanja yang segar dan ikan telah disimpan serta dibersihkan dengan baik, kini adalah waktunya memasak!

Di bagian ini, Chef ingin menjelaskan beberapa teknik dasarnya. Bisa saja kita memasak menggunakan berbagai resep berbeda ataupun bahan yang bermacam-macam, namun akan ada kondisi yang lazim kita temui saat mengolah ikan. Nah, berikut adalah 6 tips masak ikan dari saya agar hasilnya maksimal.

  1. Meski dibumbui segala rupa dan dimarinasi selama mungkin, ikan yang sudah tidak segar tidak dapat dihidupkan kembali ya teman-teman. Jadi pastikan kemungkinan yang satu ini sudah diantisipasi sejak awal.
  2. Ikan akan mudah hancur kalau kita terlalu banyak membolak-balikkannya saat dimasak. Cukupkan hanya membalikkan ikan yang dimasak sesekali saja.
  3. Pastikan ikan dalam keadaan kering ketika akan dimasak. Adanya bagian lembab dapat menyebabkan ikan menjadi lembek setelah dimasak. Selebihnya gunakan wajan berkualitas dan biarkan minyak atau mentega panas terlebih dahulu sebelum mulai memasak.
  4. Gunakan termometer makanan agar menjaga ikan dari kondisi terlalu matang. Ini juga akan menghindari kemungkinan bagian luar ikan matang sementara di dalamnya tidak.
  5. Mulai memasak ikan dari bagian kulitnya terlebih dahulu bila hasil akhir yang ingin dicapai adalah kulit yang renyah. Jangan kebalikannya ya guys!
  6. Untuk yang hendak membakar ikan, pastikan panggangan dalam keadaan bersih. Selain untuk mempertahankan rasa asli ikannya, kita tidak mau ikan tercampur dengan bau atau zat yang tersisa dari panggangan yang tidak bersih.

Nah, setelah tahu beragam tips ini, Chef berharap kamu sudah bisa mempraktekkannya di rumah. Bahagiakan keluargamu dengan keahlianmu mengolah resep-resep ikan berikut ini dan menggunakan bumbu-bumbu terbaik.

Selamat memasak!