Siapa Bilang Sulit? Yuk, Ketahui Kiat-Kiat Mudah Masak Lobster di Rumah!

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Juni 5, 2020

Meskipun masih harus merogoh kocek agak dalam untuk membelinya, lobster kini sudah bukan menjadi barang asing di Indonesia. Sekian tahun terakhir ini semakin banyak budidaya lobster di negeri ini, sehingga semakin lengkap rasanya mengingat Indonesia adalah negara bahari. Hasilnya, kini semakin banyak restoran dan masyarakat yang mengolah lobster sendiri. Meski demikian, bagaimana sih cara masak lobster itu? Nah, itu yang akan kita bahas hari ini!

Namanya crustacean, hewan-hewan sejenis ini memang didesain memiliki tempurung yang cukup tebal dan capit yang besar. Kalau kepiting, kita sudah mengenalnya sejak lama. Tapi bagaimana dengan lobster? Cara penanganannya sedikit berbeda, namun soal cara masak ataupun membumbuinya mungkin masih sebelas dua belas.

Berikut kita simak bersama, yuk, apa saja yang harus diperhatikan dalam rangka masak lobster!

1. Mengetahui kesegarannya

Berbeda dengan ayam ataupun ikan, memutuskan untuk masak lobster berarti kita tengah merencanakan hal yang spesial. Sehingga inilah mengapa kesegaran dan kualitas lobster menjadi prioritas paling utama. Pertama, usahakan mendapatkan lobster yang masih hidup. Ini bisa dilihat dari gerakannya yang penuh semangat pada kaki, capit, dan juga ekornya. Lobster dapat hidup beberapa hari setelah keluar dari air, namun tetap harus kita tangani dengan baik. Lobster yang mulai lemah pergerakannya menandakan bahwa kita harus memasaknya segera.

Maka dapat disimpulkan kalau lobster yang sudah mati sebaiknya dihindari karena kualitas dagingnya sudah sangat menurun. Alternatifnya, lobster yang dibekukan bisa juga kita pilih.

2. Cara menyembelih lobster

Hasil masak lobster dengan cara merebus dalam panci.
Merebus lobster adalah cara mematikan lobster sekaligus memasaknya secara efisien. (Foto: Shutterstock)

Jangan dulu kaget dengan judulnya, ya, tapi inilah tahap sangat krusialnya. Sebelum masuk ke tahap masak lobster, setidaknya ada dua cara umum yang bisa kita pakai dalam rangka mematikan lobster. Kedua cara ini tetap harus melewati fase membekukan lobster selama 20-30 menit. Tujuannya adalah agar indranya menumpul dan proses “menyembelih” lobster menjadi lebih manusiawi serta mudah.

Cara pertama adalah dengan merebusnya di dalam panci berukuran besar berisi air mendidih. Masukkan kepalanya terlebih dahulu secara perlahan namun pasti. Lanjutkan dengan menutup panci dan menunggu hingga selesai. Cara kedua adalah dengan menusuk bagian kepalanya kemudian membelahnya. Wah, agak seram mendengarnya memang, namun ini adalah cara yang sama klasiknya. Hanya saja pilihan ini tidak terlalu direkomendasinya karena hemolymph atau darahnya lobster dapat mengontaminasi proses masak sehingga dagingnya tidak seenak semestinya.

3. Siapkan panci yang besar

Wah, jangan sampai ketika dua tahap tersebut dilalui, kita baru sadar kalau tidak punya panci yang seukuran dengan lobster yang akan dimasak. Jauh sebelum membelinya, kita perlu berinvestasi terlebih dahulu mengenai ukuran yang pas. Lobster datang dalam ukuran yang berbeda-beda, maka kita juga perlu memilih ukuran yang tepat dan sesuai dengan panci yang dimiliki di rumah.

4. Cara masak lobster

Hasil masak lobster thermidor tersaji bersama salad di atas piring.
Lobster thermidor asal Prancis adalah salah satu hidangan lobster terpopuler dengan rasa yang kaya. (Foto: Shutterstock)

Banyak cara untuk memasak lobster. Dari merebusnya, mengukus, memanggang, hingga roasting ataupun baked.

Untuk kali ini, kita coba dahulu cara merebus karena merupakan proses yang paling sederhana. Sekaligus ini melanjutkan proses mematikan lobster tadi. Pertama, siapkan air garam yang banyak dan rebus hingga mendidih. Kemudian masukkan bagian kepala terlebih dahulu dalam panci, tutup rapat, dan didihkan kembali. Jaga agar suhunya tetap stabil dan air tidak tumpah keluar panci. Setelah lobster menjadi memerah dan matang, tiriskan dan tunggu 5 menit sebelum dipecahkan. Lama merebus untuk lobster berukuran 1/2 kg adalah sekitar 5-6 menit dan digandakan sesuai kelipatan dua beratnya.

Selanjutnya, lobster bisa dinikmati dengan berbagai jenis saus. Kalau ingin menikmati rasa aslinya, lobster yang segar begitu lezat bila dinikmati begitu adanya. Untuk rasa yang simpel, bisa juga hanya menggunakan mentega. Tapi orang Indonesia sepertinya lebih menyukai yang kaya akan bumbu, sehingga saus Padang sepertinya menjadi pilihan menarik. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.