Nostalgia dengan Aneka Resep Makanan Jaman Dulu - MAHI

Yuk, Nostalgia Makanan Jaman Dulu dan Coba Resepnya di Sini!

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Oktober 24, 2022

Kalau bicara makanan jaman dulu yang hits, semua orang pasti punya memorinya masing-masing. Mungkin teringat masa ketika dibelikan sang ibu saat menemaninya ke pasar, ataupun makanan tempo dulu yang selalu dinanti-nantikan kehadirannya di atas meja makan. Seiring berjalannya waktu, ada saja makanan atau jajanan yang dahulunya mudah ditemui namun sekarang menjadi langka. Lama berselang, timbullah rasa nostalgia dan kerinduan mendalam untuk menikmatinya kembali, bahkan berharap dapat membuatnya sendiri di rumah kapan saja dan mengenalkannya untuk generasi yang baru.

Masak Apa Hari Ini punya banyak di antara jajanan jaman dulu yang bisa kamu coba. Dari dessert hingga makanan berat, berikut adalah beberapa pilihan yang penuh nostalgia untuk dicoba saat masak akhir pekan nanti!

Resep-Resep Nostalgia Makanan Jaman Dulu

1. Es Gabus

Dessert jaman dulu biasanya punya nama-nama unik seperti es lilin, es goyang, es puter, es potong, atau es gabus. Bisa dibilang es gabus memiliki tekstur paling unik karena lebih lembut ketimbang padat seperti es. Alasannya adalah karena kehadiran tepung hunkwee yang berasal dari kacang hijau. Jenis tepung yang satu ini akrab digunakan pada makanan tradisional lainnya seperti cendol contohnya. Masak Apa Hari Ini punya kreasi es gabus yang menggunakan Buavita Guava dalam adonannya. Hasilnya, ada dua warna lapisan es yang menjadikan suguhan ini makin menarik, di samping tentu rasanya yang tetap nikmat!

Coba buat resep es gabus, yuk!

2. Es Lilin

Resep Es Lilin Yoghurt dengan rasa buah leci dan jeruk disajikan.
Coba resep es lilin ini untuk camilan menyegarkan! (Foto: Shutterstock)

Sesuai namanya, camilan es ini dibekukan dalam plastik kecil bentuk memanjang. Biasanya, es lilin disantap dengan cara dihisap langsung dan aneka rasanya datang dari racikan sirup buah-buahan. Fleksibel sebetulnya, karena bisa saja ada es lilin yang berasal dari racikan teh manis hingga bubur kacang hijau. Resep dari Masak Apa Hari Ini menggunakan paduan rasa Buavita Lychee dan Buavita Orange. Lalu ada tambahan bulir buah jeruk dan cincangan buah leci di dalamnya serta campuran yoghurt. Makin seru saja, ya!

Coba resep es lilin ini, ya!

3. Kue Sarang Semut

Kenal dengan bolu karamel atau yang populer disebut kue sarang semut? Sesuai namanya, cake ini berbahan dasar gula pasir yang dimasak menjadi karamel sehingga teksturnya berongga dengan cita rasa manis-pahit. Untuk resep ini, kamu bisa menambahkan cita rasa milk tea agar berbeda namun tak kalah enaknya dengan kue bolu karamel yang biasanya. Menarik banget, deh, untuk dicoba!

Inilah resep kue sarang semut untuk kamu siapkan weekend nanti!

4. Pastel Tutup

Hasil masak resep pastel tutup disajikan dalam casserole.
Pastel tutup sudah jadi camilan favorit di Indonesia sejak lama. (Foto: Shutterstock)

Sebagai makanan yang dahulu diperkenalkan pada masa penjajahan Belanda, pastel tutup sudah lama menjadi bagian banyak keluarga di Indonesia. Terlebih untuk kamu yang mungkin sudah akrab dengan cita rasa dari makanan jaman dulu lainnya seperti bitterballen atau poffertjes misalnya. Di balik lapisan kentang kukus pada resep pastel tutup ini terdapat tumisan daging serta sayuran. Di lain kesempatan, kamu juga bisa berkreasi dengan isian yang lain. Gunakan Royco Sup Krim Ayam sebagai campuran bahannya untuk mempermudah proses memasak. Hasilnya, makanan jaman dulu ini tetap lezat, gurih, dan creamy!

Inilah resep pastel tutup yang bisa kamu coba!

Bagaimana dengan resep-resep nostalgia makanan jaman dulu tadi? Tentunya kekuatan nostalgia mengalahkan kesulitan apapun yang perlu dihadapi saat membuat makanan jadul tersebut di dapur. Sisi positifnya, tidak ada di antara pilihan makanan tadi yang sebetulnya terlampau sulit. Apalagi semuanya dijamin anti gagal karena sudah pernah melewati proses uji coba di dapur Masak Apa Hari ini.

So, jadikan sebagai weekend project kamu dan siapkan sebagai panganan spesial untuk keluarga, teman-teman, maupun tetangga! Selamat mencoba, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.