4 Cara Buat Tahu Crispy dengan Berbagai Macam Isian | Masak Apa Hari Ini?

4 Cara Buat Tahu Crispy dengan Berbagai Macam Isian

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Agustus 21, 2021

Demam tahu crispy kekinian atau tahu kriuk sepertinya tengah menjamur di kota-kota besar di Indonesia belakangan ini. Untuk kamu yang suka banget dan ingin mencoba yang berbeda, jangan khawatir. Kali ini MAHI ingin berbagi cara buat tahu crispy atau tahu kriuk dengan macam-macam isian.

Semua resep berikut ini sudah diujicobakan di dapur MAHI dan bisa dapat dengan mudah kamu coba di rumah. Jadi jangan ketinggalan mencobanya, ya! Simak apa saja, yuk!

1. Resep tahu walik, cara buat tahu kriuk unik khas Banyuwangi

Tahu walik dengan cocolan Saus Sambal Jawara disajikan di atas taplak dan meja kayu.
Sepiring tahu walik yang crispy sungguh nikmat disajikan bersama teh hangat. (Foto: Shutterstock)

Camilan tahu walik atau tahu terbalik dari Banyuwangi ini memang bikin penasaran soal cara membuatnya. Hidangan tahu kriuk isi tepung ini diolah dengan gaya berbeda demi mendapat tekstur permukaan yang garing. Uniknya, ini bukan berasal dari kulit tahu atau adonan tepung, melainkan lapisan dalam adonan tahu.

Tahu berkulit dipotong kemudian dikeluarkan isinya dan dibalikkan sehingga bagian kulit justru berada di dalam. Kemudian tahu diisi dengan adonan berbahan tepung kanji atau tepung sagu yang dicampur dengan daging ayam, daging sapi, atau ikan tenggiri.

Gorengan tahu isi seperti juga populer di daerah lain seperti Semarang, Bandung (tahu tiwalik), dan Jakarta. Sebagai pencinta tahu isi, mungkin kamu juga ingin mengetahui variasi resep tahu isi seperti tahu bakso khas Semarangtahu isi sayuran asam manis, dan tahu Sumedang isi sayuran.

Kalau ingin tahu cara buat tahu crispy dengan kulit sendiri, goreng tahu dalam minyak panas yang banyak, lalu goreng hingga berkulit. Tahu kulit siap diolah jadi tahu isi. Hidangkan tahu walik selagi hangat sebagai camilan sore atau lauk pendamping.

2. Resep bakwan tahu, bakal bikin serumah ketagihan

Dari sekian banyak jenis gorengan di Indonesia, bakwan tahu jadi salah satu yang paling populer. Makanan ini punya rasa gurih yang lezat dan bisa disantap sebagai camilan maupun menu pendamping. Bahan utama bakwan juga bervariasi, dari jagung hingga tahu.

Kali ini, tim MAHI akan berbagai resep membuat bakwan tahu yang lezat dengan bumbu sederhana. Tak perlu takut bakwan tahu akan tertukar dengan tahu isi, karena pengolahannya jelas berbeda. Pada resep ini, hancurkan tahu terlebih dahulu hingga halus untuk dicampurkan dengan tepung terigu.

Untuk membuat tekstur bakwan yang crispy, kamu juga bisa menambahkan tepung beras. Perbandingan tepung beras dan tepung terigu adalah 1:4. Sementara tahu yang digunakan, kamu boleh menggunakan tahu kuning ataupun tahu putih. Begitupun dengan sayurannya, untuk resep ini kamu hanya perlu menambahkan taoge. Namun, kamu juga boleh berkreasi dengan sayuran lain seperti kembang kol, wortel, bahkan brokoli. Semakin banyak serat, semakin sehat. Selamat mencoba!

3. Resep tahu mercon, enak dan pedas

Fenomena tahu mercon sudah menghiasi hari-hari para pencinta kuliner Indonesia. Sejatinya tahu mercon mirip dengan tahu goreng isi pada umumnya, hanya saja kata “mercon” memberikan nuansa tersendiri pada camilan yang satu ini. Alih-alih hanya mengandalkan sayuran taoge dan wortel, ada banyak unsur cabai rawit yang mengiringnya. Itulah yang menjadikan rasanya begitu meriah!

Seperti halnya tahu isi pada umumnya, yang pertama dipersiapkan adalah adonan tepungnya yang akan menjadikan tahu ini tersalut dengan baik dan hasilnya renyah. Selanjutnya, tumisan sayuran wortel dan taoge juga disiapkan. Hanya saja tambahkan cabai rawit sebagai “ranjau” pada isian tahu nanti dan juga sedikit air dengan cabai merah bubuk. Wah, semakin panas rasanya, bukan?

Sebagai penyelesaian, kamu hanya perlu mempersiapkan tahu Sumedang yang relatif lebih kopong dan mudah diisikan. Atau, misalnya kamu menjumpai jenis tahu yang lain, pastikan untuk membuang sebagian isianya terlebih dahulu. Isikan, celup-celup adonan, dan goreng hingga matang dan renyah. Siapkan sambal kecap pedas sebagai pendampingnya. Jadikan sore ini lebih seru karena camilan lezat yang akan membuatmu seuhah, begitu kata orang Sunda bilang.

4. Resep bola tahu goreng udang, camilan mewah rasa nikmat

Salah satu panganan ringan yang cocok untuk sehari-hari ini adalah dengan resep bola tahu goreng udang. Kerenyahan di kulit luar dan isiannya yang lembut ini semakin gurih dengan kehadiran udang di tengah-tengahnya. Jangan lupa untuk menggoreng lebih banyak, karena tak terasa pasti akan segera habis!

Siapkan terlebih dahulu campuran udang dan bengkuang serta tahu. Bentuk bulat dan simpan dahulu di kulkas agar adonan menjadi lebih padat. Selanjutnya, cukup siapkan adonan tepung dan telur yang akan berfungsi sebagai lapisan luarnya sebelum dimasak. Goreng hingga keemasan lalu angkat dan tiriskan. Dengan camilan yang satu ini, kamu bisa berkreasi dengan macam-macam saus cocolannya. Tentunya selalu ada sambal botolan sebagai penyelamat, bukan?

Bagaimana dengan keempat resep tadi? Cukup mudah untuk diikuti, bukan? Yuk, jadikan akhir pekan kali ini lebih seru dengan mempraktikkan aneka cara buat tahu crispy ini! Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.