7 Resep Olahan Roti Tawar Enak dan Ekonomis - MAHI

7 Resep Olahan Roti Tawar yang Enak dan Ekonomis

7 Resep Olahan Roti Tawar yang Enak dan Ekonomis
Tim MAHI |
Favorit:
Sebarkan:

Siapa yang di meja makannya selalu tersedia roti tawar? Meski mungkin ada kalanya sesekali kamu bosan memakannya begitu saja, tapi tetap saja biasanya selalu ada stok roti di rumah. Agar menjadi menu andalan lagi di rumah, inilah waktunya mencoba aneka resep olahan roti tawar yang tidak seperti biasanya tapi tetap enak dan ekonomis!

Berkreasi dengan Aneka Resep Olahan Roti Tawar

Apapun jenis roti tawar yang kamu pilih, entah itu roti tawar putih, gandum, atau multigrain, kamu selalu bisa mengolahnya secara kreatif. Artinya, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang tidak mahal ataupun yang selalu tersedia di rumah. Jadi, apa saja ide-idenya?

1. Roti gulung cokelat

Roti gulung cokelat disajikan di atas talenan.
Camilan seru buat si kecil! (Foto: Shutterstock)

Siapa, sih, yang tak suka roti cokelat? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pasti suka yang apapun yang berhubungan dengan cokelat. Nah, roti tawar yang kamu punya bisa diolah menjadi roti gulung cokelat yang enak, lho! Roti hanya perlu digulung hingga pipih lalu dioleskan selai cokelat. Celupkan ke dalam kocokan telur dan susu dan panggang selama 10 menit. Selesai, deh!

Buat kamu pencinta dessert cokelat, coba juga resep Chocolate Mousse atau Eclair dengan custard rasa chocolate milk tea yang tak kalah menggoda, yuk!

2. Setup roti tawar

Setup adalah dessert bercita rasa manis yang paling enak dimakan dalam keadaan dingin. Khusus setup roti tawar, selain rasa manis, kamu juga akan mendapatkan rasa gurih karena ada tambahan santan di dalamnya. Pasti kebayang enaknya, ‘kan!

Untuk membuatnya, selain roti tawar, siapkan susu cair, santan, gula pasir, keju cheddar, dan tepung custard atau bisa diganti dengan tepung maizena. Oya, untuk setup roti tawar ini, sebaiknya gunakan roti tawar putih tanpa kulit, ya.

3. Krim roti tawar

Buat kamu yang suka nonton drama Korea, pasti pernah lihat hidangan krim roti tawar yang estetik banget. Ternyata bikinnya mudah, lho. Cukup oleskan whipped cream di atas roti tawar, dan letakkan buah pilihan seperti stroberi, mangga, atau kiwi di tengah-tengahnya. Saat dibelah dua, lapisan krim dan buah akan membentuk pola yang cantik.

4. Muffin roti tawar

Buat kamu yang suka camilan gurih, muffin roti tawar ini bisa jadi inspirasi. Kamu tinggal kocok lepas telur, garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, dan susu cair. Kemudian tuang ke atas roti tawar yang sudah dimasukkan ke dalam loyang muffin. Tinggal tambah topping sesuai selera, seperti sosis, daging asap, paprika, plus jangan lupa keju parut. Sajian ini akan terasa makin mantap dengan cocolan saus sambal, lho!

5. Roti goreng ragout

Mau coba resep olahan roti tawar yang menyehatkan dan kaya serat? Coba bikin roti goreng ragout saja. Kamu tinggal bikin ragout daging ayam dan sayur, lalu oleskan di atas roti tawar seperti hendak membuat sandwich atau roti lapis. Lipat membentuk segitiga, kemudian baluri dengan telur dan tepung panir. Setelah itu, tinggal goreng di minyak panas hingga matang kecokelatan. Jangan lupa cocolan sambalnya, ya!

Cek resep roti goreng ragout dari Masak Apa Hari Ini, yuk!

6. Es krim goreng

resep olahan roti tawar berupa es krim goreng
Es krim goreng selalu jadi menu nostalgia yang seru. (Foto: Shutterstock)

Siapa yang masa kecilnya pernah makan dessert ini? Perpaduan es krim dingin dan roti garing hangat yang fresh dari penggorengan memberikan sensasi luar biasa di mulut yang tak akan terlupakan. Yuk, bikin! Modalnya cuma roti tawar dan es krim favorit kamu saja, kok.

7. Roti panggang gurih

Terakhir, kamu juga bisa membuat camilan berupa roti panggang dengan cita rasa gurih, lho. Contohnya supaya lebih hemat, kamu bisa membuat sendiri olesan roti dari bahan-bahan yang ada di rumah, seperti bawang putih, bawang bombay, dan margarin. Oleskan ke roti tawar, panggang hingga kering dan kecokelatan. Roti panggang gurih ini bisa jadi ide untuk menu sarapan atau camilan saat sore hari.

Nah, di antara 7 pilihan resep olahan roti tawar di atas, mana yang akan kamu bikin lebih dulu? Pilih yang paling mudah dan gampang bahan-bahannya dulu, yuk!

Artikel terbaru