Masakan Sederhana Jadi Lebih Sehat dengan Teknik Masak Berikut Ini

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Desember 3, 2018

Ingin dietmu berhasil dengan masakan sederhana? Kamu butuh informasi seputar teknik masak yang akan membantumu menghasilkan masakan sehat dengan cara yang praktis. Menariknya, beberapa teknik ini akan membuatmu menghemat pemakaian minyak untuk kebutuhan memasak. Selain lebih sehat, teknik-teknik memasak ini juga praktis dan tepat untuk berbagai jenis masakan.

Yuk, intip apa saja teknik masakan sehat untuk membuat masakan sederhana ini:

Blanching atau blansir

Yaitu mencelupkan bahan ke dalam air mendidih hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Kemudian bahan diangkat lalu dicelupkan ke dalam air es untuk menghentikan proses pemasakan.

Blansir bisa kamu praktikkan untuk memasak sayuran, daging ayam, seafood, dan kacang-kacangan. Misalnya: sayuran tumis, grilled vegetables (teknik ini digunakan untuk sayuran yang perlu dimatangkan terlebih dahulu),  dan sayuran untuk steak.

Kamu juga bisa membuat stok sayuran rebus ini lalu dibekukan dalam freezer untuk persediaan sayuran matang disaat kamu terburu-buru. Tinggal dipanaskan dengan cara ditumis atau di-grill. Praktis!

Masakan sederhana berupa plecing kangkung dengan sambal pedas khas Lombok.
Masakan sederhana yang sehat seperti plecing kangkung diproses dengan cara diblansir. (Foto: Shutterstock)

Roasting

Atau memanggang makanan dalam oven. Sangat pas kalau kamu menerapkannya untuk daging ayam utuh atau potongan dan juga daging sapi. Meski begitu, kamu juga dapat menghidangkan sayuran dan karbohidrat menggunakan teknik masak ini. Misalnya saja roasted potato atau kentang panggang, labu-labuan, dan umbi-umbian.

Ayam dan kentang yang dipanggang dalam oven, satu contoh makanan sederhana.
Ayam panggang yang sangat sederhana tapi sedap ini cocok untuk menu dietmu. (Foto: Shutterstock)

Pan frying

Pan frying adalah teknik menggoreng dengan minyak sedikit dan biasanya dilakukan dalam wajan datar. Memasak dengan menggunakan teknik ini dilakukan agar mendapat tekstur garing pada permukaan bahan. Misalnya saja pan-fried salmon, pan-fried vegetables (sangat sering dipakai untuk memasak zucchini, terung, bawang bombay, wortel, dan lainnya), steak ikan, dan dada ayam.

Steaming atau kukus

Agar tidak bosan dengan menggunakan dedaunan sebagai pembungkus, kamu dapat mengukus makanan dengan menggunakan baking paper atau kertas roti dan aluminum foil. Supaya lebih beraroma, kamu bisa menyertakan bawang putih serta daun aromatik seperti rosemary, thyme, atau basil. Jika ingin nuansa tradisional, tentunya kamu membutuhkan serai, lengkuas, daun salam, serta daun jeruk.

Masakan sederhana sayuran kukus dalam bamboo steamer.
Selain ditumis, kamu juga bisa memasak sayur dengan cara dikukus. (Foto: Shutterstock)

Grilling

Inilah saatnya kamu membeli grill pan atau wajan grill. Wajan ini akan sangat membantu mendukung rencana gaya hidup sehatmu. Masakan seperti ikan, daging ayam, daging sapi, atau seafood tentunya tak kalah enak jika dibakar. Jangan lupa dibumbui terlebih dahulu, ya!

Dengan berbekal teknik masak di atas, kamu bisa berkreasi dengan beragam hidangan. Coba juga resep Ikan Bakar Bumbu Rujak, Ayam Bakar Ketumbar Jeruk Nipis, atau Gado Gado Surabaya sebagai permulaannya. Selain itu, kalau ingin sesekali mencoba memasak dengan teknik deep-frying, jangan lupa juga perhatikan langkah-langkahnya agar hasilnya sempurna. Selamat memasak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.