4 Cara Terlezat Memasak Bawang Bombay

Chef Panji|September 2, 2018

Di Indonesia, bawang bombay lebih populer dengan peranannya sebagai pemeran pendamping. Bagi para penggemarnya, tentu kesempatan menikmati masakan dimana bawang muncul sebagai bahan utama begitu dinanti-nantikan. Kali ini, Chef Panji menemukan 5 cara terlezat memasak bawang bombay dari berbagai belahan dunia.

1. Sup Bawang Perancis

5 Cara Terlezat Memasak Bawang Bombay
French Onion Soup adalah hidangan hangat yang dibuat dengan cita rasa bawang bombay. Manis dan gurih, meski minim bumbu. (Foto: Shutterstock)

Masakan yang lebih dikenal sebagai onion soup ini tepat untuk menghangatkan tubuh yang dingin di malam hari. Tambahkan roti sebagai teman makannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: mentega tawar, minyak zaitun, bawang bombay, Royco Kaldu Ayam, gula aren, bawang putih, tepung terigu, roti baguette, keju Gruyere atau keju Swiss.

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan mentega dengan minyak dalam panci. Tambahkan bawang bombay dan tumis selama 10 menit sampai lunak.
  2. Taburkan gula aren dan masak kembali selama 20 menit, aduk terus hingga terkaramelisasi. Proses pengadukan sangat penting untuk memastikan bawang tidak gosong. Jika bawang gosong, sup kamu akan terasa pahit dan merusak cita rasa makanan.
  3. Tambahkan bawang putih di beberapa menit terakhir, tambahkan tepung dan aduk rata.
  4. Masukkan Royco Kaldu Ayam yang sudah dilarutkan bersama air. Tutup panci dan didihkan selama 15-20 menit.
  5. Saran penyajian: panggang roti hingga keemasan, sisihkan. Sendokkan sup ke dalam mangkuk tahan panas. Taruh sepotong roti panggang di atas sup lalu taburi dengan keju. Panggang sup dalam oven atau broiler hingga keju meleleh.

2. Blooming Onions

bawang bombay
Blooming Onion ini terinspirasi dari hidangan onion rings. Rasanya gurih dan renyah. (Foto: Shutterstock)

Doyan makan onion rings? Blooming onion ini rasanya mirip seperti itu tapi tampilannya unik dan menggugah selera.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: bawang bombay berukuran besar, tepung terigu, bubuk cabai, bubuk paprika, daun thyme kering, daun oregano kering, jinten, lada hitam, telur, susu cair, minyak sayur dan Royco Kaldu Ayam.

Untuk saus: mayones, krim asam, saus tomat, kecap Inggris, saus horseradish, paprika bubuk, bubuk cabai, garam dan lada hitam.

Cara membuatnya:

  1. Campurkan semua bahan saus ke dalam mangkuk, aduk hingga rata lalu dinginkan di dalam lemari es.
  2. Iris bawang bombay hingga membentuk bunga mekar. Di mangkuk besar, masukkan tepung, bubuk cabai, bubuk paprika, thyme, Royco Kaldu Ayam, oregano, jinten, dan lada hitam. Aduk dan sisihkan. Dalam mangkuk kecil, kocok telur bersama susu, dan air.
  3. Taburi bawang bombay yang dengan campuran tepung. Pastikan bawang sepenuhnya terlapisi, terutama di bagian “kelopak”.
  4. Dengan menggunakan saringan gorengan besar, masukkan bawang ke dalam campuran telur. Angkat dan biarkan sisa telur menetes, lalu ulangi proses terigu. Istirahatkan bawang di dalam lemari es selama 1 jam sebelum digoreng.
  5. Panaskan minyak dalam panci besar yang besar di atas api sedang. Dengan hati-hati masukkan bawang ke dalam minyak. Goreng sekitar 3 menit, kemudian balikkan bawang dan masak kembali sekitar 3 menit; tiriskan di atas tisu kertas. Bumbui dengan garam dan sajikan bersama saus.

3. Grilled Cheese Burger dengan Caramelized Onions

bawang bombay
Satu makanan terpopuler di dunia begitu cocok berpadu dengan bawang yang dikaramelisasi. (Foto: Shutterstock)

Burger adalah makanan barat yang disukai hampir semua orang. Kombinasi patty yang lezat berpadu dengan keju yang gurih dan tumisan bawang bombay yang manis. Seru dinikmati bersama keluarga.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
Karamelisasi bawang : Mentega, bawang bombay merah, daun thyme, lada hitam, dan garam.
Burger: Daging sapi giling tanpa lemak, mustard, garam, merica, roti hamburger, keju lembaran.
Pelengkap: Acar mentimum dan saus cabai.

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan mentega dalam wajan, tambahkan bawang bombay. Masak dengan api sedang selama 35-40 menit. Aduk sesekali. Pastikan bawang kamu bertekstur lunak dan berwarna cokelat keemasan.
  2. Masukkan thyme, lada dan garam. Masak selama 5 menit dan aduk sesekali.
  3. Panaskan panggangan
  4. Di mangkuk besar; campur daging giling, mustard, dan garam. Bentuk menjadi bulat pipih. Taburi kedua sisi daging dengan garam dan lada.
  5. Tempatkan daging di atas panggangan. Masak higga matang atau sesuai selera kamu. Bakar roti di atas panggangan hingga bagian bawahnya berwarna kecokelatan, sisihkan.
  6. Susun roti, burger, bawang, keju dan acar. Panggang roti sebentar di dalam oven hingga keju meleleh. Sajikan.

4. Bawang Bombay Isi

bawang bombay
Selain enak diolah menjadi salad, bawang bombay merah juga bisa dimasak. Bawang bombay isi ini membutuhkan sedikit kesabaran dalam membuatnya. Siapkan waktu paling sedikit satu jam. (Foto: Shutterstock)

Daging domba mempunyai rasa yang istimewa. Semakin spesial karena dimasak dengan bombay, paprika dan lada hitam. Tampilannya unik, karena daging diisikan ke dalam bawang bombay yang sudah dikeruk isinya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: bawang bombay merah, daging domba giling, paprika merah, lada hitam, daun bayam, roti tawar yang dipotong dadu, mentega, Royco Kaldu Ayam, dan kacang mete sangrai.

Cara membuatnya:

  1. Potong bagian atas bawang sebanyak 1 cm atas, dan korek isi bawang menggunakan sendok kecil (jangan khawatir jika kamu membuat lubang di bagian bawah bawang), sisihkan.
  2. Iris kasar bawang bombay, sisihkan.
  3. Panaskan panci berisi minyak lalu masak daging domba giling hingga matang. Sisihkan daging, sisakan minyak dan lemak sisa menggoreng di dalam panci.
  4. Masih menggunakan panci yang sama, masukkan bawang bombay cincang, seledri, garam, dan merica dan tumis sekitar 5 menit. Tambahkan bawang putih dan tumis selama 1 menit. Pindahkan tumisan ke mangkuk besar dan masukkan bayam, roti, kacang mete, mentega, tumisan daging domba dan Royco yang sudah dilarutkan bersama air. Aduk hingga rata.
  5. Panaskan oven di suhu 220C. Susun bawang di atas loyang, kemudian tambahkan air setengah gelas dan tutup loyang dengan foil. Panggang bawang selama 25 hingga 30 menit.
  6. Keluarkan bawang dari oven dan isi dengan adonan daging. Masak kembali di dalam oven selama 25 menit.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.