Cara Membuat Sorbet Buah Tanpa Mesin Es Krim | MAHI

Cara Membuat Sorbet dari Buah-Buahan Segar Tanpa Mesin Es Krim

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Juni 20, 2022

Ingin tahu cara membuat sorbet tapi tak punya mesin es krim? Meski tak punya mesin khusus pembuat es krim, kamu bisa membuat frozen dessert ini di rumah dengan trik mudah yang akan dibagikan Masak Apa Hari IniSorbet merupakan salah satu jenis frozen dessert yang dibuat dari bahan dasar buah-buahan segar, puree buah, madu, sirup, jus, atau wine. Bukan tergolong dessert yang murah, sorbet populer disajikan di restoran Prancis, Italia, Turki, gerai gelato, atau restoran berkonsep hidangan western.

Supaya lebih hemat dan tak perlu jajan di luar, Masak Apa Hari Ini ingin mengajak kamu untuk membuat sendiri sorbet di rumah dan menjadikannya persediaan dessert enak sekaligus kaya vitamin. Sebagai bahan utamanya kamu bisa memilih jenis buah yang jadi favoritmu dan keluarga di rumah. Pilih satu, dua, atau bahkan beberapa jenis buah sekaligus untuk dijadikan bahan utama  frozen dessert segar ini.

Tips Cara Membuat Sorbet tanpa Mesin Es krim 

Gunakan buah-buahan yang punya beberapa elemen rasa, misalnya punya rasa manis, kecut, sekaligus menyegarkan. Misalnya mangga, nanas, stroberi, blueberry, sirsak, semangka, atau kiwi. Kamu juga bisa bereksplorasi dengan jenis buah lokal yang tak umum dijadikan sebagai bahan utama sorbet, misalnya buah naga, arbei, murbei (mulberry), rambutan, atau bahkan sawo. Misalnya mangga-mulberry, sirsak-buah naga, atau semangka-jeruk nipis. Dengan begitu sorbet memiliki elemen rasa manis dan kecut yang menyegarkan. Agar lebih jelas, simak beberapa tips sekaligus cara membuat sorbet tanpa menggunakan mesin es krim yang bisa langsung kamu praktikkan di rumah.

Tiga pilihan puree buah.
Potong-potong buah sebelum dibekukan agar memudahkan kerja blender. (Foto: Shutterstock)
  1. Agar mendapat sorbet buah dengan rasa terbaik pilih buah segar yang rasanya seperti buah-buahan yang sedang berada pada puncak musimnya. Artinya bukan cuma berkualitas tetapi memiliki rasa terbaik dari buah tersebut. Misalnya untuk buah mangga harum manis, tentu rasanya berbeda bila buah tersebut belum musimnya. Mangga harum manis terbaik adalah saat daging buahnya berwarna kuning oranye dengan rasa manis, legit, dan segar. Dengan begitu kamu tak perlu menambahkan gula pasir ke dalam sorbet mangga.
  2. Buat sorbet dari buah-buahan segar yang sudah dibekukan. Cara ini lebih praktis ketimbang membuatnya dari buah potong. Bekukan terlebih dahulu potongan buah-buahan, kemudian blender bersama bahan-bahan lainnya. Tahap awal dari membuat sorbet adalah mendapat tekstur seperti slushy.
  3. Potong-potong buah sebelum dibekukan agar proses memblender lebih mudah. Selain itu pastikan kamu memiliki blender yang memiliki bilah tajam atau blender yang sanggup menghancurkan es batu. Bahan utama biasanya diblender bersama bahan tambahan berupa air jeruk lemon, gula pasir, dan garam. Kombinasi garam dan asam dalam sorbet berfungsi untuk memperkaya atau memaksimalkan cita rasa sorbet buah.
  4. Blender semua bahan hingga tercampur rata, kemudian siapkan timer untuk proses mendapat tekstur sorbet. Setelah diblender, bekukan puree buah atau buah-buahan segar yang diblender ke dalam freezer selama 40-45 menit. Kemudian keluarkan dari dalam freezer dan keruk menggunakan garpu, sendok, atau ice cream scoop hingga sorbet hancur atau terkikis merata. Bekukan kembali ke dalam freezer.
  5. Ulangi proses mengeruk sorbet sebanyak 3 atau 4 kali agar mendapat teksturnya pas. Tahap ini sangat penting dan tak boleh dilewatkan untuk mendapat tekstur bulir bulir es yang lembut. Bila didiamkan terlalu lama dalam freezer, maka teksturnya tak berbeda dengan puree buah yang membeku. Pastikan untuk mengeruk buah setiap 40-45 menit, kemudian bekukan kembali dalam lemari es.
  6. Untuk membuat sorbet yang kaya rasa tapi bebas ribet, kamu juga bisa menambahkan Buavita sebagai kombinasi rasa buah. Misalnya sorbet mangga dengan Buavita Orange, sirsak dengan Buavita Lychee, atau kiwi dengan Buavita Apple. Kebayang segarnya, kan? Selain kaya rasa, kamu juga menambahkan segudang nutrisi dalam Buavita ke dalam frozen dessert ini.
Keruk buah secara bertahap demi mendapat tekstur icy yang lembut.
Keruk puree buah beku menggunakan sendok, garpu, atau ice cream scoop. (Foto: Shutterstock)

Nah, jadi kepengen coba sendiri cara membuat sorbet tanpa mesin es krim, kan? Yuk, praktikkan setiap tahapan dalam cara membuat sorbet dari buah-buahan segar ini agar kamu bisa konsumsi dessert a la restoran yang sehat dan segar sekaligus lebih hemat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.