7 Aneka Resep Praktis Masak dengan Microwave

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|April 20, 2018

Di tahun ini, banyak yang punya resolusi untuk lebih rajin memasak sendiri dan hidup lebih sehat. Tinggal di kosan atau apartemen kecil, bukan berarti kamu tidak bisa mewujudkan resolusi untuk bisa masak sendiri. Asalkan punya microwave dan kemauan, kamu bisa lho makan enak setiap hari. Berikut tim MAHI berikan tujuh aneka resep praktis masak dengan Microwave. Langsung dicoba ya!

Quiche Bayam Keju

7 Aneka Resep Praktis Masak dengan Microwave
Tinggal tuang di mug, masukkan microvawe dan voila! (Foto: Shutterstock)

Kuliah atau ngantor bukan berarti tidak sempat masak. Apalagi kalau sarapan kamu dapat disajikan dalam waktu kurang dari lima menit. Untuk membuat Quiche Bayam Keju, kamu memerlukan ½ gelas bayam, 1 telur, dan 1/3 gelas susu. Masukkan semua bahan ke dalam mug tahan panas, aduk hingga rata, kemudian masak selama 3-4 menit di dalam microwave. Sarapan praktis dan sehat siap disantap.

Pecel Kangkung

Siapa sih yang tidak ngiler melihat Pecel Kangkung yang disajikan bersama nasi panas dan kerupuk bawang? Kali ini kamu tidak perlu jajan di luar untuk menikmati sepiring pecel. Tidak perlu menyalakan kompor, cukup masak kangkung dengan microwave selama 2-5 menit. Setelah kangkung masak, siram dengan bumbu kacang.  Sajikan bersama nasi atau pendamping lain sebagai makan siang yang praktis.

Chawanmushi

7 Aneka Resep Praktis Masak dengan Microwave
Paling nikmat disantap pas hangat-hangat! (Foto: Shutterstock)

Menyiapkan makan malam terkadang suka bikin sensi sendiri! Badan letih sehabis pulang kerja, tapi perut masih minta diisi. Solusinya? Masak Chawanmushi! Untuk sajian ini kamu membutuhkan 2/3 gelas air kaldu, 1 butir telur,  1 jamur shitake, 3 buah udang kupas, dan satu sdm daun bawang. Campur seluruh bahan, aduk hingga rata namun jangan sampai berbuih. Masukkan adonan telur ke dalam mug/mangkuk tahan panas lalu masak dengan microwave selama 40-50 detik. Angkat dan segera dihidangkan.

Ayam Rempah Lemon

Pulang kantor di Jumat malam, mau makan dan hangout di luar kok malas rasanya. Apalagi melihat macetnya jalanan kota Jakarta. Mumpung ada waktu, yuk masak Ayam Rempah Lemon untuk makan malam. Untuk sajian ini kamu membutuhkan 2 dada ayam tanpa tulang, 1 lemon, 1 sdm olive oil, 1 sdt oregano kering, garam/lada secukupnya. Cara memasaknya sangat mudah! Taburi dada ayam dengan oregano kering, garam, dan lada hingga rata. Letakkan dada ayam ke dalam wadah kaca tahan panas dan masak dengan microwave selama 5-6 menit atau hingga matang.

Oyakodon

7 Aneka Resep Praktis Masak dengan Microwave
Perpaduan ayam dan telur, hmm! (Foto: Shutterstock)

Oyakodon adalah masakan rumahan khas Jepang yang menggabungkan telur dan daging ayam. Biar tidak ribet, sebaiknya kamu memasak menu ini di malam hari, paginya tinggal tambahkan telur dan bungkus sebagai bekal makan siang. Untuk Oyakodon, kamu membutuhkan 150gr dada ayam tanpa tulang, 2 buah telur ayam, ½ bawang bombai, ½ sdt kaldu ayam bubuk, 2 sdm kecap ikan, dan 1 sdm gula pasir.

Cara memasaknya tidak rumit, campurkan daging ayam yang sudah dipotong dadu dengan bawang bombai, kaldu ayam bubuk, kecap ikan dan gula pasir ke dalam wadah kaca tahan panas. Tutup dengan plastic wrap dan masak dengan microwave selama 4 menit. Angkat ayam, lalu siram dengan 2 telur yang sudah dikocok lepas. Masak kembali di dalam microwave selama 2 menit. Angkat dan hidangkan di atas nasi panas.

Pepes Ikan Patin

Ikan patin termasuk jenis ikan tawar yang paling digemari orang Indonesia. Selain nikmat dimasak menjadi sop atau gulai, ikan patin juga tidak kalah sedap diolah menjadi hidangan pepes. Untuk Pepes Ikan Patin kamu membutuhkan ½ kg ikan patin, kunyit, jahe, lengkuas, tomat, serai, bawang putih, bawang merah, cabe merah, kemiri, daun salam, dan daun pisang. Lumuri ikan dengan bumbu yang sudah dihaluskan, lalu masukkan ke dalam wadah kaca tahan panas. Masak dengan microwave salama 30-35 menit. Langsung santap atau masukkan ke dalam lemari es untuk bekal makan siang.

Nasi Goreng Sayur

Untuk sarapan besok, kita masak Nasi Goreng Sayur yuk! Yang kamu butuhkan untuk membuat Nasi Goreng Sayur ini adalah satu piring nasi, 1 buah telur, ½ gelas wortel dipotong dadu, ½ gelas potongan buncis dipotong dadu, 1 sdm minyak sayur, 1 sdm kecap manis, cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Cara memasak Nasi Goreng Sayur ini terbagi dalam tiga tahap.

Tahap pertama, haluskan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Campur bumbu halus dengan nasi dan potongan sayur, aduk hingga rata. Masukkan nasi ke dalam wadah gelas tahan panas dan masak dengan microwave selama 5 menit lalu sisihkan. Di dalam mug, kocok lepas telur lalu masak di dalam microwave selama 30-45 detik. Angkat telur dan sajikan di atas nasi goreng. Nikmati selagi hangat.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.