Kata Siapa Masak Udang Sulit? Ini Dia Tipsnya!

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|September 13, 2018

Siapa bilang masak udang itu merepotkan dan susah? Jika tahu cara masak udang yang benar, kamu pasti tak akan segan-segan untuk selalu sedia udang segar di dalam kulkas.

Sebelum memasaknya, beberapa hal ini wajib kamu perhatikan:

Sesuaikan jenis udang dengan masakannya

Tipe udang berukuran kecil cocok dijadikan sebagai bahan isi ataupun untuk resep yang menggunakan udang kupas atau cincang, udang goreng tepung, tumis udang. Contohnya adalah Siomay Tempe Udang, Botok Tempe Udang, atau Tumis Kangkung Udang.

masak udang
Yuk, masak udang dengan bumbu tradisional, misalnya Kari Udang. (Foto: Shutterstock)

Udang berukuran sedang atau besar akan tepat untuk sajian udang yang dibakar, bersaus, atau yang tumis. Contoh masakannya seperti Udang Goreng Mentega, Udang Bakar Madu, Udang Goreng Sereal, atau Udang Masak Kari.

Hindari memasak udang terlalu lama

Ini akan menghilangkan rasa manis yang dimiliki udang segar, begitu juga dengan teksturnya yang juicy. Ingat! Udang adalah salah satu jenis lauk yang bisa matang dengan cepat. Ini penting bagi kamu yang tak ingin juga berlama-lama di dapur.

Jika tidak hendak memasak udang berbalut tepung, biasakan memasak udang beserta kulitnya agar dagingnya tidak cepat keras. Cangkang dan kulit membantu mempertahankan tekstur udang yang juicy jika tak dimasak terlalu lama. Kecuali jika kamu ingin membuat udang bakar atau udang yang dimasak dengan cara pan-fried. Kulit dikupas dengan punggungnya yang dibelah akan membuat presentasi udang lebih cantik.

Untuk lobster atau udang berukuran besar, agar terlihat lebih menarik, belah bagian punggung udang secara memanjang dan tidak sampai putus.

masak udang
Gunakan pisau tajam untuk memotong lobster. (Foto: Shutterstock)

Buat kaldu seafood dari ampas udang

Hindari membuang kepala dan cangkang dari udang yang telah kupas. Bahan-bahan ini sedap untuk diolah menjadi kaldu udang atau kaldu seafood. Sebagai bocoran, kaldu ini paling sedap untuk bahan dasar Sup Tom Yam khas Thailand.

masak udang
Sup Tom Yam khas Thailand. (Foto: Shutterstock)

Cara membuatnya adalah dengan mencuci bersih ampas udang, kemudian digabungkan bersama tumisan bawang putih dan jahe. Harumnya tumisan ditandai juga dengan kulit dan kepala udang yang berubah warna. Tuang air, tambahkan bahan-bahan yang membuat kaldu lebih gurih; misalnya bawang bombay, batang bawang daun, atau batang seledri. Masak kaldu udang hingga meresap.

Sudah siap memasak udang hari ini? Mari kita ke dapur bersama!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.