Cari Tahu Cara Membuat Daging Burger Tebal yang Bikin Ngiler Berikut ini

Chef Panji|Oktober 14, 2018

Setangkup hamburger dengan roti gandum yang gemuk menjepit patty burger yang tebal dan juicy. Pemandangan yang selalu bikin ngiler! Kamu pastinya ingin tahu bagaimana cara membuat daging burger enak layaknya yang disajikan di restoran premium.

Membuat burger patty nyatanya tak sesulit yang kamu bayangkan. Rahasia hamburger enak adalah menggunakan daging sapi cincang bagian chuck atau paha depan. Dari keseluruhan jumlah daging, sertakan lemak setidaknya sebanyak 20% untuk memberi rasa gurih dan juga untuk mengikat daging. Begitu juga jika ingin membuat burger dari daging ayam – gunakan campuran daging bagian dada dan paha untuk membuat rasa daging lebih gurih.

cara membuat daging burger
Pastikan daging burger juga mengandung lemak untuk mengikat. (Foto: Shutterstock)

Kemudian, aduk daging bersama bumbu seperti Royco Kaldu Sapi, garam, merica, dengan tambahan bawang bombay cincang atau bisa juga ditambahkan sedikit jamur cincang.

Membuat patty untuk burger

Cetak patty burger dengan menggunakan ring cutter agar menghasilkan bentuk yang rapi. Masukkan ke dalam cetakan sambil dipadatkan. Jika tak ada, kamu bisa mengakalinya dengan tutup stoples berbentuk bulat, alasi dengan platik ketat, kemudian penuhi tutupnya dengan adonan patty burger dan bungkus.

Untuk menghasilkan daging burger yang tebal dan tidak kisut, cetak daging dengan ukuran diameter 1 cm lebih besar dari ukuran roti. Padatkan daging dan bentuk ketebalan daging sesuai dengan porsi kamu. Cari cetakan ring cutter yang cukup tinggi untuk memudahkan proses pembentukan. Kamu bisa membuat daging patty sekaligus banyak dan menyimpannya dalam kulkas atau freezer jika tak ingin memasaknya sekaligus.

Tahap penyelesaian

Gunakan grill pan untuk memasak patty. Pastikan benar-benar panas agar mengunci pori-pori daging di permukaan daging. Ini trik agar daging burger kamu tidak kering di bagian dalamnya.

cara membuat daging burger
Yang terpenting, pastikan grill pan atau wajan antilengkat benar-benar panas. (Foto: Shutterstock)

Sesudah matang, tiriskan burger patty, sambil kamu menyiapkan olesan dan bahan tambahan – seperti keju lembaran, irisan bawang bombay, selada, dan irisan mentimun.

Panaskan roti yang sudah dibagi menjadi dua bagian di atas grill pan hingga kecokelatan. Angkat. Olesi bagian permukaan dalam roti dengan mayones ataupun dressing kesukaanmu. Terakhir, susun daging beserta bahan-bahan lain. Gampang bukan cara membuat daging burger?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.